sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Viral Karena Tertipu Katering, Intip Tips dalam Memilih Katering Pernikahan yang Tepat!

Dimitrie Hardjo | Selasa, 06 Apr 2021 10:15 WIB
Viral Karena Tertipu Katering, Intip Tips dalam Memilih Katering Pernikahan yang Tepat!
Foto: Pexels
Jakarta -

Hari pernikahan merupakan hari bahagia di mana dua orang disatukan oleh sebuah ikatan sakral. Lancarnya keberlangsungan rangkaian acara menjadi vital agar hari bahagia tersebut sukses. Hal-hal kecil harus diperhatikan, seperti timeline, dekor, hingga konsumsi yang harus disediakan dengan sempurna. Namun, hal yang sebaliknya terlihat pada unggahan video Luthfi Azhar S pada akun TikToknya pada 4 April 2021 kemarin yang menjadi viral di sosial media.

Acara resepsi pernikahan yang seharusnya menjadi hari bahagia pasangan mempelai menjadi kacau karena tidak adanya makanan yang seharusnya ditangani oleh Ekarisma Catering. 

Penipuan seperti ini tentu merugikan banyak pihak, terutama bagi sang mempelai dan keluarga. Nah, Ladies, kabar tersebut bisa menjadi pembelajaran untuk kita, apalagi jika kamu sedang mempersiapkan acara resepsi pernikahan.

Kamu perlu lebih berhati-hati dalam memilih semua vendor dan katering untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Simak beberapa tips di bawah ini sebelum kamu melakukan deal dengan jasa katering tersebut.

1. Cari informasi tentang katering tersebut beserta ulasannya

Mencari informasi tentang vendor.
Mencari informasi tentang vendor. Foto: pexels.com

Mencari informasi tentang katering yang sudah masuk dalam daftar menjadi hal yang penting agar kamu terhindar dari penipuan. Tidak hanya menu makanan dan harga, kamu bisa baca review dari orang-orang yang telah memakai jasa katering tersebut agar lebih yakin dalam menentukan keputusan. Ulasan jasa katering juga bisa menjadi tolak ukur apakah vendor tersebut bisa dipercaya atau tidak lho! 

2. Kunjungi kantor vendor

Berkunjung ke kantor vendor.
Berkunjung ke kantor vendor. Foto: pexels.com

Setelah kamu yakin dengan informasi yang telah kamu kumpulkan, hubungi vendor katering tersebut dan buatlah perjanjian untuk bertemu di kantornya. Dengan berkunjung, selain kamu bisa ngobrol dengan person in charge secara leluasa,  kamu juga bisa melihat kredibilitas vendor tersebut, ke-higienisan dapur dan bahan makanan yang biasa digunakan, kerapihan dan keramahan para staf, dan lain-lain. 

3. Cek menu dan food testing

Cek menu dan lakukan food testing.
Cek menu dan lakukan food testing. Foto: pexels.com

Biasanya vendor memiliki menu andalan yang biasa ditawarkan. Kamu juga bisa berkonsultasi untuk menu yang cocok dengan tema pernikahanmu. Jangan lupa untuk melakukan food testing setelah kamu menentukan pilihan menu agar kamu mengetahui rasa dan kualitas menu yang nantinya akan disajikan.

4. Perhatikan profesionalisme pegawai

Perhatikan profesionalisme.
Perhatikan profesionalisme. Foto: pexels.com

Sebelum kamu deal dengan vendor katering, perhatikan detil-detil dalam pernikahan yang berhubungan dengan konsumsi dan diskusikan dengan pihak vendor. Kebutuhan apa yang harus ada pada hari-h pernikahan? Berapa banyak pegawai yang harus ada pada acara? Apakah vendor katering tersebut bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan baik? 

5. Diskusikan biaya

Mendiskusikan biaya.
Mendiskusikan biaya. Foto: pexels.com

Setelah semua memenuhi kriteria dan kamu yakin akan vendor ini, maka kamu bisa bernegosiasi biaya yang dibutuhkan. Minta diskon khusus jika perlu. Setelah itu, bayar dengan pembayaran berkala dan dilunaskan pada hari-h acara.

Itulah beberapa tips yang perlu diperhatikan agar kamu terhindar dari penipuan vendor katering, Ladies. Semoga acara resepsi pernikahanmu berlangsung lancar!

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id