sign up SIGN UP

Dari Pasif hingga Aktif, Ini 5 Fakta Kepribadian Seseorang Berdasarkan Aktivitas di Media Sosial

Aqida Widya | Kamis, 25 Nov 2021 21:30 WIB
Dari Pasif hingga Aktif, Ini 5 Fakta Kepribadian Seseorang Berdasarkan Aktivitas di Media Sosial
Kepribadian seseorang ternyata bisa dilihat dari aktivitasnya di media sosial (Tipe kepribadian berdasarkan aktivitas media sosial/Foto: pexels.com/ Ekaterina Bolovtsova)
Jakarta -

Beauties, tahukah kamu kalau aktivitas seseorang di media sosial bisa mengungkapkan kepribadiannya, lho. Mulai dari penulisan captions atau komentar, foto yang diunggah di media sosial, hingga interaksi dengan sesama pengguna social media lainnya. 

Melansir dari Psychology Today, penelitian mengenai kepribadian seseorang berdasarkan aktivitasnya di media sosial dilakukan dengan cara melakukan wawancara dan mencatat setiap aktivitas yang dilakukan pengguna di akun media sosial mereka.

Setelah itu, dilakukan sebuah meta-analisis hingga akhirnya para peneliti menemukan beberapa pola dan membaginya ke dalam lima kategori kepribadian atau dikenal dengan istilah The Big Five. Penasaran apa saja kepribadian manusia yang bisa diungkapkan dari aktivitas seseorang di social media? Check this out!

Extraversion

Kepribadian seseorang dilihat dari aktivitas media sosialnya
Kepribadian seseorang/Foto: unsplash.com/ Bruce Mars

Dalam dunia nyata, kepribadian ini dikenal sebagai orang yang mudah bergaul, senang berbicara, ceria, dan ekspresif. Dalam dunia maya pun sebenarnya nggak jauh berbeda. Kepribadian ini terbilang sangat aktif di media sosial.

Mereka sering berinteraksi dengan pengguna media sosial lainnya, seperti menyukai dan mengomentari konten teman di media sosial, update kegiatan sehari-hari, bahkan nggak ragu untuk curhat di media online ini. 

Conscientiousness

Tipe kepribadian conscientiousness sangat hati-hati
Media sosial/Foto: pexels.com/ Lisa

Nah, kalau extraversion tadi nggak ragu curhat di media sosial, kepribadian yang satu ini justru sebaliknya. Tipe conscientiousness sangat berhati-hati dalam menggunakan media sosial baik ketika memberikan komentar maupun meng-upload konten. Bahkan, bisa dikatakan jarang aktif di platform social media manapun. 

Agreeableness

Tipe kepribadian agreeableness juga bisa kamu temukan di media sosial
Agreeableness /Foto: unsplash.com/ Austin Distel

Tipe kepribadian agreeableness juga bisa kamu temukan di media sosial. Kepribadian ini cukup mirip dengan tipe extraversion karena sama-sama memiliki karakter yang menyenangkan dan aktif di media sosial. Hanya saja, kepribadian agreeableness lebih suka mengutarakan pendapat pribadinya 

Nah, kepribadian agreeableness ini dibagi menjadi dua jenis, yakni ada yang ramah dan kurang ramah. Mereka yang ramah, biasanya sangat berhati-hati dalam menggunakan kalimat supaya nggak ada pihak yang tersinggung. Sebaliknya, agreeableness yang kurang ramah atau menyenangkan justru nggak peduli dengan pendapat orang lain dan sering menggunakan kata-kata negatif yang bisa menyebabkan permusuhan.

Openness

Tipe kepribadian yang satu ini sering menggunakan media sosial untuk menyebar informasi
kepribadian manusia/Foto: pexels.com/ Cottonbro

Dilansir dari Truity, jika seseorang lebih suka menggunakan media sosial untuk mencari dan menyebarkan informasi, sharing pengalaman lewat foto atau status yang diunggah, bisa dipastikan orang tersebut berkepribadian openness. Tipe kepribadian ini sangat memperhatikan angka like, share, dan jumlah followers di media sosial. 

Neuroticism

kepribadian neuroticism juga cenderung aktif di media sosial
Tipe kepribadian/Foto: unsplash.com/ Vladimir Fedotov

Nggak jauh berbeda dengan extraversion, seseorang dengan kepribadian neuroticism juga cenderung aktif dan senang mengekspresikan pikiran dan emosi mereka di media sosial. Bedanya, tipe kepribadian ini lebih banyak mengungkapkan emosi negatif yang sedang dirasakan, seperti sering mengeluh, sedih, marah, dan sebagainya dengan harapan ada orang yang akan peduli, bersimpati, serta memberikan mereka dukungan. 

Well, Beauties itulah beberapa kepribadian seseorang dilihat dari aktivitasnya di media sosial. Kamu termasuk tipe yang mana, nih? Yuk, tulis komentar di bawah. 

[Gambas:Youtube]

 ***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id