sign up SIGN UP

Fakta Kepribadian: Cari Tahu Karakter Seseorang Lewat Gaya Tulisan Tangannya, Kamu Gimana?

Aqida Widya | Kamis, 14 Oct 2021 08:00 WIB
Fakta Kepribadian: Cari Tahu Karakter Seseorang Lewat Gaya Tulisan Tangannya, Kamu Gimana?
Nggak hanya lewat zodiak atau tes MBTI, kepribadian seseorang juga bisa dilihat lewat tulisan tangannya, lho (Kepribadian seseorang lewat tulisan tangan/Foto: pexels.com/ Ketut Subiyanto)
Jakarta -

Beauties, apakah kamu pernah mencari tahu kepribadian seseorang atau diri sendiri berdasarkan zodiak? Atau hasil tes MBTI? Kedua cara ini memang paling sering digunakan untuk mencari tahu kepribadian manusia. Namun, sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui kepribadian dan karakter seseorang. Lewat tulisan tangan, salah satunya. 

Melansir dari New College University of Toronto, grafologi, ilmu yang mempelajari kepribadian seseorang melalui tulisan ini bisa mengungkapkan karakter, kelebihan, hingga kekurangan seseorang. Ilmu grafologi percaya bahwa setiap goresan, jarak, dan ukuran huruf pada sebuah tulisan punya ciri khas tersendiri yang apabila dikumpulkan akan menunjukkan kepribadian orang tersebut. Menarik, ya?

Nah, buat kamu yang penasaran gimana cara mengetahui kepribadian seseorang lewat gaya tulisan tangan, simak ulasan yang dilansir dari Psychologia berikut ini sampai habis, ya.

1. Ukuran Tulisan

ukuran tulisan bisa mengungkapkan kepribadian seseorang
Kepribadian manusia/Foto: pexels.com/ Pew Nguyen

Setiap orang punya gaya tulisannya masing-masing. Ada yang tulisannya besar-besar sampai keluar dari garis buku, tetapi ada juga yang tulisannya sangat kecil sampai sulit untuk dibaca. 

Nah, dalam ilmu grafologi, besar dan kecilnya tulisan ini ternyata punya artinya, lho. Gaya tulisan besar menandakan bahwa orang tersebut memiliki tipe kepribadian ekstrovert yang mana mudah bergaul dan terbuka. Sebaliknya, gaya tulisan kecil menandakan bahwa orang tersebut adalah tipe introvert yang cenderung tertutup dan pemalu, tetapi lebih fokus dan sangat detail, dibandingkan tipe orang dengan gaya tulisan besar-besar.

2. Jarak Huruf

jarak antar huruf juga bisa mengungkapkan kepribadian seseorang
Ilmu grafologi/Foto: pexels.com/ Cottonbro

Jarak antar huruf ternyata juga bisa mengungkapkan kepribadian seseorang. Kalau jarak per-hurufnya berjauhan, berarti orang tersebut adalah pribadi yang senang menikmati kebebasan dan kemandirian. Menjalani hidup seorang diri bukanlah masalah buat orang dengan tipe tulisan ini.

Sementara itu, tulisan yang jarak per-hurufnya berdekatan menunjukkan bahwa orang tersebut menyukai kebersamaan dan suasana yang ramai. Orang dengan tipe tulisan tangan ini paling nggak suka sendirian. 

3. Tekanan Tulisan

tekanan pada saat menulis juga bisa menunjukkan kepribadian manusia
Tulisan tangan/Foto: pexels.com/ Mart Production

Selain ukuran dan jarak huruf, kepribadian manusia juga bisa dilihat dari tekanan pada saat menulis. Coba, deh kamu perhatikan tekanan tulisanmu, apakah tekanannya kuat atau ringan. 

Berdasarkan riset yang dilakukan National Pen Company, tulisan yang ditulis dengan tekanan kuat menunjukkan bahwa orang tersebut dipenuhi dengan ketegangan dan amarah. Kebalikannya, tulisan dengan tekanan ringan justru menunjukkan orang tersebut memiliki rasa empati yang tinggi dan sensitif. 

4. Arah Tulisan

Dari arah tulisan ini juga bisa menunjukkan kepribadian seseorang.
Arah tulisan tangan/Foto: pexels.com/ Energepic

Ketika diminta menulis pada kertas tanpa garis, kebanyakan orang sulit untuk menulis dengan tulisan yang lurus. Biasanya hasil tulisan akan cenderung mengarah ke atas atau bawah. Dari arah tulisan ini juga bisa menunjukkan kepribadian seseorang. 

Dihimpun dari Good Housekeeping, arah tulisan yang cenderung ke atas menandakan bahwa orang tersebut adalah pribadi yang punya pemikiran yang optimis dan positif, sedangkan arah tulisan ke bawah identik dengan pemikiran yang pesimis dan cenderung memandang segala hal dari sisi negatif.

Nah, itulah beberapa cara untuk mengetahui kepribadian seseorang berdasarkan tulisan tangannya. Bagaimana dengan tulisan tanganmu?  Yuk, share di kolom komentar. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id