sign up SIGN UP

3 Fakta Tentang Berlian di Mahkota Ratu Elizabeth II yang Diminta Kembali oleh Afrika Selatan

Tim Redaksi Detik Edu | Beautynesia
Selasa, 20 Sep 2022 16:00 WIB
3 Fakta Tentang Berlian di Mahkota Ratu Elizabeth II yang Diminta Kembali oleh Afrika Selatan
caption
Jakarta -

Selain masa depan Kerajaan Inggris pasca wafatnya Ratu Elizabeth II, hal lain yang belakangan jadi sorotan adalah sejarah kelam Inggris yang pernah menjajah dan mengeksploitasi sejumlah negara di masa lalu. Kasus terbaru yang ramai diangkat adalah Afrika Selatan yang meminta kembali berlian yang terdapat pada perhiasan kerajaan.

Sebuah berlian yang dikenal dengan sebutan Great Star of Africa atau Cullinan I tengah memicu perdebatan. Afrika Selatan meminta berlian yang berada di mahkota dan tongkat Ratu Elizabeth II ini dikembalikan.

Dilansir dari CNN, oleh otoritas kolonial Afrika Selatan, berlian ini diberikan kepada keluarga kerajaan Inggris. Kini berlian Cullinan I terpasang di tongkat Ratu Elizabeth II. Kepergian Ratu Elizabeth II ini lantas menjadi awal dari Afrika Selatan meminta kembali berlian yang dianggap milik mereka.

Lalu seperti apa kontroversi mengenai berlian ini? Berikut rangkumannya.

Tentang Berlian Cullinan I

Berlian Cullinan I di tongkat Ratu Elizabeth IIBerlian Cullinan I di tongkat Ratu Elizabeth II/ Foto: Cape Town Diamond Museum

Cullinan I adalah sebuah permata berlian berukuran besar yang kini berada di Kerajaan Inggris. Berlian ini diklaim milik Afrika Selatan setelah didapatkan dari tambang berlian pada tahun 1905.

Ukuran asli berlian ini memang sangat besar, namun sudah dilakukan pemotongan menjadi beberapa ukuran. Menurut Royal Asscher, berlian Cullinan I dipotong menjadi sembilan batu besar dan 96 potongan berlian kecil.

Berlian dengan ukuran terbesar diberi nama Great Star of Africa oleh Raja Edward VII. Sementara untuk berlian yang lebih kecil diberi nama Smaller Star of Africa.

Ratu Elizabeth II sering menunjukkan berlian Cullinan I

Berlian Cullinan di tongkat dan mahkota Ratu InggrisBerlian Cullinan di tongkat dan mahkota Ratu Inggris/ Foto: Getty Images

Berlian Cullinan I memiliki warna merah muda yang cantik. Berlian berukuran besar dipasang di Tongkat Kerajaan Inggris. Sementara berlian yang lebih kecil terpasang di mahkota Ratu Elizabeth II.

Ratu Elizabeth II diketahui sering memamerkan berlian ini. Ia sering melakukan pemotretan dengan menggunakan tongkat maupun mahkota bertakhta berlian.

"Mendiang Ratu Inggris telah memamerkan (berlian) ini selama lebih dari setengah abad," kata Leigh-Ann Mathys, juru bicara nasional untuk Pejuang Kebebasan Ekonomi (EFF), sebuah partai politik oposisi Afrika Selatan.

Diungkapkan lebih lanjut, Mathys menuntut kerajaan Inggris melakukan pengembalian berlian kepada warga Afrika Selatan.

Kontroversi di Afrika Selatan

Saking berharganya berlian ini, di Afrika Selatan sedang heboh memperdebatkan kepemilikan permata itu. Selain meminta berlian dikembalikan, masyarakat juga meminta kerajaan Inggris memberikan pembayaran ganti rugi.

"Berlian Cullinan I harus dikembalikan ke Afrika Selatan dengan segera," kata aktivis Thanduxolo Sabelo.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan bahwa kekayaan sumber daya alam dari Afrika Selatan selalu memberi keuntungan bagi Inggris. Sementara rakyat Afrika Selatan harus menjadi korban.

"Mineral negara kita dan negara lain terus menguntungkan Inggris dengan mengorbankan rakyat kita," lanjut Sabelo.

Lebih dari 6.000 orang telah menandatangani petisi yang meminta berlian Cullinan I dikembalikan dan dipajang di museum Afrika Selatan.

Seorang anggota parlemen Afrika Selatan, Vuyolwethu Zungula, mendesak negaranya untuk menuntut ganti rugi atas semua kerusakan yang dilakukan oleh Inggris dan juga menuntut pengembalian semua emas, berlian yang dicuri oleh Inggris.

Gaung soal penagihan berlian milik Afrika Selatan ini juga ramai di media sosial seperti Twitter. Dapat dilihat ketika Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa memposting tweet yang memuji Ratu Elizabeth II, masyarakat Afrika Selatan justru menyindir soal berlian.

Pihak Kerajaan Inggris turut mengeluarkan tanggapan atas kontroversi mengenai asal-usul berlian ini. Penasaran? Kamu bisa baca selengkapnya di sini.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id