sign up SIGN UP

Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia, India Tagih Berlian Koh-I-Noor Dikembalikan

Dimitrie Hardjo | Beautynesia
Jumat, 16 Sep 2022 16:00 WIB
Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia, India Tagih Berlian Koh-I-Noor Dikembalikan
caption

Berlian legendaris Koh-i-Noor menjadi sorotan setelah meninggalnya Ratu Elizabeth II pada Kamis (8/9) lalu. Sempat trending di Twitter, masyarakat India ingin Kohinoor dikembalikan ke negara asalnya.

Berlian 105,6-karat bentuk oval tersebut merupakan salah satu dari 2.800 batu permata tersemat pada mahkota milik ibu suri, yaitu ibu dari Ratu Elizabeth II. Sekarang, Kohinoor diperkirakan bernilai lebih dari Rp 5 triliun. 

Menurut tradisi Inggris, Kohinoor hanya diwariskan pada perempuan, Beauties. Dengan naiknya Raja Charles III, India kembali meminta Inggris mengembalikan berlian itu.

Sebelumnya, pemerintah India menagih saat kemerdekaan India tahun 1947 dan di tahun pengangkatan Ratu Elizabeth II. Namun tidak ada respon dari pihak Inggris karena tidak ada dasar legal yang mengaturnya.

Kata kunci Kohinoor yang viral di India/
Cuitan Twitter kata kunci Kohinoor yang viral di India/ Foto: twitter.com

“Jika raja tidak akan mengenakan Kohinoor, kembalikan,” bunyi salah satu cuitan seperti yang dilansir dari situs Time. “Jadi kapan koloni itu akan mengembalikan berlian kohinoor yang mereka ambil dari kita?!??” tulis sebuah akun. 

Cuitan lainnya menyinggung berlian tersebut “dicuri” oleh orang Inggris yang menghasilkan kekayaan dari kesengsaraan. Sementara terdapat akun yang menanggapi kata kunci trending tersebut dengan menyebutkan “ratu meninggal dan hal pertama yang populer di India adalah kohinoor”. 

Sejarah Berlian Kohinoor

Kohinoor pada mahkota Ratu Inggris/
Kohinoor pada mahkota Ratu Inggris/ Foto: pinterest.com/POPSUGAR

Berlian Kohinoor memang mempunyai asal usul yang cukup kontroversial sehingga dianggap salah satu berlian terkutuk, Beauties. Melansir Time, sejarahnya bisa ditarik dari abad 12-14, dinasti Kakatiyan di India, di mana sebongkah berlian 793-karat ditambang di kawasan yang kini dikenal sebagai Andhra Pradesh.

Berlian tersebut berpindah tangan di antara penguasa abad 16, seperti pemimpin Persia dan Afganistan. Sikh Maharaja Ranjit Singh berhasil memulangkannya ke India setelah diambil dari pemimpin Afghanistan, Shah Shujah Durrani. Namun pada tahun 1840an, Maharaja Duleep Singh terpaksa menyerahkan semua teritori dan harta pada koloni Inggris, termasuk berlian Kohinoor. 

Mulai sejak itu Kohinoor berada di tangan Inggris dan dikuasai oleh Ratu Victoria. Berlian tersebut dipotong kembali, diletakkan pada mahkota Ratu Alexandra sebelum mahkota ibu suri tahun 1937. Sekarang, Kohinoor akan diwariskan untuk Camilla yang menjabat sebagai Queen Consort.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id