sign up SIGN UP

5 Cara Mudah dan Cepat Menghilangkan Noda Karat di Pakaian

Ira Syafira | Beautynesia
Rabu, 01 Jun 2022 21:30 WIB
5 Cara Mudah dan Cepat Menghilangkan Noda Karat di Pakaian
caption

Siapa yang tidak ingin marah saat baju kesayangan terkena noda kotor, seperti noda karat misalnya? Noda satu ini bisa muncul dimana saja terutama di tiang dan kawat jemuran. Tanpa disadari, noda dari besi berkarat bisa menempel pakaian saat proses menjemur. Bercak ini tentu mengganggu penampilanmu, Beauties!

Eits, tapi kamu nggak perlu terlalu khawatir Beauties. Mencuci noda karat tidak sesulit yang kamu kira, lho. Semua tergantung dengan seberapa parah noda yang menempel pada pakaianmu. Daripada bingung, kamu bisa coba beberapa cara sederhana untuk menghilangkan noda karat seperti yang telah kami lansir khusus untukmu!

1.  Garam

Garam/Foto:Pixabay/@mkupiec7
Garam/Foto:Pixabay/@mkupiec7

Cara pertama ini sangat mudah, bahannya pun bisa kamu temukan di dapur. Yups, kamu bisa membersihkan noda karat menggunakan garam. Bumbu dapur satu ini ternyata bisa membantu menghilangkan noda karat membandel pada pakaian dengan cara mudah.

Beauties, kamu hanya perlu merendam pakaian dalam campuran air garam selama 20-30 detik. Tapi, jangan merendam pakaianmu terlalu lama. Karena, garam dapur ini bisa membuat kecerahan warna dari pakaianmu akan memudar. 

2. Cuka

Cuka/Foto: Pinterest/The kitchn
Cuka/Foto: Pinterest/The kitchn

Selain garam, bumbu dapur lain yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan noda berkarat adalah cuka. Caranya hampir sama dengan menggunakan garam, yakni merendam pakaian yang terkena noda ke dalam campuran air hangat dan satu sendok makan cuka. 

Tidak hanya menghilangkan noda karat pada pakaian, rendaman air cuka juga bisa membantu mengembalikan warna putih pada pakaian. Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk membuat pakaian makin bersih adalah menambahkan sedikit air cuka pada air bilasan sebelum dibilas bersih menggunakan air mengalir.

3. Soda Kue

Soda Kue/Foto: Pinterest/Martha Stewart
Soda Kue/Foto: Pinterest/Martha Stewart

Soda kue memang sudah terkenal memiliki beragam fungsi menarik, dari memutihkan gigi hingga meredakan sariawan. Eits, tapi nyatanya tidak hanya itu. Soda kue juga bisa digunakan sebagai pembasmi noda karat pada pakaian, lho.

Caranya sangat mudah, cukup siapkan air setengah ember lalu campurkan dengan satu sendok makan soda kue. Setelah diaduk rata, masukkan pakaian dan rendam kurang lebih 20 menit. Lalu, angkat pakaian setelah direndam dan cuci dengan detergen. Terakhir, bilas hingga bersih menggunakan air mengalir. 

4. Menggosokkan Lemon

Menggosokkan lemon/Foto: Pinterest/Anna banana
Menggosokkan lemon/Foto: Pinterest/Anna banana

Apa kamu pernah mendengar buah lemon digunakan sebagai bahan pembersih pakaian? Nah, sepertinya kamu harus tahu cara satu ini. Sepotong lemon tidak hanya bisa membersihkan noda karat pada pakaian, namun juga semua noda lainnya pada pakaianmu. 

Jika kamu memiliki pakaian yang bernoda, langsung saja ambil irisan lemon dan gosokkan pada noda yang berkarat. Namun, jika kamu merasa pakaianmu masih kotor, bisa gunakan campuran lemon dengan sedikit garam semelum digosokkan. 

5. Krim Tartar

Krim tartar/Foto: Pinterest/Myrecipes
Krim tartar/Foto: Pinterest/Myrecipes

Jika biasanya krim tartar digunakan untuk mengembangkan volume kocokan putih telur, sekarang saatnya memanfaatkan krim ini sebagai bahan lainnya. Yups, kamu bisa coba gunakan krim tartar untuk menghilangkan noda karat di pakaianmu, Beauties. 

Caranya, siapkan wadah kemudian rebus 2 liter air dan 6 sendok krim tartar. Setelah dirasa sudah tercampur, angkat wadah dari kompor dan rendam pakaian bernoda karat dalam air panas kurang lebih 1-2 jam untuk hasil yang maksimal. Tapi perlu diperhatikan, sebaiknya kamu jangan gunakan metode ini pakaian berwarna dan pakaian berbahan elastis. 

Yups, itulah beberapa cara mudah yang bisa Beauties lakukan untuk menghilangkan noda karat pada pakaian kamu. Jadi nggak perlu khawatir kan?

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id