sign up SIGN UP

Anti Pudar, Ini Cara Merawat Baju Berbahan Satin Berwarna Putih

Krisyanti Asri | Beautynesia
Jumat, 13 May 2022 10:30 WIB
Anti Pudar, Ini Cara Merawat Baju Berbahan Satin Berwarna Putih
caption

Membicarakan kain satin, pikiran kita pasti langsung tertuju pada baju atau gaun pesta. Bahan satin mempunyai ciri khas permukaan kain yang mengkilap sehingga memberikan kesan elegan dan mewah bagi pemakainya. Tidak hanya gaun untuk perempuan, bahan satin juga digunakan untuk membuat pakaian laki-laki seperti jas tutup dan kemeja.

Bahan satin seringkali disamakan dengan sutra, namun keduanya merupakan kain yang terbuat dari serat yang berbeda. Kain satin dibuat menggunakan serat nilon atau polyester, sedangkan sutra dibuat menggunakan serat alami yang dihasilkan oleh ulat sutra. Karena mempunyai permukaan mengkilap, maka satin sering digunakan sebagai bahan pengganti kain sutra untuk membuat pakaian.

Yang perlu diperhatikan saat mempunyai baju atau gaun berbahan satin adalah cara perawatannya. Supaya tetap mengkilap dan serat kainnya awet, baju berbahan satin harus dirawat dengan cara yang tepat. Apalagi jika kamu punya gaun satin berwarna putih, tentunya membutuhkan penanganan yang tepat supaya warna putihnya tetap cemerlang. Yuk disimak kiat mencuci baju berbahan satin berikut ini!

Pisahkan Dari Pakaian Lain

Sebelum mulai mencuci, pisahkan dulu semua baju putih di tempat tersendiri supaya tidak bergesekan dan keluturan pakaian lainnya
Memisahkan Baju Sebelum Dicuci/Foto : thelaundress.com

Baju berbahan satin mempunyai serat kain yang rentan dengan kerusakan. Sebaiknya pisahkan lebih dulu dari pakaian lain supaya tidak sobek jika bergesekan dengan bahan pakaian lain yang lebih kasar. Terutama jika bajunya berwarna putih, hindari mencuci bersamaan dengan pakaian berwarna lain.

Cuci Secara Manual

Karena serat kain satin sangat rentan rusak, sebaiknya tidak mencucinya dengan mesin
Jangan Gunakan Mesin Cuci/Foto : depositphotos.com/tiloligo

Mencuci baju berbahan satin tidak diperbolehkan menggunakan mesin cuci. Seperti yang kita tahu, proses mencuci dengan mesin akan membuat pakaian bertautan di dalam air dan menyebabkan kusut serta kerusakan serat kain. Karenanya, mencuci baju berbahan satin harus dilakukan secara manual.

Optical Brightness Detergent

Deterjen dengan optical brightness bisa membuat warna putih kembali cemerlang
Menggunakan Deterjen Khusus/Foto : freepik.com/fabrikasimf

Untuk menjaga warna putih tetap cemerlang dan tidak pudar selama proses pencucian, kamu bisa memilih detergen yang mempunyai kandungan Optical Brightness. Fungsinya adalah untuk meningkatkan cahaya biru sekaligus memudarkan warna kuning yang membuat baju putih menjadi kusam. Namun jangan langsung menuang detergen pada baju ya, karena sisa detergennya akan tertinggal di serat kain.

Hilangkan Noda Dengan Spons

untuk menghilangkan noda, gosoklah dengan spons supaya tidak merusak serat kain
Spons untuk menghilangkan noda/Foto : pexels.com/Mikhail Nilov

Jika terdapat noda yang sulit dihilangkan pada permukaan baju, jangan gunakan sikat atau mengucaknya dengan kuat karena akan merusak serat kainnya. Gunakan spons yang sudah direndam air hangat, kemudian digosok ke bagian yang terkena noda. Setelah noda sudah mulai memudar, bilas dengan air kemudian lanjutkan pencucian seperti biasa.

Jika nodanya masih belum hilang, kamu bisa menambahkan soda kue atau cuka pada noda lalu gosok menggunakan spons. Ulangi sampai noda benar-benar tersamarkan.

Tidak Perlu Diperas

Dress satin yang sudah dicuci tidak perlu diperas, bisa langsung dijemur di tempat teduh dengan bantuan angin
Menjemur Dress Putih/Foto : pexels.com/Yaroslav Shuraev

Baju satin yang sudah dicuci tidak perlu diperas. Setelah diangkat dari air bilasan, kamu bisa langsung menggantungnya di jemuran dan keringkan dengan cara diangin-anginkan. Hindari paparan sinar matahari langsung jika kamu tidak ingin kilap pada bajumu memudar. Kamu boleh menjemurnya di dalam ruangan dengan bantuan kipas angin.  

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id