sign up SIGN UP

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pemula Saat Menggunakan Softlens

Penny Fatikasari | Beautynesia
Selasa, 31 Mar 2020 13:30 WIB
5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pemula Saat Menggunakan Softlens
caption
Bagi para pemula yang baru menggunakan lensa kontak mungkin akan begitu asing, selain digunakan sebagai alternatif mengganti kacamata, lensa kontak juga dapat menunjang penampilan sesorang agar terlihat lebih menawan. Namun, tanpa disadari 5 kesalahan ini sering dilakukan oleh para pemula tanpa disadari bahaya ini bisa saja muncul, lho! Berikut diantaranya.

Tidak Mencuci Tangan




Foto: Istimewa

Pastikan selalu menjaga kebersihan tanganmu saat hendak memasang atau melepaskan lensa kontak, ya Ladies? Hal ini berupaya munculnya kotoran, debu, bahkan kuman bakteri yang menempel di permukaan kulit tanganmu tidak berpindah ke lensa kontak yang akan kamu gunkan sehingga meminamilisir  bahaya yang timbul bagi indera penglihatanmu nantinya.
 


Mengaplikasikan Make Up Terlebih Dahulu




Foto: Istimewa

Hal selanjutnya yang sering dilakukan bagi para pemula adalah dengan mengaplikasikan make up terlebih dahulu kemudian diakhiri dengan memasang lensa kontak. Tanpa disadari hal ini juga dapat membahayakan mata mu. Maka dari itu, ubahlah kebiasaan lama ini dengan menggunakan lensa kontak terlebih dahulu kemudian aplikasikan make up sesudahnya.

Hal ini pun dapat dilakukan setelah kamu ingin melepaskan softlens, usahakan lepaskan softlens mu terlebih dahulu kemudian hapuslah riasan make up yang menempel di wajahmu hingga bersih.


Melewati Tanggal Kadaluarsa




Foto: Istimewa

Jika kamu hendak membeli lensa kontak, maka perhatikan dahulu tanggal kadaluarsanya. Pengguanaan lensa kontak tentunya memiliki jangka waktu tertentu, jangan menggunakan lensa kontak hingga melewati tanggal kadaluarsanya. Hal ini tentunya akan membahayakan kesehatan mata mu dan dapat menyebabkan mata menjadi iritasi bahkan mengakibatkan kebutaan. Wah, hati-hati ya, Ladies!
 


Tidak Melepas Lensa Kontak Saat Tidur




Foto: Istimewa

Hati-hati saat menggunakan lensa kontak apalagi menggunakaannya hingga kamu terlelap tidur. Usahakan sebelum tidur melepas lensa kontak terlebih dahulu agar kondisi mata mu tetap sehat dan bersih.

Saat tidur dan kamu lupa melepaskannya, maka lensa kontak yang masih terpasang akan mendapat ruang sedikit oksigen sehingga dapat membahayakan kornea matamu, lho! Wah, berbahaya sekali bukan?


Tidak Membersihkan Wadah Lensa Kontak




Foto: Istimewa

Setelah digunakan, lensa kontak sebaiknya disimpan dalam wadah penyimpanan agar kamu tak kesusahan mencarinya untuk digunakan kembali. Namun, wadah tempat penyimpanan lensa kontak yang tidak dibersihkan secara berkala maka dapat menimbulkan bahaya penyakit serta tempat bersarangnya kuman, lho!

Sebaiknya bersihkan wadah penyimpanan lensa kontak selama kurang lebih selama 6 sampai 7 minggu atau jika kamu ingin menggantinya secara berkala akan lebih baik agar terhindar dari kuman dan bakteri berbahaya. Yuk, sayangi dirimu!


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id