sign up SIGN UP

7 Label Fashion Korea Selatan yang Sudah Mendunia! Ada yang Jadi Favorit Jennie BLACKPINK dan Rihanna!

Rayoga Firdaus | Beautynesia
Senin, 15 Aug 2022 13:30 WIB
7 Label Fashion Korea Selatan yang Sudah Mendunia! Ada yang Jadi Favorit Jennie BLACKPINK dan Rihanna!
caption
Jakarta -


Korea Selatan kian menunjukkan pengaruhnya di dunia fashion. Tak hanya melalui gaya para selebritinya, eksistensi para desainer dan label fashion asal Negeri Ginseng ini juga memberi warna tersendiri pada pergerakan tren fashion internasional.

Kita mungkin mengasosiasikan gaya khas Korea Selatan dengan nuansa feminin berhiaskan warna-warna pastel, namun sederet desainer dan brand yang sudah mendunia ini menawarkan ciri estetis baru. Dari yang bergaya edgy dengan potongan dekonstruktif hingga streetwear.

Sukses berekspansi, tak hanya membuat karya mereka makin dikenal secara global tapi juga dikenakan oleh para selebriti kenamaan.

Berikut sederet label fashion Korea Selatan yang telah sukses mendunia.

Rokh

Rokh Spring/Summer 2022Rokh Spring/Summer 2022/ Foto: Salvatore Dragone / Gorunway.com

Dibentuk pada tahun 2017 oleh Rok Hwang, label Rokh menawarkan kreasi bergaya dekonstruktif bernuansa feminin. Di tangan Hwang, sejumlah busana klasik bertransformasi jadi lebih modern. Seperti trench coat hadir dengan aksen korset atau dibuat jadi rok aksen cut out dan berpotongan asimetris. Atau gaun hitam yang elegan dibuat dari bahan PVC.

Kayanya ide sang desainer tampaknya tidak terlepas dari pengalamannya tinggal di berbagai negara. Lahir di Seoul, besar di Amerika Serikat, menetap di London, dan mengadakan fashion show di Paris Fashion Week. Selain itu sebelum mendirikan label sendiri, Hwang juga pernah menimba pengalaman kerja di sejumlah label fashion kenamaan seperti Celine, Louis Vuitton dan Chloé.

Pada tahun 2018, Rokh berhasil jadi pemenang LVMH Prize, sebuah kompetisi desainer baru yang diadakan oleh grup mewah LVMH.

Karyanya tak hanya jadi favorit para selebriti Korea seperti Jennie BLACKPINK tapi juga turut dipakai selebriti Hollywood seperti Hailee Steinfeld, Kourtney Kardashian, dan Cate Blanchett.

We11done

We11done fall/winter 2022We11done fall/winter 2022/ Foto: Courtesy of We11done

Dibaca 'welldone', label ini didiirkan oleh Dami Kwon, Kakak dari G-Dragon, dan Jessica Jung. Gaya yang edgy dan whimsical jadi ciri khas desain label ini. Seperti pada koleksi musim gugur 2022, jaket oversized yang klasik dipakai bersama rok lipit asimetris, detachable collar dan boots bergaya futuristik. Lalu slip dress dibuat dalam bahan sequins dan dikombinasikan dengan boots berwarna senada. Futuristic Barbiecore?!

Meski terlihat dramatis namun rancangan We11done masih terbilang wearable dan terbukti dengan banyak dijual di sejumlah retailer internasional seperti Ssense dan Farfetch. Sederet selebriti Hollywood pun turut mengapresiasi karyanya seperti Kylie Jenner, Billie Eilish, dan Justin Bieber.

Gentle Monster

Gentle MonsterGentle Monster/ Foto: Gentle Monster

Gentle Monster mungkin jadi salah satu label fashion Korea Selatan yang paling populer. Kreasi kacamatanya yang bergaya modern dan fashionable jadi favorit selebriti seperti Hailey Bieber, Billie Eilish, dan Rihanna. Label milik Hankook Kim ini juga rutin melakukan kolaborasi. Baik dengan label fashion seperti Fendi dan Moncler hingga selebriti yakni Diplo dan Jennie BLACKPINK.

Wooyoungmi

Wooyoungmi Spring/Summer 2022Wooyoungmi Spring/Summer 2022/ Foto: Courtesy of Wooyungmi

Wooyoungmi merupakan label spesialis busana pria yang sudah eksis sejak tahun 2002. Meski berfokus pada busana pria, namun kreatornya adalah seorang desainer perempuan bernama sama, atau yang populer di kalangan media internasional kerap dipanggil Madame Woo.

Madam Woo sebelumnya sudah sukses dengan membangun label fashion pria bernama Solid Homme yang sudah berdiri sejak tahun 1988. Label Wooyoungmi tampaknya jadi strategi desainer berusia 63 tahun tersebut untuk menjajal pasar internasional dengan mendirikannya di Paris dan konsisten berpartisipasi di pekan mode busana pria Paris Fashion Week.

Pushbutton

Pushbutton spring/summer 2022Pushbutton spring/summer 2022/ Foto: Pushbutton

Gaya playful dalam desain bergaya streetwear diusung desainer Seung Gun Park untuk labelnya Pushbutton. Seringnya ada unsur ala era '80an dan '90an di setiap koleksinya. Nama Pushbutton dipilih Park karena terinspirasi dari lirik lagu berjudul Hollywood yang dinyakikan oleh Madonna.

Minjukim

Minjukim spring/summer 2022Minjukim spring/summer 2022/ Foto: Sangmi An/Instagram Minjukim

Kamu mungkin mengenal label Minjukim pasca menjuarai kompetisi merancang yang diadakan Netflix yakni Next in Fashion pada 2020 lalu. Namun sebenarnya, label ini sudah berdiri sejak tahun 2015. Minjukim juga pernah menerima penghargaan H&M Awards dan jadi semifinalis LVMH Prize. Minjukim dikenal dengan garis desain yang playful dan girly.

Goen. J

Goen J spring/summer 2022Goen J spring/summer 2022/ Foto: Courtesy of Goen J

Usai menamatkan kuliahnya di Studio Berçot, Paris, Goen Jong mendirikan label bernama Goen.J pada tahun 2012. Memiliki gelar di desain lingerie, sentuhan seksi dan kontemporer jadi ciri khas labelnya. Lambat laun kreasinya pun mulai dilirik para retailer kenamaan. Menariknya Goen J sendiri tak pernah mengadakan fashion show.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id