sign up SIGN UP

Selain Jung Ho Yeon 'Squid Game' Ini 6 Supermodel Korea Selatan yang Mendominasi Industri Fashion Internasional

Rayoga Firdaus | Beautynesia
Senin, 15 Aug 2022 11:00 WIB
Selain Jung Ho Yeon 'Squid Game' Ini 6 Supermodel Korea Selatan yang Mendominasi Industri Fashion Internasional
caption
Jakarta -

Tak hanya di dunia film dan tarik suara, panggung runway internasional juga dipenuhi oleh para model asal Korea Selatan. Selain unjuk kebolehan di catwalk, mereka juga kerap dipercaya untuk jadi berpose untuk foto ad campaign dan bahkan jadi muse sejumlah desainer.

Bahkan menjadi model juga jadi pembuka jalan bagi mereka untuk menekuni profesi lainnya seperti aktris dan musisi.

Berikut sejumlah supermodel Korea Selatan yang mendominasi panggung fashion internasional.

Soo Joo Park

Soo Joo Park di fashion show Chanel f/w 2022Soo Joo Park di fashion show Chanel f/w 2022/ Foto: Courtesy of Chanel

Lahir di Seoul, Korea Selatan pada 36 tahun lalu, Soo Joo Park besar di Amerika Serikat. Ia mengawali karier pada usia 26 tahun. Meski terbilang terlambat bila dibandingkan model lainnya yang berkarier sejak remaja, pada debutnya ia langsung direkrut para label fashion kenamaan seperti Chanel, Vivienne Westwood, dan Fendi.

Ia bahkan jadi salah satu model favorit rumah mode Chanel hingga sekarang ini. Pada tahun 2015 ia didaulat jadi salah satu brand ambassador L'Oreal membuatnya jadi model keturunan Asia-Amerika pertama yang berkesempatan memangku jabatan tersebut.

Kini Soo Joo sedang fokus mengembangkan kariernya di dunia musik dengan nama panggung Ether.

Sora Choi

Sora Choi di Prada Fall/Winter 2022 Ad CampaignSora Choi di Prada Fall/Winter 2022 Ad Campaign/ Foto: David Sims/Prada

Menjadi juara Korea's Next Top Model pada tahun 2012 memang tak langsung membuat Sora Choi langsung mendapat rekognisi dari industri fashion internasional. Semua berubah ketika pada 2014, ia direkrut Louis Vuitton dan setahun kemudian jadi model Korea Selatan pertama yang dikontrak eksklusif untuk berjalan di peragaan rumah mode basis Paris tersebut.

Selanjutnya, ia pun tampil di fashion show desainer dan label kenamaan. Wajahnya pun sudah menghiasi berbagai majalah mode internasional seperti Vogue Italia dan Harper's Bazaar Amerika Serikat. Yang terbaru ia tampil di foto iklan koleksi Prada fall/winter 2022 bersama Kendall Jenner dan Hunter Schafer.

Pada tahun 2021, Sora jadi salah satu penerima penghargaan Korean Popular Culture and Arts Awards dari pemerintah Korea Selatan.

Jung Ho Yeon

Jung Ho Yeon adalah top model di Korea Selatan  yang sering tampil di beragam brand ternama loh. Foto: Instagram.com/hoooooyeonyJung Ho Yeon/Foto: Instagram.com/hoooooyeony/

Sebelum dikenal lewat Squid Game (2021) Jung Ho Yeon meniti karier sebagai model. Ia bahkan jadi runner up dari Korea's Next Top Model season 4.
Di catwalk, Ho Yeon dikenal dengan gaya edgy dengan rambut warna merah.

Ia juga jadi salah satu model langganan Louis Vuitton di runway. Selain rumah mode yang dikenal dengan kreasi monogramnya tersebut, Jung Ho Yeon juga pernah berjalan untuk label Burberry, Chanel, Miu Miu, Fendi dan Jacquemus.

Resmi didaulat jadi Global Brand Ambassador Louis Vuitton, Jung Ho Yeon juga tampaknya masih akan aktif menekuni dunia model. Pada Paris Fashion Week Maret 2022 lalu, ia dipercaya untuk membuka peragaan Louis Vuitton.

Hyun Ji Shin

Hyun Ji Shin di Vogue Hong Kong Januari 2020Hyun Ji Shin di Vogue Hong Kong Januari 2020/ Foto: Hyea W. Kang/Vogue Hong Kong

Satu lagi alumni Korea's Next Top Model yang berhasil menjajal panggung internasional. Hyun Ji Shin yang juga jadi juara season 4, di mana Jung Ho Yeon jadi runner up, langsung jadi favorit sejumlah label fashion hingga kini sejak debutnya di tahun 2014. Ia telah tampil di sejumlah fashion show dan jadi model iklan brand kenamaan seperti Chanel, Max Mara, dan Loewe.

Yoon Young Bae

Yoon Young Bae di Valentino haute couture spring 2020Yoon Young Bae di Valentino haute couture spring 2020/ Foto: Alessandro Lucioni / Gorunway.com/Vogue

Memulai karier pada tahun 2016, Yoon Young Bae langsung jadi model eksklusif Prada. Tahun berikutnya ia pun ramai menghiasi catwalk label fashion kenamaan dari New York hingga Paris. Kariernya kian melejit kala tampil bersama 8 model lain di sampul majalah British Vogue edisi Mei 2018.

Hyoni Kang

Hyoni KangHyoni Kang/ Foto: Instagram Hyoni_ Kang

Hyoni Kang merupakan salah satu model Korea Selatan berpengaruh dan termasuk yang senior. Pada tahun 2008 ia mencetak sejarah dengan jadi model Asia pertama yang menjuarai kontes Model of the World yang diadakan oleh agensi bergengsi Ford. Telah berjalan di peragaan brand kenamaan seperti DKNY dan 3.1 Phillip Lim kini perempuan bernama asli Kang Seung-hyun ini sedang mengembangkan kariernya di dunia akting di mana telah membintangi sejumlah drama seperti High Society dan My Holo Love.

Park Ji Hye

Park Ji Hye di Alexander Wang s/s 2013Park Ji Hye di Alexander Wang s/s 2013/ Foto: Monica Feudi/Go Runway/Vogue

Debut pada tahun 2013 dengan berjalan untuk fashion show Alexander Wang, Park Ji Hye berhasil menarik atensi industri fashion internasional. Tak hanya di catwalk ia juga telah membintangi sejumlah foto ad campaign seperti Louis Vuitton, Michael Kors dan Diesel. Serta jadi model sampul majalah Harper's Bazaar Singapura dan Vogue Korea.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id