sign up SIGN UP

Aksi Para Desainer di London Fashion Week Beri Penghormatan Kepada Ratu Elizabeth II di Runway

Rayoga Firdaus | Beautynesia
Kamis, 22 Sep 2022 16:00 WIB
Aksi Para Desainer di London Fashion Week Beri Penghormatan Kepada Ratu Elizabeth II di Runway
caption
Jakarta -

Perhelatan London Fashion Week kali ini dinaungi akan wafatnya Ratu Elizabeth II. Masih dalam masa berkabung, tadinya London Fashion Week spring/summer 2023 yang berlangsung sejak 16 - 20 September 2022 sempat dicanangkan untuk ditunda. Apalagi brand besar seperti Burberry pun sudah memutuskan untuk membatalkan peragaanya.

Namun tak semua desainer yang berpartisipasi memiliki skala bisnis sebesar Burberry yang mampu menunda peragaan. Para desainer ini telah mempersiapkan koleksi dan peragaan dari jauh-jauh hari. Menunda presentasi dengan resiko terlewat oleh para buyer internasional bisa berdampak pada kegiatan bisnis mereka.

British Fashion Council selaku penyelenggara pun memutuskan untuk terus menggelar London Fashion Week, dengan catatan tak ada acara after party seperti biasanya.

Sederet desainer pun turut memberikan penghormatan kepada Ratu Elizabeth II pada fashion show nya. Seperti apa?

Ucapan Terima Kasih dalam Gaun

J.W Anderson spring/summer 2023J.W Anderson spring/summer 2023/ Foto: Isidore Montag / Gorunway.com/ Vogue

Desainer Jonathan Anderson menutup fashion show koleksi spring/summer 2023 labelnya J.W Anderson dengan sebuah T-shirt dress berhiaskan ucapan terima kasih untuk Ratu Elizabeth II. Melansir dari Vogue, Anderson mengatakan desain dan ucapan pada gaun tersebut terinspirasi dari poster yang terpasang di bus kota London.

Bunga untuk Penonton

Nensi Dojaka spring/summer 2023Nensi Dojaka spring/summer 2023/ Foto: Isidore Montag / Gorunway.com/ Vogue

Nensi Dojaka tak hanya sekadar menampilkan deretan gaun transparan yang provokatif dan fierce. Pada fashion show koleksi spring/summer 2023 ia memberikan setangkai bunga lily of the valley yang diikat pita putih. Tanaman tersebut merupakan bunga favorit mendiang Ratu Elizabeth II kepada tamu undangan dan model ketika berjalan menutup peragaan.

Parade yang Khidmat

S.S Daley spring/summer 2023S.S Daley spring/summer 2023/ Foto: Isidore Montag / Gorunway.com/ Vogue

Steven Stokey Daley atau yang populer dengan nama S.S Daley tak menyangka bila konsep parade pemakaman yang ia rancang jauh-jauh hari jadi memiliki nuansa emosional tersendiri. Deretan model memakai mantel hitam sembari membawa lilin mengisyaratkan sebuah upacara pemakaman.
Terlepas sebagai bentuk hormat kepada sang Ratu, Daley mengatakan bahwa awalnya konsep tersebut terinspirasi dari kisah romansa sedih antara bangsawan Vita Sackville West dengan Violet Trefusis.

Inspirasi Desain

Halpern spring/summer 2023Halpern spring/summer 2023/ Foto: Filippo Fior/Gorunway/Vogue

Ratu Elizabeth II dikenal memiliki sejumlah tampilan yang khas. Salah satunya adalah gayanya yang sering memakai headscarf. Michael Halpern membuka peragaan dengan tampilan yang ia desain khusus berupa padanan cape, gaun, dan headscarf dalam warna biru yang identik sebagai warna kerajaan.

Memori khusus

Richard Quinn spring/summer 2023Richard Quinn spring/summer 2023/ Foto: Daniele Oberrauch / Gorunway.com/ Vogue

Richard Quinn jadi satu-satunya desainer yang peragaanya di London Fashion Week pernah dihadiri oleh Ratu Elizabeth II pada 2018 lalu. Saat itu sang Ratu hadir sekaligus menyerahkan penghargaan kepada Richard. Mengenang momen tersebut, Richard pun membuka peragaan koleksi spring/summer 2023 dalam deretan rancangan yang ia reka ulang dari koleksi yang ditonton oleh Ratu Elizabeth II. Kali ini ia pun menghadirkannyab dalam warna serba hitam dan sematan veil.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id