
Asyik, Hari Belanja Brand Lokal Bakal Hadir Lagi Tahun Ini! Catat Tanggalnya
Semakin tingginya kesadaran masyarakat dalam membeli produk mode dan kecantikan lokal tak hanya membantu perekonomian negara saja, tapi juga turut memacu para pelaku industrinya untuk terus mengasah kualitas produk dan layanan agar bisa terus bersaing. Kedua hal ini menjadi latar akan kembali hadirnya Hari Belanja Brand Lokal (HBBK).
Pertama kali digagas pada tahun 2020 guna memulihkan kegiatan bisnis para wirausaha, kini ajang ini juga jadi ajang unjuk inovasi produk dan marketing bagi mereka.
Dijadwalkan akan berlangsung pada 25-27 April 2022, pada Rabu 20 April 2022 lalu, Hypefast selaku penyelenggara dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, mengadakan sesi konferensi pers secara daring bersama media. Sebagai perwakilan dari brand lokal hadir Angelica Manopo, Chief Marketing Officer of Skin Soul.
![]() |
"Kami memberikan apresiasi kepada Hypefast selaku pihak penyelenggara yang berkomitmen memberdayakan brand lokal serta meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih memilih produk lokal. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, yang menjadi salah satu usaha nyata dalam memulihkan perekonomian nasional." ujar Yuana Rochma Astuti, Direktur Bidang Pemasaran Kemenparekraf/ Baparekraf mengenai acara ini.
Melihat dari kacamata konsumen, ajang seperti HBBL memang hadir untuk memanjakan hasrat berbelanja mereka. Sementara dari kemajuan sektor wirausaha, HBBL adalah platform lain untuk mengembangkan bisnis, terutama dalam menjangkau konsumen baru. Seperti diakui oleh Angelica Manopo, di mana HBBL tahun 2022 ini jadi partisipasi pertama Skin Soul.
"Ini kali pertamanya Skin Soul bergabung dalam acara Hari Belanja Brand Lokal. Ketertarikan kami untuk terlibat dalam acara ini karena semangat gotong royong yang dibangun dalam membangun ekosistem brand lokal sejalan dengan visi misi kami yang ingin meningkatkan perekonomian di Indonesia imbas dari pandemi. Sudah saatnya brand lokal bersama-sama membuktikan kemampuannya serta menunjukkan bahwa kualitas kita tidak kalah dengan brand luar."
Yakin dengan tingginya antusias masyarakat, dan tampaknya juga didorong dengan pola konsumsi yang selalu tinggi mendekati Lebaran, HBBL menargetkan tahun 2022 ini transaksi akan mencapai Rp 270 miliar.
Adapun brand lokal yang berpartisipasi pada HBBL 2022 adalah, Roughneck, Nona, Luxcrime, BohoPanna, Cessa, Noore, Skin Soul dan lainnya. Penasaran dengan brand lain serta promo yang ditawarkan kamu bisa cek instagram resminya di @hbblindonesia.
***
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!