sign up SIGN UP

Awas Salah! Jenis Bahan dan Busana Ini Hanya Bisa Dicuci dengan Metode Dry Clean

Rayoga Firdaus | Beautynesia
Selasa, 04 Jan 2022 10:30 WIB
Awas Salah! Jenis Bahan dan Busana Ini Hanya Bisa Dicuci dengan Metode Dry Clean
caption
Jakarta -

Mencuci pakaian memang tidak bisa sembarangan. Selain jenis pakaian, hal yang perlu dicermati adalah metode dalam hal ini dry clean. Tidak semua pakaian bisa dicuci menggunakan mesin. Lalu apa itu dry clean? Berbeda dengan namanya, dry clean sebenarnya bukan pencucian tanpa air, melainkan dibersihkan tanpa detergen yakni dengan cara perendaman pada cairan kimia khusus biasanya perchloroethylene. Ada baiknya dry clean dilakukan oleh tenaga ahli karena cairan kimia yang digunakan bisa membuat iritasi mata, hidung dan tenggorokan seperti dikutip dari laman Kelly's Dry Cleaners.

Melihat label instruksi pencucian yang terdapat pada pakaian menjadi cara paling mudah untuk mengetahui apakah perlu dicuci dengan metode dry clean atau tidak. Gaun dan blazer adalah salah duanya. Namun ternyata secara spesifik terdapat jenis bahan dan detail yang kenyataannya lebih aman dibersihkan dengan metode ini. Apa saja?

Bahan Sutra

street stylestreet style/ Foto: livingly.com/IMAXtree

Karakteristik bahan sutra yang lembut dan tipis terbilang rawan jika dicuci memakai mesin. Meski mungkin kamu bisa membersihkannya dengan tangan, namun ketika terdapat noda dan bau ada baiknya kamu mencucinya secara dry clean di penatu.

Setelan Jas

street stylestreet style/ Foto: livingly.com/IMAXtree


Meski blazer atau jas kini hadir dalam berbagai bahan, di mana tidak selalu dibuat dalam bahan yang kaku, namun dari segi konstruksi, jas lebih aman dicuci secara dry clean guna menjaga bentuk blazer agar tetap 'kokoh'.

Bahan Suede

street stylestreet style/ Foto: IMAXtree

Tak hanya dari segi pemakaian, dalam hal perawatan bahan suede memang terbilang tricky. Jika dicuci dengan mesin akan membuatnya pudar dan mengubah tekstur. Dry clean adalah solusi paling tepat.

Bahan Kulit

Street StyleStreet Style/ Foto: livingly.com/IMAXtree


Pakaian dengan bahan kulit seperti jaket juga lebih tepat dibersihkan secara dry clean. Apalagi jika jenis kulitnya dalam tekstur halus yang memang rawan tergores dan meninggalkan bekas.

Detail Lipit

Street style Milan Fashion Week spring/summer 2022Street style Milan Fashion Week spring/summer 2022/ Foto: livingly.com/IMAXtree


Busana berdetail lipit seperti rok atau dress lebih cocok dicuci dengan metode dry clean. Laman Lndry melansir bahwa metode dry clean akan membantu menjaga struktur detail lipit pada pakaian agar tidak melar.

Sequin dan Embellishments

street stylestreet style/ Foto: livingly.com/IMAXtree


Gaun ataupun busana lainnya yang terbuat dari bahan sequins serta memiliki detail embellishments wajib dicuci secara dry clean. Mengingat pakaian jenis ini rawan rusak jika dicuci memakai mesin.

Itu tadi Beauties sejumlah jenis bahan dan busana yang harus dicuci memakai metode dry clean. Meski harga dry clean juga tidak terlalu murah, namun daripada menyesal karena baju kesayangan rusak akibat salah metode cuci, lebih baik berani membayar sedikit lebih mahal.

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id