sign up SIGN UP

6 Cara Merawat Pakaian Berbahan Sequin

Dimitrie Hardjo | Sabtu, 09 Oct 2021 07:45 WIB
6 Cara Merawat Pakaian Berbahan Sequin
caption

Material berkilau terbuat dari plastik atau metal yang ditempelkan pada sebuah kain dikenal dengan istilah sequin. Sequin yang kembali muncul sebagai tren memang terlihat cantik ketika dikenakan, terutama untuk acara malam atau perayaan tertentu. Baik pada outer maupun dress, sequin memberi kesan mewah dan glamor bagi pemakainya. Namun, oleh karena detil manik-manik yang rentan lepas atau rusak, butuh perawatan khusus untuk menjaga kondisinya tetap sempurna.

Merawat pakaian berbahan sequin cukup mudah setelah kamu mengetahuinya, Beauties. Biasanya perawatan pakaian tertera pada label yang tersemat di dalam pakaian. Setelah membacanya, kamu bisa mengikuti instruksi yang ada untuk mencuci baju sequin. Tapi masih ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan yang mungkin belum tercantum di label instruksi tersebut. Catat ada apa saja berikut ini, Beauties!

 

6 Cara Merawat Baju Sequin


1. Bersihkan Noda Terlebih Dahulu 

Sequin dress/
Sequin dress/ Foto: unsplash.com/Raj Jariwala

Jika terdapat noda pada pakaian sequin, alangkah baiknya kamu membersihkan spot noda terlebih dahulu dibandingkan langsung mencucinya. Dengan membersihkan noda, kamu bisa mengurangi kemungkinan tempelan manik-manik rusak akibat dicuci. Hal yang penting diingat saat membersihkan noda tersebut adalah jangan menggosoknya, melainkan dengan mencolek menggunakan cairan pembersih secara perlahan.

2. Balik Pakaian untuk Mencuci

Balik baju sequin sebelum dicuci/
Balik baju sequin sebelum dicuci/ Foto: pinterest.com/We Heart It

Saat pakaian sequin perlu dicuci, jangan lupa untuk membalik pakaian, yaitu bagian dalam berada di sisi luar. Ketika pakaian terbalik, maka kamu akan mencuci bagian kain secara langsung. Ini dilakukan untuk menjaga agar material sequin tidak rusak, baik tertekuk maupun robek akibat gesekan yang terjadi. 

3. Cuci dengan Tangan Menggunakan Detergen Ringan

Cuci sequin dengan cara hand wash/
Cuci sequin dengan cara hand wash/ Foto: pinterest.com/Cella Jane Blog

Walaupun pakaian bisa dicuci menggunakan mesin cuci, cara paling aman untuk mencuci pakaian yang rentan rusak adalah dengan mencucinya dengan tangan. Kamu bisa mengatur bagaimana kamu mencucinya, seperti tidak menggosoknya terlalu berlebihan dan tidak memerasnya agar sequin tetap utuh. Selain itu, pastikan kamu menggunakan detergen ringan dan air dingin agar warna kain dan sequin tidak berubah ya, Beauties!

4. Keringkan Tanpa Mesin Pengering

Keringkan sequin secara alami/
Keringkan sequin secara alami/ Foto: pinterest.com/The Select 7

Cara terbaik untuk mengeringkan material sequin setelah dicuci adalah dengan membiarkannya kering secara alami. Kamu bisa menggantungnya atau membaringkannya di atas handuk kering agar air lebih cepat terserap. Air-dry dilakukan untuk menghindari menggunakan mesin pengering yang dapat membuat lem pengikatnya meleleh.

5. Hindari Penggunaan Setrika

Hindari setrika/
Hindari setrika/ Foto: pinterest.com/Wear24-7

Hal lain yang perlu diperhatikan untuk mencegah lem atau sequin yang terbuat dari plastik meleleh adalah dengan tidak menyetrikanya. Panas yang dihasilkan dari setrika akan merusak material ini sehingga kamu bisa melewatkan tahap menyetrika. Namun, jika kain tampak terlalu kusut, kamu bisa membalik pakaian dan gunakan steamer untuk menghaluskannya. Perlu diingat gunakan steamer dengan jarak sekitar 30 cm dari pakaian agar tidak terlalu panas.

6. Dry Clean

Dry clean untuk mencuci sequin dress/
Dry clean untuk mencuci sequin dress/ Foto: pinterest.com/Free People

Alternatif lain yang aman dilakukan untuk merawat pakaian berbahan sequin adalah menggunakan jasa dry cleaner. Jasa profesional tentu mengetahui trik yang tepat untuk membersihkan pakaian-pakaian mudah rusak semacam sequin. Jadi, kamu tidak perlu khawatir saat mencucinya, Beauties.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id