STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Bikin Anggun, Berikut Jenis-jenis Kebaya yang Ada di Indonesia! Mana Favoritmu?

Ayuliy Lestari | Beautynesia
Minggu, 04 Dec 2022 11:00 WIB
Bikin Anggun, Berikut Jenis-jenis Kebaya yang Ada di Indonesia! Mana Favoritmu?

Beauties, apakah kamu memiliki koleksi baju kebaya? Kebaya adalah salah satu pakaian tradisional Indonesia yang kerap dipakai oleh para perempuan sejak berabad-abad tahun yang lalu dan kini terus mengalami perkembangan seiring berjalannya waktu. Model-model baru pun terus bermunculan namun tentu tetap mempertahankan unsur tradisional di dalamnya.

Di era modern para perempuan memakai kebaya untuk acara-acara tertentu, seperti datang ke pesta pernikahan, menghadiri acara resmi seperti pelantikan pejabat daerah, pertemuan budaya nusantara, kegiatan sakral maupun acara tradisi dan budaya.

Kebaya tidak hanya dipakai di satu wilayah saja namun merupakan sebuah produk budaya yang tersebar di berbagai daerah sehingga tidak heran jika banyak jenis kebaya yang bisa kamu temukan, Beauties.

Dilansir dari Good News From Indonesia, berikut beberapa jenis kebaya yang ada di Indonesia. Simak yuk!

1. Kebaya Jawa

Jenis-jenis Kebaya
Jenis-jenis Kebaya/Foto: Instagram.com/Maudyayunda

Kebaya Jawa adalah jenis kebaya yang paling populer. Kebaya ini sering digunakan oleh perempuan di pulau Jawa dengan ciri khasnya yaitu menggunakan bahan transparan yang dikombinasikan dengan kemben di bagian dalam.

Ciri-ciri lainnya yang bisa kamu temukan dari kebaya Jawa adalah kerah V-neck. Bahan transparan yang sering dipakai adalah brokat dengan hiasan berupa payet sehingga terlihat sangat cantik.

2. Kebaya Sunda

Jenis-jenis Kebaya
Jenis-jenis Kebaya/Foto: Instagram.com/Maudyayunda

Meskipun sama-sama berada di Pulau Jawa, kebaya Sunda sedikit berbeda dari kebaya Jawa. Perbedaannya terletak pada bagian ujung tangan yang didesain sedikit melebar, lalu pada bagian kerah, kebaya Sunda identik dengan kerah berbentuk segi lima, meskipun masih ada yang menggunakan kerah berbentuk V.

Ciri-ciri lainnya, kebaya Sunda seringkali dikawinkan dengan kain jarik ketika digunakan. Lalu untuk pemilihan warnanya, kebaya Sunda identik dengan warna-warna yang cenderung terang.

3. Kebaya Encim

Jenis-jenis Kebaya
Jenis-jenis Kebaya/Foto: Instagram.com/Maudyayunda 

Kebaya asal Betawi ini memiliki desain yang sangat berbeda. Dulunya kebaya encim disebut dengan kebaya nyonya dan kerap dipakai oleh etnis Tionghoa. Kebaya ini memiliki cutting kerah V dengan aksen bordiran dari kerah sampai ke bagian bawah kebaya.

Kebaya encim memiliki banyak variasi bordiran berlubang yang disebut “kerancang”. Sama seperti kebaya Sunda di mana kebaya encim juga identik dengan warna-warna yang cenderung terang.

Klik halaman selanjutnya untuk lihat jenis kebaya lainnya.

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE