sign up SIGN UP

Bingung Perbedaan Stylish dan Fashionable? Begini Penjelasan Fashion Icon Iris Apfel

Dimitrie Hardjo | Beautynesia
Selasa, 13 Sep 2022 19:00 WIB
Bingung Perbedaan Stylish dan Fashionable? Begini Penjelasan Fashion Icon Iris Apfel
caption

Stylish dan fashionable merupakan dua kata Bahasa Inggris yang sering didengar ketika membicarakan mode. Walaupun sama-sama ditujukan untuk mendeskripsikan seseorang dengan estetika gaya tertentu, terdapat hal yang membedakan stylish dan fashionable. Apakah kamu mengetahui perbedaan antara kedua kosakata itu? Mari kita lihat bagaimana kamus dan Iris Apfel yang merupakan fashion icon legendaris memaknainya.

 

Arti Stylish dan Fashionable Menurut Kamus

Penampilan fashionable/
Penampilan fashionable/ Foto: pexels.com/noelpuebla

Definisi kata stylish menurut kamus Merriam-Webster ialah mempunyai gaya; lebih spesifiknya: sesuai mode terkini, sedangkan fashionable yaitu menyesuaikan kebiasaan, fashion, dan mode yang dicanangkan.

Menurut Cambridge Dictionary, definisi stylish adalah mempunyai kualitas spesial yang membuat seseorang atau sesuatu terlihat berbeda dan atraktif, sedangkan fashionable mempunyai definisi memakai pakaian, melakukan sesuatu, dan pergi ke tempat-tempat yang sedang populer. 

Dari penjelasan kedua kamus tersebut maka bisa ditarik kesimpulan yaitu fashionable mengacu pada penampillan seseorang yang mengikuti tren terkini dan karenanya, bersifat sementara.

Di sisi lain, stylish belum tentu mengikuti tren. Stylish mendeskripsikan mereka yang punya ciri khas estetika gaya berasal dari diri sendiri.

Stylish dan Fashionable Menurut Tokoh Mode

Iris Apfel, fashion icon stylish/
Iris Apfel, fashion icon stylish/ Foto: instagram.com/iris.apfel

Setelah mengetahui definisi berdasarkan kamus, bagaimana dengan pendapat fashion icon yang sudah lama bergelut di bidangnya?

Iris Apfel yang merupakan desainer interior dan pengusaha tekstil usia 101 tahun. Gaya berpakaian yang penuh karakter dan bold menjadikan Apfel seorang ikon mode yang diakui secara global.

Ia pun sempat mengunggah video singkat melalui Instagram pribadi di mana ia mengungkapkan pendapatnya tentang fashion, yaitu perbedaan stylish dan fashionable versinya sendiri. 

“Menjadi stylish dan fashionable adalah dua hal yang sangat berbeda. Kamu dengan mudahnya membeli jalanmu untuk jadi fashionable,” Apfel menjelaskan kosakata fashionable. “Style, bagiku, ada dalam DNA. [Style] menyiratkan orisinalitas dan keberanian. Hal terburuk yang bisa terjadi adalah kamu gagal, dan kamu tidak mati karenanya.” 

Karena berasal dari sendiri, Apfel menerangkan bahwa style berkenaan dengan sikap.

“Tapi kamu harus memiliki individualitas untuk mempunyai sebuah sikap. Kamu tidak bisa seperti yang lainnya dan menyalin apa yang orang lain lakukan,” ujarnya seperti yang dikutip dari Newsweek.

Sementara pada wawancara memperingati ulang tahun ke-100 bersama Vogue, Apfel menyebutkan seseorang harus menemukan jati diri sebelum bisa berdandan secara otentik.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id