sign up SIGN UP

Potret Gaya Jane Birkin, Perempuan yang Jadi Sumber Inspirasi Tas Mewah Hermes Birkin

Dimitrie Hardjo | Beautynesia
Kamis, 08 Sep 2022 08:30 WIB
Potret Gaya Jane Birkin, Perempuan yang Jadi Sumber Inspirasi Tas Mewah Hermes Birkin
caption

Tahun 1984 merupakan tahun spesial bagi rumah mode Hermès. Pertemuan Jean-Louis Dumas selaku Executive Chairman rumah mode asal Prancis tersebut dengan Jane Mallory Birkin merupakan momen bersejarah yang mengawali lahirnya tas ikonis Hermès Birkin Bag.

Kisah yang dimulai di dalam pesawat itu mengungkapkan Jane Birkin kesulitan menemukan tas yang cocok dipakai untuk ibu muda. Menjawab komplain penyanyi asal Inggris itu, Dumas menciptakan Birkin Bag yang kini dikenal sebagai tas paling eksklusif di dunia.

Nama Birkin pun terasosiasi dengan tas yang diambil dari nama penyanyi sekaligus aktris usia 75 tahun itu. Sebagai perempuan yang sukses memberikan inspirasi rumah mode mewah tersebut, Jane Birkin memiliki beberapa tas Birkin bag yang tampak jadi favoritnya. Birkin bag milik Jane berwarna hitam material Togo leather dengan beberapa ukuran, seperti 35 dan 40.

Alih-alih memakainya dengan outfit sama mewah, Jane Birkin justru menyukai penampilan sederhana dan nyaman ala gaya perempuan Prancis yang melekat pada dirinya. Bahkan beberapa foto menunjukan ia menghiasi Birkin bag miliknya untuk membuatnya lebih menarik. Yuk simak bagaimana si sumber inspirasi Hermès, Jane Birkin memadupadankan Birkin bag!

 

Gaya Jane Birkin dengan Birkin Bag


1. Gaya klasik dengan coat

Jane Birkin pakai velvet coat/
Jane Birkin pakai velvet coat/ Foto: pinterest.com/Puretrend

Musim dingin jadi kesempatan Jane Birkin menampilkan gaya klasik melalui coat walaupun disandingkan dengan outfit basic di dalamnya. Ia memilih velvet coat hitam dengan aksen bulu sebagai kerah bersama dengan kemeja putih dan celana straight leg dengan ikat pinggang. Tentu saja ia menenteng Birkin bag hitam yang ikut meningkatkan kesan elegan dari penampilan malam itu.

Jane Birkin (kiri) memakai fur coat/
Jane Birkin (kiri) memakai fur coat dan birkin bag bertempel stiker/ Foto: pinterest.com/Puretrend

Aktris sinema Prancis dan Inggris itu juga menggabungkan coat bulu dengan gaya kasual. Seperti fur coat yang hangat dalam rona camel melapisi kaus dan celana jeans abu. Tas Birkin berwarna senada dengan sepatu bot suede digenggamnya. Semakin menarik, tas mewah tersebut ditempel stiker yang justru mengimbangi outfit santai tersebut.


2. Gaya kasual yang laidback

Airport style Jane Birkin/
Airport style Jane Birkin/ Foto: pinterest.com/mi-mollet

Tinggal lebih dari 30 tahun di Prancis, Jane Birkin sangat mencerminkan gaya yang effortlessly cool. Melalui gayanya, ia membuktikan kalau tas Birkin adalah tas yang versatile. Ibu 3 anak itu kerap memadupadankan Birkin bag dengan pakaian basic untuk kegiatan sehari-hari. Pada salah satu airport style yang ditunjukkan, Jane layering sweater navy blue dengan kemeja abu-abu yang lengannya ditekuk bersamaan, sedangkan bukaan leher longgar dikenakan seolah atasan one shoulder. Sementara straight-leg jeans dan sepatu training melengkapi penampilan itu.

Gaya kasual Jane Birkin dengan kemeja/
Gaya kasual Jane Birkin dengan kemeja/ Foto: pinterest.com/Puretrend

Perempuan kelahiran 14 Desember 1946 itu juga mengadopsi gaya kasual tak lekang waktu tersusun atas kemeja putih dan celana hitam. Namun yang membuat look ini terlihat lebih laidback adalah potongan oversized dari keduanya yang menjadikan busana tampak longgar dan nyaman.



3. Lebih stylish dengan aksesori

Aksesori yang dipakai Jane Birkin/
Aksesori yang dipakai Jane Birkin/ Foto: pinterest.com/PurseBlog

Baik dari segi pakaian maupun tas Birkin yang dibawanya, Jane tak pernah lupa menambah aksesori. Beberapa foto menunjukkan ia menghiasi Birkin bag hitam polos miliknya dengan stiker dan gantungan seolah menyesuaikan OOTD-nya.

Saat ia menyematkan gantungan sederhana pada Birkin bag, ia menambah aksesori pada outfit. Seperti scarf sebagai ikat pinggang, sunglasses hitam, kalung manik-manik panjang yang menjadikan tampilannya semakin unik. 

 

Detail aksesori digunakan Jane Birkin/
Detail aksesori digunakan Jane Birkin/ Foto: pinterest.com/The Cut

Meskipun gulungan scarf di leher jadi pusat perhatian dari penampilannya di atas, terdapat detail-detail menarik yang ditambahkan Jane dalam penampilannya. Misalnya pita kecil yang diikatkan pada tali ikat pinggang, kaus dalaman berwarna senada dengan corak scarf, dan sentuhan warna toska dari gantungan beads yang terikat pada handle tas membuat Birkin bag penuh barang tersebut atraktif.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id