Bisnis Brand Mewah Lesu di Awal Tahun 2024, Ini Brand yang Justru Meroket

Dimitrie Hardjo | Beautynesia
Selasa, 30 Apr 2024 17:15 WIB
Foto: Instagram.com/miumiu

Sederet brand mewah tengah merilis laporan penjualan mereka selama awal tahun 2024 (Q1). Dihimpun oleh Business of Fashion, sales luxury brand mengindikasikan pertumbuhan lambat atau justru menurun di tengah pertumbuhan ekonomi global yang melambat pula.

Berdasarkan press release-nya, Kering (perusahaan induk brand Gucci, Saint Laurent, Bottega Veneta, Balenciaga, Alexander McQueen, dan sejumlah brand lain) mengumumkan revenue kuartal pertama mereka sebesar 4,504 juta EUR, turun 11% seperti yang dilaporkan. Hal ini dikarenakan turunnya traffic di pertokoan dengan penurunan tajam terjadi di wilayah Asia Pasifik. Kering menyatakan penurunan ini diakibatkan adanya proses transisi dan penyesuaian dalam sejumlah rumah mode yang dinaungi perusahaan.

Rumah mode Gucci, misalnya. Desainer Sabato de Sarno baru diangkat sebagai direktur kreatif yang debut koleksi Spring/Summer 2024 tahun lalu. Dari situ, Kering juga memprediksi penjualan mereka untuk paruh pertama tahun 2024 akan menurun sekitar 40-45%. Lalu, bagaimana dengan brand mewah lainnya?

(dmh/dmh)