sign up SIGN UP

Brand Mewah Ekspansi di Metaverse, Ada yang Laris Sampai Miliaran Rupiah!

Dimitrie Hardjo | Beautynesia
Jumat, 07 Jan 2022 13:00 WIB
Brand Mewah Ekspansi di Metaverse, Ada yang Laris Sampai Miliaran Rupiah!
caption

Di dunia yang menjadikan istilah ‘flexing’ sebagai tren, memiliki koleksi barang mewah seakan sebuah magnet yang menarik perhatian. Menjawab tren yang merambah dunia virtual atau metaverse, para label fashion ternama turut menghasilkan variasi karya seni digital. Mulai dari membuat game hingga NFT berupa outfit digital, ekspansi dalam metaverse ini disambut meriah oleh publik, terutama generasi Z, millennial, dan alpha. Keuntungan yang didapatkan pun tidak main-main lho, Beauties! Walaupun ada beberapa NFT yang tidak diperjualbelikan, beberapa lainnya berharga jutaan, bahkan miliaran rupiah di pelelangan. Simak beberapa rumah mode mewah yang sukses melebarkan sayapnya di dunia maya dan seperti apa wujudnya berikut ini, Beauties.

 

Gucci Aria Short Film

Gucci Aria/
Gucci Aria/ Foto: pinterest.com/instagram.com

Inovator sejati, Gucci telah menjamah dunia digital sejak beberapa tahun yang lalu, mulai dari membuat sneakers digital, ruang pameran multimedia, hingga koleksi items digital kerjasama dengan Roblox. Tidak sampai situ, Alessandro Michele selaku Direktur Kreatif rumah mode Italia tersebut menuangkan ide kreatifnya dalam sebuah NFT berupa short filmGucci Aria yang dilelang dalam Balai Lelang Christie’s pada pertengahan 2021 lalu. Film pendek tersebut merupakan NFT pertama dari rumah mode Gucci. Menampilkan koleksi Gucci Aria, video berdurasi 15 menit 29 detik itu dikemas cantik oleh Floria Sigismondi sebagai pembuat film dan Alessandro Michele sebagai sutradara. Aria short film berhasil terjual seharga 25 ribu USD atau setara dengan Rp 358 juta.

 

Louis Vuitton Video Game

Louis the Game/
Louis the Game/ Foto: pinterest.com/hybrid-rituals.com

Dalam rangka memperingati ulang tahun ke-200 pendiri Louis Vuitton, rumah mode mewah asal Perancis ini meluncurkan sebuah mobile game bernama ‘Louis the Game’. Melalui karakter Vivienne, pemain diajak berpetualang menyusuri dunia game estetik sambil mengumpulkan lilin. Terdapat 30 NFT dimasukkan ke dalam game dan bisa ditemukan pemain selama menyusuri permainan. Diantara 30 NFT tersebut, 10 items merupakan hasil kerjasama dengan Beeple dan seluruh NFT merupakan benda koleksi yang tidak diperjualbelikan.

 

Burberry x Mythical Games

Burberry Sharky B NFT/
Burberry Sharky B NFT/ Foto: burberryplc.com

Tidak hanya menjajal meluncurkan game ‘B Bounce’, Burberry juga membuat NFT boneka vinyl limited-edition berupa ikan hiu bernama Sharky B yang mengenakan pakaian dan aksesori Burberry dengan monogram ‘TB’ dalam kolaborasinya bersama Mythical Games. Dalam game Blanko Block Party atau dikenal dengan istilah Blankos, para pemain juga bisa membeli koleksi digital Burberry untuk mendandani boneka vinyl mereka dalam pakaian eksklusif dari label mewah asal Inggris itu.

Dolce & Gabbana “Collezione Genesis”

Koleksi NFT Dolce & Gabbana/
Koleksi NFT Dolce & Gabbana/ Foto: unxd.com

Rumah mode asal Italia, Dolce & Gabbana tidak mau ketinggalan dengan label mewah lainnya. Mereka meluncurkan koleksi Collezione Genesis, NFT kolaborasi dengan UNXD. Terdiri dari 9 items berupa gaun, setelan jas, dan perhiasan mewah kreasi Domenico Dolce dan Stefano Gabbana, rumah mode ini sukses meraup 5.7 juta USD atau setara dengan Rp 81.2 M dari penjualan koleksi digital tersebut melalui pelelangan. Koleksi ini juga merupakan koleksi NFT brand mewah pertama yang menggabungkan kreasi digital dan konvensional––ya, para pembeli mendapatkan benda secara digital dan benda fisiknya yang handmade.

 

Balenciaga Afterworld: The Age of Tomorrow 

Balenciaga Fall 2021/
Koleksi Balenciaga Fall 2021 dalam game/ Foto: balenciaga.com

Balenciaga selalu punya cara sendiri untuk mencengang publik. Presentasi koleksi Fall 2021 tidak dilakukan secara konvensional, melainkan berupa game bertajuk Afterworld: The Age of Tomorrow yang melibatkan VR runway. Presentasi interaktif kombinasi fashion show dan game tersebut mengajak tamu undangan untuk memasuki dunia virtual berlatar tahun 2031 di mana mereka bisa memilih avatar dan melihat avatar lain mengenakan koleksi Balenciaga Fall 2021 sambil melalui tantangan sepanjang permainan. Selain fashion show virtual, Balenciaga meluncurkan koleksi kapsul digital yang bisa digunakan para pemain dalam game Fortnite. Selain skin game, Balenciaga juga meluncurkan produk fisik dari kolaborasi ini, meliputi tshirt, hoodie, topi, kemeja, dan lainnya dimulai dari harga 375 USD atau sekitar Rp5.3 juta.

 

Rolex NFT

Rolex Oyster Perpetual NFT/
Rolex Oyster Perpetual NFT/ Foto: opensea.io

Fashion NFT juga diterapkan oleh brand Rolex untuk beberapa kreasi jamnya. Memanfaatkan blockchain, baik pemilik maupun brand Rolex itu sendiri akan diuntungkan dengan adanya bukti kepemilikan otentik dari setiap pembelian jam mewah tersebut. Tidak ada copy dan produksi ulang dari setiap jam Rolex yang tersedia––menjadikan jam ini semakin eksklusif. Sejumlah 13 jam Rolex tersedia di marketplace OpenSea, mulai dari Rolex Oyster Perpetual, Rolex Submariner, hingga Rolex Daytona.

 

Karl Lagerfeld NFT

Karl Lagerfeld NFT/
Karl Lagerfeld NFT/ Foto: thedematerialised.com

Laris manis, label Karl Lagerfeld sukses meluncurkan koleksi NFT-nya yang keempat, yaitu kolaborasi dengan seniman asal London, Endless, pada bulan Desember 2021. Koleksi “KL7 x Endless” tersebut berupa karya seni berbentuk sang desainer legendaris mengenakan setelan jas dengan grafiti khas Endless. NFT tersebut tersedia dalam 2 versi, dijual seharga 777 Euro atau sekitar Rp12.5 juta, dan hanya tersedia untuk 7 pembeli. Tidak berhenti di situ, pengalaman digital ini juga di bawa ke dunia nyata dalam acara cocktail yang akan diselenggarakan pada Juni 2022 mendatang––menghadirkan pertunjukkan langsung dari seniman Endless. Angka serba 7 ini juga diambil mengingat angka keberuntungan mendiang Karl Lagerfeld. Melihat NFT-nya yang selalu diminati, tidak heran jika rumah mode Karl Lagerfeld masih akan terus memproduksi digital items eksklusif di kemudian hari.

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id