sign up SIGN UP

Cara Hemat Belanja Pakaian Tanpa Menghabiskan Semua Isi Tabungan

Justina Nur | Beautynesia
Senin, 27 Sep 2021 08:15 WIB
Cara Hemat Belanja Pakaian Tanpa Menghabiskan Semua Isi Tabungan
caption

Berbelanja pakaian tentu jadi kegiatan favorit kaum perempuan, tak terkecuali kamu, Beauties. Yup, melihat berbagai model baju baru di media sosial serta tampilan para selebgram dan idola kita tentu membuat kita jadi ingin terlihat seperti mereka dengan busana tersebut. Akan tetapi, jika kebiasaan belanja pakaian tidak diatur, bisa-bisa isi tabunganmu langsung habis loh, Beauties!

Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui cara hemat dan mengatur uang agar tabunganmu tidak ludes hanya untuk berbelanja pakaian. Hal ini karena uangmu bisa digunakan untuk keperluan yang lain loh, seperti biaya darurat, kesehatan, dan sebagainya. 

Oleh karena itu, yuk simak tips dan cara berikut ini yang akan membantumu untuk lebih hemat dan bisa mengatur uang.

1. Gunakan Voucher

Gunakan Voucher
Gunakan Voucher/Freepik.com/Standret

Mungkin voucher atau kupon hanya memberikan potongan yang terlihat kecil atau tidak seberapa nilainya. Akan tetapi, jika potongan tersebut diakumulasi, maka hal itu akan membuat perbedaan yang cukup besar terhadap pengeluaranmu.

Menemukan voucher atau kupon potongan harga sekarang juga lebih mudah. Kamu bisa mencari berbagai voucher saat tanggal tertentu di e-commerce, dan bisa kamu bandingkan voucher yang kamu dapatkan dari satu toko dengan toko yang lain.

2. Temukan Beberapa Baju dari Toko Barang Bekas

Saat ini berbelanja dari toko baju bekas sedang tren loh. Yup, kamu bisa menemukan  berbagai busana dengan harga yang lebih terjangkau dan kualitasnya juga masih bagus.

Akan tetapi, jangan lupa untuk memperhatikan defect atau kondisi kekurangan yang ada di baju agar kamu tidak merasa menyesal usai membelinya. Tak hanya itu, kamu juga harus memastikan bahwa baju yang kamu beli benar-benar kamu butuhkan, dan bukan hanya berdasarkan keinginan saja.

3. Cari Clearance Sales

Cari Clearance Sales
Cari Clearance Sales/freepik.com/wayhomestudio

Kamu bisa membeli baju lebih murah saat obral clearance loh, Beauties. Tak hanya itu, kamu juga bisa check out barang belanjaan saat peringatan hari tertentu, seperti Tahun Baru, Hari Kemerdekaan, Hari Raya, dan sebagainya karena biasanya memberikan potongan harga lebih besar daripada hari biasanya.

4. Jual Baju yang Tidak Dipakai Lagi

Pernahkah kamu melihat kembali isi lemari dan menemukan bahwa banyak baju yang sudah lama tidak kamu pakai dan sepertinya tidak akan cocok untuk dipakai lagi meski kualitasnya masih bagus? Nah, baju-baju seperti itu bisa kamu jual, Beauties. Selain lemarimu bisa jadi lebih luas, kamu juga bisa punya uang tambahan untuk membeli baju yang akan kamu beli. 

5. Hindari Pembelian Secara Impulsif

Hindari Pembelian Secara Impulsif
Hindari Pembelian Secara Impulsif/Pexels.com/Liza Summer

Pembelian secara impulsif adalah kebiasaan yang buruk dan sangat berdampak pada kondisi keuanganmu. Berhentilah membeli barang atau baju hanya karena sedang obral atau tampak menarik saat dikenakan selebgram atau artis idolamu. Tak hanya itu, jangan melewati mall atau langsung membeli baju hanya melihat label diskon, di mana kamu tidak membutuhkan baju tersebut.

6. Cobalah untuk Memperbaiki daripada Membeli Baru

Saat bajumu rusak, kamu bisa mengatasinya dengan memperbaikinya di tukang jahit. Selain membantu perekonomian mereka apalagi saat pandemi seperti sekarang, kamu juga bisa lebih berhemat karena tidak perlu membeli baju baru.

7. Buat Anggaran Belanja Pakaian

Buat Anggaran Belanja Pakaian
Buat Anggaran Belanja Pakaian/Freepik.com/Tirachardz

Anggaran belanja akan membantumu mengendalikan kebiasaan berbelanja. Cobalah untuk melihat kondisi keuanganmu, seperti pendapatan dan pengeluaran, lalu buatlah anggaran yang masuk akal untuk kebutuhan membeli pakaianmu. Dengan mengetahui anggaran yang tersedia, kamu akan terhindar dari keputusan belanja yang impulsif yang hanya akan menghabiskan isi tabunganmu.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id