sign up SIGN UP

Cara Menghilangkan Noda Opor Ayam di Pakaian Putih Agar Glowing Kembali

Henny Alifah | Beautynesia
Rabu, 04 May 2022 11:30 WIB
Cara Menghilangkan Noda Opor Ayam di Pakaian Putih Agar Glowing Kembali
caption

Hidangan opor ayam di meja makan biasanya selalu sukses menggoyang lidah. Apalagi jika dinikmati bersama keluarga di momen kumpul keluarga saat hari raya. Rasanya nikmat dengan kuah kuning campuran bumbu rempah seperti kemiri, kunyit, jahe, serai, hingga lada.

Meski begitu, mood bisa tiba-tiba anjlok ketika kuahnya mengenai pakaian. Tumpahan kuah opor ayam akan meninggalkan noda kuning dari kunyit. Selain bau minyak, noda tersebut juga mengurangi estetika pakaian. Apalagi jika itu terjadi pada pakaian berwarna putih.

Masalahnya lagi, noda kunyit biasanya susah hilang. Biar baju putih jadi glowing lagi, berikut tips untuk menghilangkan noda kuning kunyit di pakaian yang bisa kamu ikuti.

Cuci Biasa

Ilustrasi membersihkan noda pakaian dengan cara cuci baju seperti biasa
Ilustrasi Cuci Biasa/ Foto: Pexels/Ron Lach

Bicara soal menghilangkan noda opor ayam, berarti berburu dengan waktu. Sebaiknya langsung bersihkan pakaian begitu terkena tumpahan opor ayam. Jika tidak, noda akan semakin sulit dihilangkan. Untuk menghindari noda semakin menyebar, kikis dulu ampas-ampasnya dengan sendok lalu seka perlahan dengan air dingin.

Selanjutnya, rendam pakaian dalam ember dengan air dingin. Tambahkan deterjen secukupnya dan biarkan pakaian terendam selama 30 menit.

Setelah itu, cuci seperti biasa atau masukkan ke dalam mesin cuci dengan siklus biasa, pada suhu pencucian terpanas seperti yang ditunjukkan oleh label perawatan kain pakaian tersebut. Jika noda opor ayam mengenai pakaian berwarna, tambahkan larutan hidrogen peroksida (hydrogen peroxide).

Perlu dicatat, hidrogen peroksida adalah zat pemutih dan tidak boleh digunakan dalam jumlah banyak pada kain berwarna. Takaran yang disarankan adalah campur satu sendok makan hidrogen peroksida dengan air setengah cup (240 gr). Taruh larutan tersebut di wadah kaca yang dangkal, lalu masukkan area pakaian yang bernoda ke dalamnya, rendam setidaknya selama dua jam. Terakhir, bilas dengan air dingin sampai bersih.

Sebaiknya periksa dulu area yang bernoda sebelum memasukkan pakaian ke dalam pengering. Panas yang tinggi dari pengering dapat membuat noda tinggal di pakaian secara permanen.

Dry Clean

Ilustrasi handuk kertas untuk membersihkan noda pakaian dry clean only
Ilustrasi Handuk Kertas/ Foto: Unsplash/Erik Mclean

Jika pakaianmu hanya boleh dicuci dengan cara dry cleaning, cara cuci biasa seperti di atas tidak berlaku. Lantas, bagaimana?

Pertama, singkirkan ampasnya dengan sendok. Lalu, bersihkan nodanya dengan boraks. Caranya, campur satu sendok makan bubuk boraks dengan satu liter (dua cup) air hangat. Gunakan spons untuk mengoleskan larutan boraks pada noda. Jangan membasahi noda, cukup gosok dan bersihkan pakai boraks tersebut dengan handuk kertas. Ulangi sampai tidak ada lagi opor ayam yang transfer ke handuk kertas. Saat noda terangkat, bersihkan area tersebut dengan air dingin dan jemur hingga kering.

Selamat mencoba, Beauties!

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id