sign up SIGN UP

Chanel Naikkan Harga Tas untuk Ketiga Kalinya di Tahun 2021! Kini Bisa Mencapai Rp135 Jutaan

Rayoga Firdaus | Beautynesia
Kamis, 23 Dec 2021 13:00 WIB
Chanel Naikkan Harga Tas untuk Ketiga Kalinya di Tahun 2021! Kini Bisa Mencapai Rp135 Jutaan
caption
Jakarta -

Kenaikan harga tas mewah di tiap tahun adalah hal yang sudah wajar, namun bagaimana bila hal tersebut terjadi tiga kali setahun seperti yang dilakukan Chanel? Rumah mode basis Paris tersebut kembali menaikkan harga tas ikonisnya yakni seri 2.55 atau yang juga dikenal dengan nama Classic Flap. Ini adalah kali ketiga Chanel menaikkan harga setelah sebelumnya di bulan Januari dan Juli.

Dikutip dari laman Bloomberg, Jefferies Group melaporkan bahwa sejak tahun 2019 kenaikan terjadi hingga 60 persen! Sebagai perbandingan di Amerika Serikat, harga tas Chanel 2.55 ukuran medium di Juni 2021 dijual seharga 6800 USD kini per bulan November 2021 sudah mencapai 7800 USD atau sekitar Rp111 juta. Sementara itu untuk ukuran jumbo per November 2021 bahkan sudah mencapai 9500 USD atau sekitar Rp135 juta.

Chanel ad campaignChanel ad campaign/ Foto: Courtesy of Chanel


Juru bicara Chanel kepada Bloomberg mengatakan bahwa alasan akan kenaikan harga ini didasari fluktuasi nilai tukar mata uang, perubahan biaya produksi dan penyetaraan harga tas di seluruh negara agar tidak terjadi ketimpangan. Namun sejumlah analis pasar barang mewah menilai ini adalah bagian dari strategi Chanel untuk mengontrol stok sembari menjaga citra eksklusif guna menyaingi kompetitor.

"Chanel ingin bisa satu level dengan Hermès dan naik tingkat dari segmen Louis Vuitton dan Gucci," terang Charles Gorra, chief executive officer dari Rebag, sebuah situs jual beli preloved tas mewah.

Dalam hal menjaga citra eksklusif, Hermès bisa dibilang terdepan. Dengan kuantitas yang terbatas, harga yang fantastis, dan pembatasan pembelian, tak lantas menyurutkan minat konsumen untuk bisa memiliki tas ikonisnya seperti Birkin dan Kelly.

Chanel Métiers d’art 2022Chanel Métiers d’art 2022/ Foto: Courtesy of Chanel

Bahkan sekalipun sekarang bisnis preloved sedang berkembang, namun Hermès tetap bisa menaikkan penjualan. Eksistensi bisnis preloved dapat dikatakan mengancam citra eksklusif suatu label barang mewah. Karena dapat menurunkan nilai dan membuat produk menjadi pasaran.

Selain kualitas, kuantitas yang terbatas menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen ketika membeli barang mewah.

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Tas BrandedChanel classic flap/ Foto: livingly.com/IMAXtree

Demi menjaga prestise bukan rahasia bila selain harga yang mahal, Hermès dan Chanel juga membatasi pembelian. Seperti ketika pada Oktober 2021 lalu terjadi kehebohan saat Chanel hanya memperbolehkan konsumennya di Korea Selatan membeli tasnya satu kali dalam setahun.

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id