sign up SIGN UP

Deretan Gaun Mewah yang Dikenakan 10 First Lady Amerika Serikat saat Pesta Inaugurasi! Siapa Paling Fashionable?

Dimitrie Hardjo | Senin, 20 Sep 2021 08:15 WIB
Deretan Gaun Mewah yang Dikenakan 10 First Lady Amerika Serikat saat Pesta Inaugurasi! Siapa Paling Fashionable?
caption

Banyak acara yang ditunggu-tunggu pada hari inaugurasi Presiden Amerika Serikat. Rangkaian acara yang berlangsung dari pagi hingga malam tersebut tidak hanya menarik perhatian warga negeri Paman Sam, tapi juga menjadi sorotan dunia. Salah satu acara yang wajib diperhatikan adalah Inaugural Ball atau pesta dansa inaugurasi. Musik, lantai dansa, dan tentu saja, gaun-gaun mewah mewarnai malam inaugurasi .

Hanya saja pada tahun 2021 bertepatan dengan inaugurasi Presiden Amerika Serikat Joe Biden, rangkaian perayaan inaugurasi dikurangi karena pandemi. Demi menjaga protokol kesehatan, acara pesta dansa tersebut juga ditiadakan. Walaupun begitu, koleksi gaun pesta yang dikenakan First Lady atau Ibu Negara Amerika Serikat saat Inaugural Ball yang didonasikan tetap bertambah dengan pakaian yang dikenakan Jill Biden saat upacara pelantikan suaminya, Joe Biden. Koleksi tersebut bisa dinikmati dalam pameran di National Museum of American History, Washington D.C, Amerika Serikat. Tapi, kamu tidak perlu jauh-jauh pergi ke Amerika untuk melihatnya, Beauties! Simak gaun mewah yang dikenakan beberapa First Lady di bawah ini saja yuk!

 

Gaun Mewah 10 First Lady Amerika Serikat

Terdiri dari beberapa pesta inaugurasi , inilah gaun-gaun yang dikenakan Ibu Negara Amerika Serikat pada acara pesta dansa pertama.



1. Melania Trump

Melania Trump/
Melania Trump/ Foto: pinterest.com/harpersbazaar.com

Gaya modern yang minimalis ditampilkan Melania Trump saat mendampingi suaminya, Donald Trump, pada Inaugural Ball tahun 2017. Gaun putih off-shoulder dengan belt kecil berwarna kontras itu merupakan hasil kolaborasi dirinya dengan desainer Hervé Pierre, mantan Creative Director rumah mode Carolina Herrera.

2. Michelle Obama

Michelle Obama/
Michelle Obama/ Foto: pinterest.com/Zimbio

Pada pesta dansa inaugurasi pertamanya, Michelle Obama tampak mempesona dengan gaun karya desainer Amerika, Jason Wu. Bermodel one-shoulder, gaun putih tersebut dihiasi ornamen bunga dan kristal Swarovski. Gaun itu menyapu lantai sepanjang ia berdansa bersama Presiden Barack Obama pada malam perayaan inaugurasi tahun 2009.

3. Laura Bush

Laura Bush/
Laura Bush/ Foto: pinterest.com/Vogue Magazine

Mengenakan gaun mewah karya desainer Michael Faircloth, Laura Bush tampil berani dengan warna merah saat menghadiri Inaugural Ball pertama tahun 2001 dengan Presiden Amerika Serikat George W. Bush. Gaun tersebut menarik perhatian setiap orang oleh karena kristal yang dibordir pada Chantilly lace

4. Hillary Clinton

Hillary Clinton/
Hillary Clinton/ Foto: pinterest.com/stylelist.com

Pada periode pertama Presiden Bill Clinton menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat, kesan glamor dipancarkan Hillary Clinton yang mengenakan gaun karya Sarah Phillips pada Inaugural Ball tahun 1993. Gaun malam lace berwarna velvet dengan overskirt tersebut bertabur manik-manik yang gemerlapan, sangat cocok untuk acara pesta dansa pada malam yang spesial.

5. Barbara Pierce Bush

Barbara Bush/
Barbara Bush/ Foto: pinterest.com/InStyle

Istri dari George H.W. Bush tampak elegan dengan gaun biru velvet dengan perpaduan bahan suede bagian bodice dan satin sebagai rok karya Arnold Scaasi. Penampilan Barbara Bush pada malam pesta dansa inaugurasi tahun 1989 itu disempurnakan dengan aksesori anting dan kalung layer mutiara.

6. Nancy Davis Reagan

Nancy Reagan/
Nancy Reagan/ Foto: pinterest.com/Us Weekly

Memulai periode pertama masa kepresidenan Ronald Reagan tahun 1981, Nancy Reagan mengenakan gaun one-shoulder putih berbahan satin sutra yang dilapisi lace rancangan James Galanos. Mengombinasikan gaun pesta tersebut dengan sarung tangan berwarna senada, Nancy pun menjadi perempuan paling elegan pada malam itu.

7. Eleanor Rosalynn Smith Carter

Rosalynn Carter/
Rosalynn Carter/ Foto: pinterest.com/businessinsider.com

Puffy sleeves berbahan chiffon biasanya menampilkan kesan playful, tapi pada malam pesta inaugurasi Presiden Jimmy Carter tahun 1977, Rosalynn Carter berhasil membuat gaya tersebut menjadi pakaian formal yang anggun. Didesain oleh Mary Matise untuk Jimmae, gaun tersebut merupakan gabungan antara sleeveless coat dengan gaun biru chiffon berbordir emas yang membuatnya semakin mewah.

8. Thelma Catherine "Pat" Ryan Nixon

Pat Nixon/
Pat Nixon/ Foto: pinterest.com/harpersbazaar.com

Karen Stark mendesain gaun satin sutra yang dikenakan Pat Nixon pada Inaugural Ball ketika ia mendampingi suaminya, Presiden Richard Nixon, yang menjabat tahun 1969. Kristal Austria terbordir rapi pada bagian bolero dan belt yang membuat gaun berwarna kuning itu semakin cantik dan mewah.

9. Lady Bird Johnson

Lady Bird Johnson/
Lady Bird Johnson/ Foto: pinterest.com/InStyle

Untuk mendampingi suaminya, Presiden Lyndon B. Johnson, pada Inaugural Ball tahun 1965, Lady Bird Johnson yang bernama lengkap Claudia Alta “Lady Bird” Taylor Johnson mengenakan gaun cantik yang didesain oleh John Moore. Gaun satin clean-cut tersebut sengaja dipilih berwarna kuning yang menyimbolkan terang dan optimisme untuk menyambut masa kepresidenan baru. Ia juga mengenakan aksesori sarung tangan putih dan kalung mutiara yang menyempurnakan penampilannya malam itu. 

10. Jacqueline Kennedy

Jackie Kennedy/
Jackie Kennedy/ Foto: pinterest.com/VANITY FAIR

Didesain dan dibuat oleh Ethel Frankau, gaun yang dikenakan Jackie Kennedy pada Inaugural Ball tahun 1961 berhasil membuatnya dinobatkan sebagai ibu negara paling fashionable. Istri dari Presiden Amerika Serikat John F. Kennedy itu tampak cantik dengan gaun off-white sleeveless berbahan chiffon dengan bodice berbordir perak. Gaun tersebut juga dilengkapi cape clean-cut yang membuat penampilannya semakin elegan.

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id