sign up SIGN UP

Deretan Pengusaha Perempuan Terkaya di Industri Fashion Versi Forbes! Nggak Nyangka Ada Sosok Selebriti Juga, Siapa?

Rayoga Firdaus | Beautynesia
Sabtu, 18 Sep 2021 12:00 WIB
Deretan Pengusaha Perempuan Terkaya di Industri Fashion Versi Forbes! Nggak Nyangka Ada Sosok Selebriti Juga, Siapa?
caption
Jakarta -

Jika kita melihat daftar orang terkaya di tahun 2021 lansiran Forbes dan mengklasifikasikannya berdasarkan pilihan industri fashion, maka Bernard Arnault pemilik LVMH berada di urutan teratas. Sebagai pemilik sejumlah label fashion mewah kenamaan seperti diantaranya Louis Vuitton dan Dior, total kekayaan yang dimilikinya mencapai 150 miliar USD. Namun bagaimana dengan kiprah para pengusaha perempuan?

Di situs Forbes sendiri memang terdapat daftar perempuan paling kaya dan bisa disaring berdasarkan industri. Untuk industri fashion sendiri digabung dengan retail. Dan pada daftar tersebut, mereka yang menekuni bidang ritel memang mendominasi bila dibandingkan mereka yang memang bergelut di bidang fashion secara spesifik. Lalu siapa saja para pengusaha perempuan di industri fashion yang berhasil masuk daftar? Ini rangkumannya.

Sandra Ortega Mera

Sandra Ortega MeraSandra Ortega Mera/ Foto: Forbes


Sandra merupakan putri dari Amancio Ortega, pendiri Inditex sekaligus pemilik Zara. Sandra mewarisi saham kepemilikan Inditex sebesar 4,5 % dari mendiang Ibunya sekaligus menjadikannya sebagai orang terkaya kedua di Spanyol setelah sang Ayah. Forbes mencatat total kekayaan Sandra per 17 September 2021 mencapai 7,9 miliar USD. Meski menjadi perempuan paling kaya di industri fashion, Sandra diketahui tidak terlibat secara langsung dalam perusahaan keluarganya.

Miuccia Prada

Miuccia PradaMiuccia Prada/ Foto: livingly.com/IMAXtree


Desainer Miuccia Prada turut masuk dalam jajaran para pebisnis perempuan paling sukses di industri fashion. Mewarisi bisnis keluarga, total kekayaan perempuan yang juga pemegang gelar PhD di bidang political science ini per 17 September 2021 mencapai 4,4 miliar USD.

Giuliana Benetton

Giuliana BenettonGiuliana Benetton/ Foto: Getty Images


Giuliana bersama ketiga saudaranya yakni Luciano, Gilberto, dan Carlo bersama-sama mendirikan label Benetton pada tahun 1965. Tak hanya bersumber dari fashion, total kekayaan Giuliana yang mencapai 3,2 miliar USD juga berasal dari investasi di sektor lain seperti ritel, penerbitan, perbankan hingga infrastruktur.

Doris Fisher

Doris FisherDoris Fisher/ Foto: Dok. Forbes


Doris Fisher mendirikan label GAP bersama mendiang suaminya Don pada tahun 1969. Doris aktif menangani merchandiser hingga tahun 2003. Dan turut menjadi bagian dari Board of Directors hingga 2009. Memutuskan untuk lebih aktif di kegiatan amal, Forbes melansir kekayaan dari Perempuan berusia 90 tahun dan lulusan Stanford ini mencapai 2,8 miliar USD.

Charlotte Söderström

Charlotte SöderströmCharlotte Söderström/ Foto: dagensps.se


Charlotte merupakan cucu dari pendiri H&M Erling Persson. Sang Ayah adalah Stefan Persson, chairman H&M sekaligus orang terkaya di Swedia. Aktif menangani sponsorship di perusahaan keluarga, Forbes mencatat kekayaan Charlotte mencapai 2,3 miliar USD.

Mimi Haas

Mimi HaasMimi Haas/ Foto: Forbes


Mimi merupakan istri dari mendiang Peter Haas CEO dari Levi strauss. Mimi memiliki saham kepemilikan sebesar 16 persen. Mimi sempat duduk dalam barisan Board of Directors dari tahun 2014 dan 2018. Di tahun 2021 ini, total kekayaan Mimi mencapai 1,4 miliar USD.

Kim Kardashian West

Kim KardashianKim Kardashian/ Foto: Getty Images


Terkejut? Meski melejit sebagai bintang reality show, jangan lupa Kim juga merupakan seorang entrepreneur. Selain mendirikan label kecantikan KKW, salah satu lini bisnis terbarunya yang turut menuai sukses dan membawanya masuk ke dalam daftar adalah Skims. Berfokus pada pakaian dalam dan loungewear, Forbes mengestimasi nilai kepemilikan saham di label ini mencapai 375 juta USD. Secara keseluruhan, kekayaan Kim Kardashian West pada tahun 2021 ini mencapai 1 miliar USD.

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id