sign up SIGN UP

5 Desainer Fashion Terkaya di Dunia! Nggak Nyangka Ada Sosok Kontroversial Juga Masuk

Rayoga Firdaus | Jumat, 10 Sep 2021 12:30 WIB
5 Desainer Fashion Terkaya di Dunia! Nggak Nyangka Ada Sosok Kontroversial Juga Masuk
5 Desainer Fashion Terkaya di Dunia! Nggak Nyangka Ada Sosok Kontroversial Juga MasukFoto: livingly.com/IMAXtree
Jakarta -

Berbicara pelaku industri fashion paling sukses, publik sebagian besar mungkin sudah tahu bahwa posisi tersebut diraih oleh Bernard Arnault pemilik grup LVMH yang menaungi sejumlah label mewah seperti Louis Vuitton, Dior dan bahkan retail seperti Sephora. Namun bagaimana dengan desainer? Kebanyakan mereka yang masuk dalam daftar orang terkaya di industri fashion dan retail adalah pengusaha. Bukan sepenuhnya seorang kreator mode yang merancang maupun mensupervisi desain. Hal tersebut seolah didukung dengan situasi dunia kerja desainer saat ini di mana mereka dapat direkrut atau diberhentikan sesuka hati oleh para pemilik label bersangkutan. Bagi desainer untuk membuat label sendiri pun tak gampang dengan iklim bisnis yang semakin kompetitif di berbagai segmen.

Menilik dari daftar kekayaan Forbes per September 2021 dari sekian ratus nama terdapat 5 nama desainer yang masuk. Siapa saja? Berikut ulasannya.

Giorgio Armani

Giorgio ArmaniGiorgio Armani/ Foto: livingly.com/IMAXtree


Desainer asal Giorgio Armani berada di rangking 323 dalam daftar orang terkaya di dunia versi Forbes tahun 2021. Namun jika kita klasifikasikan lagi berdasarkan profesi desainer ia berada di urutan pertama dengan total kekayaan mencapai 7,7 miliar USD. Mendirikan labelnya pada era 1970 an, Armani pun gencar berekspansi dengan mengembangkan lini sekunder seperti Emporio Armani, aksesori, parfum dan kosmetik. Tak hanya di bidang fashion Giorgio Armani juga menggeluti bisnis di bidang properti, hotel, restoran hingga menjadi pemilik klub basket Italia yakni Olimpia Milano.

Ralph Lauren

Ralph LaurenRalph Lauren/ Foto: livingly.com/IMAXtree


Meski Ralph Lauren telah menanggalkan jabatan CEO di perusahaannya pada tahun 2015 lalu, namun ia masih menjabat sebagai Executive Chairman dan Chief Creative Officer. Forbes mencatat total kekayaan dari desainer yang memulai bisnisnya dengan berjualan dasi itu mencapai 7 miliar USD. Dari segi rangking ia berada di urutan 358 dan kedua sebagai desainer terkaya di dunia saat ini.

Miuccia Prada

Miuccia PradaMiuccia Prada/ Foto: livingly.com/IMAXtree


Miuccia Prada menjadi satu-satunya desainer perempuan yang masuk ke dalam daftar para pelaku industri fashion dan retail. Forbes mencatat total kekayaannya mencapai 4,6 miliar USD di mana membuatnya menempati rangking 622 dalam daftar orang terkaya tahun ini. Miuccia adalah cucu dari Mario Prada pendiri dari label legendaris tersebut. Selain menjadi creative director, ia juga menjadi Co-CEO bersama sang suami, Patrizio Bertelli. Keduanya menghantarkan Prada untuk melakukan Initial Public Offering (IPO) pada tahun 2011.

Domenico Dolce & Stefano Gabbana

Domenico Dolce & Stefano GabbanaDomenico Dolce & Stefano Gabbana/ Foto: livingly.com/IMAXtree


Siapa sangka dengan segala kontroversi yang menyelimuti label yang mereka dirikan, duo desainer Domenico Dolce dan Stefano Gabbana menjadi salah dua desainer terkaya. Dalam daftar Forbes keduanya menempati peringkat 1931 dengan total kekayaan mencapai 1,6 miliar USD. Mendirikan label Dolce & Gabbana pada tahun 1985, kini label tersebut juga memiliki lini kosmetik, parfum dan baju anak-anak.

Meski masih diisi nama-nama besar, namun hal positif yang bisa kamu petik adalah sebagian besar dari mereka adalah entrepreneur yang tak ragu untuk memulai bisnis dalam skala kecil. Dan Miuccia Prada juga gemar berinovasi dengan desainnya hingga membawa Prada sukses seperti sekarang ini. Kerja keras, determinasi dan inovasi pada akhirnya menjadi kunci kesuksesan seorang pengusaha di bidang apapun termasuk industri kreatif seperti fashion.

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id