sign up SIGN UP

Fakta Tentang Kasus Rolex Rippers, Komplotan Pencuri Spesialis Jam Tangan Mewah yang Menghebohkan Inggris

Rayoga Firdaus | Selasa, 11 Jan 2022 13:00 WIB
Fakta Tentang Kasus Rolex Rippers, Komplotan Pencuri Spesialis Jam Tangan Mewah yang Menghebohkan Inggris
caption
Jakarta -

Di Inggris sejak pertengahan tahun 2020 hingga sekarang ini, sedang heboh akan kasus pencurian jam tangan Rolex. Korbannya para pria lanjut usia yang sedang sendirian di tempat umum dan tentunya tengah memakai jam tangan mahal ini. Berdasarkan kesaksian para korban, aksi ini dilakukan oleh dua orang perempuan. Dengan korban kini mencapai hampir tiga puluh orang, kepolisian pun mulai memberikan peringatan kepada mereka khususnya pria lanjut usia. Media pun memberikan julukan kepada komplotan ini sebagai 'Rolex Rippers' karena target mereka yang begitu spesifik pada kreasi jam tangan mewah tersebut.

Seperti apa modus pencurian dan ciri-ciri pelaku? Berikut sejumlah fakta yang dirangkum dari berbagai sumber mengenai Rolex Rippers.

Awal Mula

Dilansir dari The Guardian, laporan mengenai kasus pencurian Rolex ini resmi dirilis Kepolisian pada Juli 2020 di mana terjadinya peristiwa perampokan yang menimpa pria berusia 78 tahun di Emsworth. Diketahui sebelumnya telah terjadi empat kasus pencurian serupa dengan membidik target pria lanjut usia. Beberapa aksi pencurian ini terjadi di sejumlah area bermain Golf.

Ciri-ciri Pelaku

Para korban mendeskripsikan pelaku terdiri dari dua orang perempuan berusia 20 hingga 30 tahunan dengan tinggi sekitar 150-170 cm. Berambut gelap dengan aksen Eropa Timur meski beberapa korban mengidentifikasi logat pelaku mirip dengan logat Spanyol.

Ada dugaan kuat bahwa pelaku kini terdiri dari lebih dua orang. Pasca di beberapa kasus terbaru yang terjadi pada akhir tahun 2021, korban mengaku didekati dua orang perempuan dan salah satunya terlihat berusia 40 tahunan.

Modus Pencurian

Jam Tangan RolexJam Tangan Rolex/ Foto: Dok. Rolex

Pada beberapa kasus, modus yang dipakai komplotan ini adalah dengan berpura-pura menjadi aktivis yang meminta dukungan petisi. Alan Bruce, pria berusia 63 tahun yang juga menjadi korban dan kehilangan jam tangan Rolex emas seharga 14 ribu Poundsterling memberikan kesaksiannya kepada Bournemouth News and Picture Service.

"Satu membawa papan dan satu orang yang lebih tinggi berakting sebagai seorang tunawicara dan mereka meminta tanda tangan untuk petisi pembangunan deaf centre. Saya menandatangani dengan tangan kiri, tangan di mana saya memakai jam, dan tiba-tiba salah satu dari mereka mendekat dan memeluk saya. Saya langsung meraba saku tempat menyimpan dompet dan mendorongnya lalu berjalan menjauh. Tak lama saya baru sadar jam tangan saya telah hilang dan begitu kembali ke tempat tadi mereka telah pergi,".

Sementara itu pada kasus yang terjadi pada Oktober 2021 di Cliff Drive, Poole, dilansir dari Daily Mail korban mengatakan bahwa ia didekati dua orang perempuan yang memakai masker dan menanyakan mengenai properti di wilayah tersebut dan meminta untuk menuliskan di kertas. Korban juga menilai bahwa kedua pelaku berasal dari Romania.

Mahalnya Jam Tangan Rolex

Jam tangan RolexJam tangan Rolex/ Foto: Instagram Rolex

Sejauh ini polisi masih belum bisa menangkap pelaku dan telah mengeluarkan peringatan agar masyarakat lebih berhati-hati khususnya para pria lanjut usia ketika berjalan sendirian.

Mengenai spesifiknya barang yang menjadi target komplotan 'Rolex Rippers' ini memang tidak terlepas dari nilai dan harga akan jam tangan mewah tersebut. Per tahun 2022, Robb Report melaporkan terjadi kenaikan harga Rolex di Amerika Serikat di mana harga untuk mode Ref. 124060 mencapai 8950 USD. Naik 10 persen dibanding tahun lalu.

Beda model tentu beda harga. Bahkan untuk kreasi vintage bisa jadi lebih mahal. Menilik dari situs Bob Watches, jam tangan Rolex vintage dari era 1970 an harganya berada di kisaran 15 ribu USD.

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!



(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id