STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Filosofi Yin Yang, Larangan Pakaian Berwarna Hitam dan Putih Saat Imlek

Ira Syafira | Beautynesia
Jumat, 20 Jan 2023 13:30 WIB
Filosofi Yin Yang, Larangan Pakaian Berwarna Hitam dan Putih Saat Imlek

Tidak lama lagi masyarakat Tionghoa akan merayakan Imlek atau Tahun Baru Cina. Berbagai persiapan akan dilakukan menjelang pergantian tahun Lunar ini, karena Imlek juga menjadi penanda pergantian musim dingin ke musim semi di Cina. Tak hanya dirayakan oleh umat Khonghuchu, namun juga seluruh masyarakat Tionghoa yang ingin melestarikan tradisi dan sebagai ungkapan syukur atas apa yang diterima.

Berbagai persiapan seperti menyiapkan hidangan dan menghias rumah dilakukan agar suasana tercipta  bahagia. Namun di balik itu, ada beberapa pantangan yang harus dipatuhi oleh masyarakat Tionghoa. Ada pantangan seperti larangan membersihkan rumah, larangan keramas, bahkan larangan mengenakan pakaian berwarna hitam putih.

Filosofi Yin Yang

Filosofi Yin Yang/Foto: Pinterest/Laurent Langlais
Filosofi Yin Yang/Foto: Pinterest/Laurent Langlais

Seperti yang kita ketahui, warna dekorasi dan pakaian Imlek identik dengan warna merah dan kuning. Ternyata, aturan warna dalam menyambut perayaan Imlek ini telah disebut dalam filosofi Yin Yang. Filosofi ini di ibaratkan sebagai wujud keseimbangan dasar alam semesta. Yin digambarkan sebagai perempuan, pasif, dingin, gelap, dan kematian. Sedangkan Yang dipandang sebagai sosok laki-laki yang hangat, terang, aktif, dan hidup.

Masyarakat Tionghoa mempercayai segala sesuatu yang ada di bawah langit bisa diklasifikasikan ke dalam lima elemen antara lain emas, air, api, kayu, dan bumi. Kelima elemen ini akan membantu keseimbangan Yin dan Yang lebih jauh lagi dibanding hanya mengandalkan keseimbangan dua teori saja. Berdasarkan filosofi Yin dan Yang, kelima elemen dapat bekerja secara produktif dan kontraproduktif.

Yin Yang Element/Foto: Pinterest/Thoth Adan
Yin Yang Element/Foto: Pinterest/Thoth Adan

Dikatakan produktif ketika ada kombinasi antara kayu dengan api, tanah dengan emas, air dengan kayu, api dengan tanah, dan emas dengan air. Namun bisa juga kontradiktif saat air dengan api, api dengan emas, kayu dengan tanah, tanah dengan air, emas dengan kayu. Itulah dua kombinasi yang menunjukkan mana letak antara Yin dan Yang produktif atau kontraproduktif. 

Lima elemen ini masing-masingnya memiliki kaitan dengan warna yang memiliki simbolis kuat bagi orang Tionghoa. Seperti warna merah yang diartikan sebagai simbol api dari unsur "Yang", dan kuning yang adalah tanah dengan unsur "Yang". Sedangkan Hijau merupakan kayu berunsur "Yin", putih adalah emas berunsur "Yang", dan hitam merupakan air dengan unsur "Yin".

RELATED ARTICLE