sign up SIGN UP

Gara-gara Hal Ini, Orang Korea Selatan Hanya Boleh Beli Tas Chanel Sekali dalam Setahun

Rayoga Firdaus | Senin, 18 Oct 2021 16:30 WIB
Gara-gara Hal Ini, Orang Korea Selatan Hanya Boleh Beli Tas Chanel Sekali dalam Setahun
caption
Jakarta -

Chanel berlakukan peraturan baru untuk para penggemarnya di Korea Selatan, yakni hanya boleh membeli satu tas saja dalam setahun. Khususnya untuk model Chanel Classic Flap dan Coco Handle. Bahkan agar lebih ketat, selain berdasarkan nama Chanel juga turut membatasi pembelian untuk produk kategori small leather goods seperti dompet dan pouch seperti dilansir oleh Hankook Ilbo.

Keputusan untuk menerapkan peraturan ini oleh Chanel dilatari akan banyaknya aksi jual kembali oleh sejumlah konsumen dengan harga yang lebih tinggi. Masyarakat Korea tampaknya memang memiliki ketertarikan yang tinggi pada rumah mode ini. South China Morning Post (SCMP) melaporkan di sejumlah department store, konsumen rela antri dari pagi buta sampai butik buka demi mendapatkan barang yang diinginkan.

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Tas BrandedChanel Classic Flap/ Foto: livingly.com/IMAXtree

Di antara mereka yang mengantri juga terdapat sejumlah reseller atau yang lebih familiar dengan 'jasa titip' di mana mereka akan menjual hasil belanjaannya tersebut dengan harga yang lebih mahal dibanding di butik kepada mereka yang enggan mengantri.

SCMP juga melansir bahwa seorang konsumen yang tergabung dalam sebuah forum internet khusus barang mewah Chicment, mengatakan bahwa ia rela membayar biaya tambahan berkisar 250 USD sampai 340 USD daripada harus capai-capai mengantri di butik.

Chanel spring/summer 2022Chanel spring/summer 2022/ Foto: Alessandro Viero / Gorunway.com/VOGUE

Sebelum membatasi pembelian, Chanel juga telah menaikkan harga produknya di Korea Selatan, bahkan sampai tiga kali di tahun 2021 ini. Tepatnya di bulan Februari, Juli dan September. Namun hal tersebut justru tak menghentikan antusias masyarakat untuk membeli produknya.

Chanel spring/summer 2022Chanel spring/summer 2022/ Foto: MARIE ROUGE

Sebenarnya peraturan pembatasan pembelian ini bukanlah hal baru. Hermès sudah terlebih dahulu memberlakukannya untuk sejumlah kreasi tas ikonis seperti Birkin dan Kelly. Selain mencegah aksi jual kembali dan menjaga kestabilan harga, tujuan lain dari peraturan ini adalah menjaga citra eksklusif. Semakin sedikit dan terbatas produk yang beredar justru akan kian menaikkan antusias publik untuk memiliki produk tersebut.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id