sign up SIGN UP

Gaun Paling Kontroversial di Met Gala, Ada yang Sampai Dilarang Tampil

Dimitrie Hardjo | Beautynesia
Sabtu, 07 May 2022 19:19 WIB
Gaun Paling Kontroversial di Met Gala, Ada yang Sampai Dilarang Tampil
caption

Busana di Met Gala selalu menjadi bahan perbincangan setiap tahunnya. Deretan publik figur ternama dunia, mulai dari selebriti A-list hingga sosialita, tampil totalitas untuk satu malam acara fundraising Costume Institute di Metropolitan Museum of Art, New York. Jelang Met Gala 2022 yang akan dilaksanakan 2 Mei 2022 mendatang, retrospeksi outfit mewah selebriti kian menarik untuk dibahas. Tidak melulu dinyatakan sebagai busana terbaik, terdapat gaya selebriti yang justru jadi kontroversi karena dinilai menyinggung kelompok tertentu. Berikut beberapa diantaranya.



Ivanka Trump, Met Gala 2016

Ivanka Trump/
Ivanka Trump/ Foto: pinterest.com/ELLE Magazine (US)

Jelang pemilihan umum Amerika Serikat, Met Gala 2016 menjadi medium Ivanka Trump untuk mendukung ayahnya, Donald Trump yang merupakan partai Republik. Ia mengenakan jumpsuit dari Ralph Lauren berwarna merah––warna partai Republik, sedangkan biru terasosiasi partai Demokrat. Seolah menggunakan acara sebagai alat politik, saat itu menjadi terakhir kalinya anggota keluarga Trump diundang ke Met Gala (sebelumnya Donald Trump dilarang untuk menghadiri acara).

 

Kendall Jenner, Met Gala 2017

Kendall Jenner/
Kendall Jenner/ Foto: pinterest.com/People

Busana transparan sudah sering ditemukan di atas karpet Met Gala. Namun Kendall Jenner membawa suasana berbeda dengan gaun sheer dari brand lingerie La Perla. Selain banyaknya komentar mempermalukan akibat busana vulgar itu, tidak sedikit pula orang membandingkan outfit-nya di Met Gala 2017 itu dengan outfit aktris Rose McGowan. 

 

Rihanna, Met Gala 2019

Rihanna/
Rihanna/ Foto: pinterest.com/THE KIT

Dibalik megahnya gaun Guo Pei yang dikenakan Rihanna saat Met Gala 2019, aktivis anti bulu hewan merasa tersinggung akibat bulu rubah yang menghiasi sepanjang lining gaun. Mereka menganggap sang penyanyi tidak bertanggung jawab karena mempromosikan pemakaian bulu hewan ini.

Hailey Bieber, Met Gala 2019

Hailey Bieber/
Hailey Bieber/ Foto: pinterest.com/Vogue Magazine

Bukan hanya terlihat vulgar dengan gaun backless Alexander Wang karena mempertunjukkan G-string yang dikenakan, Hailey Bieber juga mengundang kontroversi karena dugaan plagiarisme desain. Pakaian dalam tersebut mirip model desain minimalis Gucci kreasi Tom Ford yang ikonis.

 

Kim Kardashian, Met Gala 2019

Kim Kardashian/
Kim Kardashian/ Foto: pinterest.com/Vogue Magazine

Busana “basah” kreasi Thierry Mugler yang dikenakan Kim Kardashian mengundang sensasi. Memperlihatkan pinggang yang terlalu kecil, orang-orang protes karena menganggap Kardashian membuat standar kecantikan yang tidak masuk akal. Di sisi lain, pemilik bisnis SKIMS itu mengakui kesulitan untuk duduk dan ke toilet saat mengenakan dress tersebut.

 

Alexandria Ocasio-Cortez, Met Gala 2021

Alexandria Ocasio-Cortez/
Alexandria Ocasio-Cortez/ Foto: instagram.com/aoc

Gaun kontroversial juga dikenakan politisi Amerika Serikat, Alexandria Ocasio-Cortez atau dikenal dengan AOC. Pada Met Gala tahun lalu, ia mengenakan gaun putih dengan tulisan merah mencolok “Tax The Rich” di bagian belakang gaun. Komentar negatif memenuhi unggahan Instagram-nya di mana ia mengenakan gaun karya Aurora James itu.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id