STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Heboh, Dior Dituduh Plagiat Desain Rok Tradisional Tiongkok!

Dimitrie Hardjo | Beautynesia
Kamis, 21 Jul 2022 12:00 WIB
Heboh, Dior Dituduh Plagiat Desain Rok Tradisional Tiongkok!

Dior dikritik netizen China karena diduga melakukan plagiat desain rok tradisional negaranya. “Dior Plagiarism” ramai diperbincangkan hingga masuk daftar pencarian tertinggi di media sosial Weibo pada Sabtu (16/7). Midi skirt rancangan direktur kreatif Maria Grazia Chiuri dinilai sama dengan struktur rok tradisional yang dikenakan perempuan periode dinasti Ming. Netizen China, terutama penggemar pakaian tradisional Hanfu, tersinggung akibat Dior tidak memberikan kredit yang sepantasnya. 

Rok midi A-line dari koleksi Dior Fall 2022/
Rok midi A-line dari koleksi Dior Fall 2022/ Foto: dior.com

Berdasarkan deskripsi netizen Tiongkok, rok yang merupakan koleksi Dior Fall 2022 mempunyai siluet layaknya rok Ma Mian atau Horse Face skirt yang dirancang untuk memudahkan perempuan berkuda.

Desain A-line skirt mempunyai opening di bagian depan dan belakang, detail lipit pada kedua sisi merupakan karakteristik yang mirip. Namun yang paling membedakannya adalah panjang––rok Dior senilai 3.800 USD itu jatuh sedikit di bawah lutut, sedangkan rok Ma Mian lebih panjang hampir menyentuh lantai.

Rok Ma Mian atau Horse Face tradisional Tiongkok/
Rok Ma Mian atau Horse Face tradisional Tiongkok/ Foto: pinterest.com/Etsy

Sementara itu, catatan dari Maria Grazia Chiuri saat peragaan koleksi Fall 2022 di Seoul bulan Mei lalu tertulis bahwa rancangannya merupakan bentuk penghormatan untuk saudara perempuan Christian Dior, Catherine, dan mengambil inspirasi dari seragam sekolah.

Chiuri terkesima dengan personalisasi seragam yang biasa dilakukan para murid dengan menambahkan detail tertentu––suatu ide yang tidak berkaitan dengan tradisi subkultur negara tirai bambu tersebut. Hingga sekarang, Dior masih belum memberikan tanggapan terkait kritikan mengenaidesain rok tradisional Tiongkok ini.

Dior koleksi Fall 2022 yang terinspirasi seragam sekolah/
Dior koleksi Fall 2022 yang terinspirasi seragam sekolah/ Foto: instagram.com/dior

Kian sensitif masalah budaya, sebelumnya brand mewah asal Prancis ini juga pernah terlibat kontroversi akibat potret perempuan Tiongkok yang diambil oleh fotografer Chen Man.

Foto yang dipertunjukkan di pameran seni Shanghai menampilkan perempuan bermata sipit dalam busana tradisional Tiongkok memegang tas Lady Dior. Chen tuai kritik akibat klaim terlalu menunjukkan perspektif stereotipe perempuan Asia di mata orang Barat.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE