sign up SIGN UP

Kamu Pecinta Fashion dan Peduli Lingkungan? Yuk, Terapkan 3 Gaya Hidup Zero Waste Ini!

Sherley Gucci | Beautynesia
Selasa, 07 Dec 2021 19:00 WIB
Kamu Pecinta Fashion dan Peduli Lingkungan? Yuk, Terapkan 3 Gaya Hidup Zero Waste Ini!
caption
Jakarta -

Beauties, tahukah kamu kalau ternyata fashion item yang sehari-hari kita gunakan dapat merusak lingkungan? Fashion item ini tidak hanya pakaian, namun termasuk aksesoris, sepatu, dan tas yang sering kita kenakan sehari-hari.

Menurut Zero Waste Indonesia, sebuah komunitas berbasis online yang mengajak masyarakat untuk menjalani gaya hidup nol sampah, limbah fashion yang disebabkan oleh fast fashion dapat merusak lingkungan, seperti polusi air, tanah, maupun penghasil gas emisi rumah kaca yang dapat menyebabkan climate change (perubahan iklim).

Nah, jika kamu adalah pecinta fashion namun ingin mulai menerapkan gaya hidup zero waste, yuk terapkan beberapa tips di bawah ini!

Tukar Baju

tukar baju dapat menjadi solusi ingin tetap trendy tanpa harus membeli baju baru
Ilustrasi/ Foto: Pexcels.com/rachel claire

Cara pertama yang bisa kamu terapkan untuk mengurangi limbah pakaian dan konsumsi pakaian yang berlebihan adalah dengan tukar baju. Tukar baju merupakan salah satu kampanye hidup ramah lingkungan yang digagas oleh Zero Waste Indonesia.

Kamu bisa mengajak teman, saudara, atau keluarga kamu untuk saling tukar baju. Tidak hanya mengurangi limbah pakaian, malah pakaian kamu bisa menjadi lebih bervariasi, lho!

Daur Ulang Pakaian

salah satu cara mengurangi kebiasaan belanja fashion dapat dilakukan dengan tri upcylce
upcycle fashion instagram.com/blueprintdiy

Beauties, apakah kamu sudah pernah mendengar istilah upcycling fashion? Kalau belum, mungkin ini saatnya untuk cari tahu dan mencoba trik satu ini agar kamu bisa mengurangi limbah pakaian namun tetap tampil stylish!

Upcycling fashion adalah cara untuk mendaur ulang pakaian bekas yang sudah tidak terpakai atau rusak menjadi sebuah pakaian baru yang bisa digunakan bahkan lebih bagus dari semula.

Bingung mencari inspirasi untuk daur ulang pakaian? Jangan khawatir, ada banyak sumber yang bisa kamu ikut.

Salah satu kreator yang dapat kamu ikuti di Instagram dan YouTube adalah seorang fashion designer bernama Angelina (@blueprintdiy). Kreator yang satu ini kerap membagikan banyak ide-ide menarik seputar upcycling fashion, mulai dari pakaian hingga celana.

Sewa Pakaian

Seringkali perempuan harus merogoh kocek dalam untuk sebuah dress yang cantik
Ilustrasi/Foto: Freepik.com/freepik


Langkah terakhir yang dapat kamu lakukan untuk terapkan lifestyle minim sampah adalah dengan sewa pakaian. Sewa pakaian bisa jadi alternatif apabila kamu ingin menghadiri acara-acara formal, seperti acara pernikahan.

Seperti yang kita ketahui, jika membuat pakaian untuk acara formal seperti dress atau kebaya, harganya relatif mahal. Lagipula, biasanya hanya dipakai sesekali saja. Untuk menyiasatinya, kamu bisa menyewa pakaian. Tidak hanya mengurangi limbah pakaian, kamu juga bisa lebih hemat!

So, untuk tampil fashionable dan stylish nggak melulu harus beli baju baru ya, Beauties! Dengan melakukan tiga tips di atas, kamu bisa berperan dalam menjaga lingkungan. Selamat mencoba!

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id