sign up SIGN UP

4 Cara Menerapkan Ethical Fashion dengan Mudah, Hemat dan Ramah Lingkungan!

ira syafira | Senin, 04 Oct 2021 16:30 WIB
4 Cara Menerapkan Ethical Fashion dengan Mudah, Hemat dan Ramah Lingkungan!
caption

Ethical Fashion akhir-akhir ini sering menjadi bahan perbincangan. Pasalnya, gerakan ethical fashion muncul akibat pesatnya pertumbuhan industri fast fashion.

Fast fashion memang fokus bekerja dengan prinsip yang cepat dan biaya produksi yang rendah, agar koleksi bisa terus diperbaharui. Namun, dengan pertubmbuhan yang cepat, industri ini berdampak terhadap kerusakan lingkungan.

Sehingga, munculnya sebuah gerakan ethical fashion yang bertujuan untuk mengurangi dampak dari industri fast fashion. Gerakan ini akan muncul pertama kali dari kesadaran konsumen itu sendiri. Untuk itu, yuk kita mulai menerapkan ethical fashion dengan mengikuti langkah mudahnya seperti berikut ini!

1. Jangan Berbelanja Sesuatu yang Tidak Dibutuhkan

Jangan Berbelanja Sesuatu yang Tidak Dibutuhkan/Foto: Pexels/Liza Summer
Jangan Berbelanja Sesuatu yang Tidak Dibutuhkan/Foto: Pexels/Liza Summer

Godaan fast fashion memang sulit untuk dihindari, ya Beauties. Hal tersebut terjadi karena produk yang mereka keluarkan mengikuti pergerakan tren bahkan tak jarang mirip dengan koleksi runway desainer dan label kenamaan, dan dijual dengan harga lebih terjangkau. Inilah yang kerap membuatmu membeli suatu barang padahal ia tidak begitu membutuhkannya. 

Hingga akhirnya, barang tersebut hanya kamu gunakan satu atau dua kali saja. Ada baiknya, kita mencoba untuk menutup mata terhadap tren tersebut. Cobalah menerapkan mindset bahwa produk-produk tersebut hanya menjadi tren dalam beberapa bulan kedepan, sebelum akhirnya beralih ke tren berikutnya.

2. Coba Memilih Produk Slow Fashion

Coba Memilih Produk Slow Fashion/Foto: Pexels/Ron Lach
Coba Memilih Produk Slow Fashion/Foto: Pexels/Ron Lach

Berbeda dengan produk fast fashionslow fashion lebih memprioritaskan produksi barang yang dapat digunakan jangka panjang.  Esensi dari slow fashion bisa diartikan sebagai produksi pakaian yang etis dan ramah lingkungan. 

Walaupun produk slow fashion cenderung lebih mahal, namun dapat mengurangi dampak buruk dalam industri fashion itu sendiri. Slow fashion di produksi dengan material alami yang bisa dikembangkan secara sustainable, tidak ada penggunaan bahan kimia di dalamnya. Sehingga, saat kamu memilih menggunakan produknya, maka kamu sudah membantu untuk peduli terhadap keseimbangan lingkungan di bumi kita.

3. Pilih Model Pakaian yang Tak Lekang Oleh Zaman

Model Pakaian yang Tak Lekang Oleh Zaman/Foto: Pexels/Liza Summer
Model Pakaian yang Tak Lekang Oleh Zaman/Foto: Pexels/Liza Summer

Memulai untuk menerapkan ethical fashion bisa juga kamu lakukan dengan memikirkan pakaian apa yang lebih baik kamu beli. Tentu saja pakaian ini harus bisa digunakan dalam jangka waktu lama Beauties. 

Nah, untuk itu kamu bisa memilih produk klasik yang tidak terpengaruh oleh pergerakan tren. Pakaian dengan model ini akan mempertahankan penampilanmu dan tidak mambuatmu mati gaya.

Pilihannya cukup beragam, seperti jeans, jaket bomber, kemeja, kaos berwarna putih atau hitam, dan sneakers polos. Beberapa contoh produk fashion tersebut akan bertahan dari waktu ke waktu tanpa perlu khawatir ketinggalan zaman.

4. Sumbangkan Pakaian yang Sudah Tidak Digunakan

Sumbangkan Pakaian yang Sudah Tidak Digunakan/Foto: Pexels/Julia Cameron
Sumbangkan Pakaian yang Sudah Tidak Digunakan/Foto: Pexels/Julia Cameron

Cara terakhir ini terbilang cukup mudah, lho. Kamu bisa menyumbangkan pakaian yang sudah tidak terpakai kepada orang-orang yang lebih membutuhkan. Dengan gerakan ini, kamu bisa membantu mengurangi limbah pakaian serta meringankan beban orang yang membutuhkannya. 

Namun, untuk menyumbangkan pakaian ini kamu juga tidak boleh sembarangan, Beauties. Perhatikan kembali pakaian yang akan kamu sumbangkan, apakah pakaian tersebut masih layak untuk dipakai atau tidak. Semua harus dipilih dengan bijak, agar pakaianmu bisa bisa bermanfaat nantinya. 

Bagaimana nih menurut, Beauties? Sebaiknya kamu mulai mempertimbangkan untuk menerapkan ethical fashion dalam kehidupan kamu, ya!

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

 

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id