sign up SIGN UP

Metaverse dan Fashion di 2022, Apa Saja yang Harus Kamu Ketahui?

Dimitrie Hardjo | Beautynesia
Kamis, 30 Dec 2021 13:00 WIB
Metaverse dan Fashion di 2022, Apa Saja yang Harus Kamu Ketahui?
caption

Tahun 2021 menandai akan lahirnya fenomena demam NFT. Minat tinggi dari konsumen dan metaverse memegang peranan penting dalam pesatnya kemajuan interaksi pasar digital ini. Tidak bisa dipungkiri jika di tahun 2022 fashion metaverse juga akan semakin mendominasi. Digitalisasi di masa depan, khususnya di dunia fashion merupakan hal yang cukup menarik untuk disimak. Yuk pelajari lebih lanjut bagaimana pengadopsian fashion di metaverse dan bagaimana digitalisasi fashion bisa mengubah industri di masa depan dalam rangkuman dari berbagai sumber berikut.

Bagaimana Wujud Fashion di Metaverse?

Dunia virtual yang dikenal dengan metaverse membuka jalan bagi manusia untuk memiliki kehidupan di dunia maya. Elaborasi realita virtual yang begitu detail menjadikan dunia maya ini semakin hidup. Tidak terbatas pada properti dan karya seni, fashion bisa memanfaatkan berbagai cara untuk mengembangkan peluang di metaverse ini, misalnya NFT dan AR yang telah sukses diadopsi beberapa rumah mode.


1. Non-Fungible Token (NFT)

NFT Karl Lagerfeld x Endless/
NFT Karl Lagerfeld x Endless/ Foto: instagram.com/endlessartist

Non-Fungible Token (NFT) merupakan aset digital yang diperjualbelikan menggunakan mata uang crypto, seperti karya seni, musik, video, hingga kreasi pakaian. Setiap NFT terdapat blockchain digital passport di mana tercatat autentikasi produk yang dibeli dan jejak digital pembelian untuk konsumen dan produsen. Sistem blockchain digital passport ini tentu akan sangat menguntungkan kedua belah pihak, khususnya dalam pembelian barang-barang mewah. Misalnya, items Balenciaga dalam game Fortnite, Karl Lagerfeld NFT dan kolaborasinya dengan seniman Endless, video “Aria Film” hasil kerjasama Gucci dan rumah lelang Christie’s, dan masih banyak lagi. 


2. Augmented Reality (AR) untuk Efisiensi Pemasaran Produk Fashion

Gucci Virtual 25 sneakers/
Gucci Virtual 25 sneakers menggunakan AR/ Foto: pinterest.com/The Verge

Bukan hanya dari segi items dalam bentuk NFT, pemanfaatan metaverse di dunia fashion juga bisa dilakukan dalam bentuk Augmented Reality (AR). Contohnya, Gucci Virtual 25 di mana orang-orang dapat mengenakan sneakers virtual melalui aplikasi dengan memanfaatkan teknologi AR. Bukan hanya itu, strategi inovatif bersama Roblox juga berhasil ditunjukkan dengan pameran Gucci Garden Archetypes yang diselenggarakan di Florence, Italia, yakni pameran virtual yang bisa dinikmati dari seluruh dunia tanpa menghilangkan estetika dari ruang pameran. Di tahun 2022, mungkin akan semakin banyak rumah mode yang mengadopsi langkah ini––pengembangan ruang dan pengalaman 3 dimensi dengan AR–– demi menjamah lebih banyak konsumen serta meningkatkan pemasaran.


3. Aset 3 Dimensi

Model AI/
Model AI kreasi HUM.AI.N mengenakan Alexander Wang/ Foto: instagram.com/hum.ai.n

Pengalaman 3 dimensi akan semakin disempurnakan dengan berbagai eksplorasi, seperti fashion show digital, items non-NFT (koleksi Gucci yang dipamerkan dalam game Roblox), skins dalam game, avatar, hingga model dengan rupa realistis dikembangkan oleh HUM.AI.N. Penggalian teknologi digital seakan tidak terbatas untuk menciptakan dunia virtual yang semakin serupa dengan realita.

 

Bagaimana Minat Konsumen terhadap Digitalisasi Fashion?

Kreasi haute couture digital dari label Auroboros/
Kreasi haute couture digital dari label Auroboros/ Foto: instagram.com/auro.boros

Maraknya NFT memberikan sinyal bahwa bisnis dan gaya hidup di dunia maya berhasil mengundang banyak orang untuk ikut terjun ke dalamnya, mulai dari generasi Z, millennial, dan generasi Alpha. Melansir The Interline, NFT Karl Lagerfeld yang berjumlah 777 items dan masing-masing berharga 77 Euro berhasil terjual hanya dalam 33.77 detik. Itu merupakan salah satu dari sekian banyak bukti bahwa konsumen memiliki minat tinggi, baik karena mereka mengetahui potensi besar investasi digital maupun karena FOMO (fear of missing out). Jika Beauties tertarik, kamu juga bisa membeli NFT di marketplace, seperti di OpenSea, THE DEMATERIALISED, Metajuku, dan lain-lain, lho!

 

Bagaimana Industri Fashion Menjawab Digitalisasi Ini? 

Body suit kreasi rumah mode digital Auroboros/
Body suit kreasi rumah mode digital Auroboros/ Foto: instagram.com/auro.boros

Perusahaan konsultan McKinsey merekomendasikan 10 tema yang harus diperhatikan bagi pelaku industri fashion di tahun 2022, beberapa diantaranya ialah fashion harus bisa beradaptasi untuk menjawab permintaan konsumen dengan mengambil kesempatan yang ditawarkan dunia digital. Pelebaran sayap industri fashion di metaverse juga akan membangkitkan industri dari keterpurukan yang terjadi selama pandemi. Pemasaran dalam sosial media menjadi opsi efektif dalam penjualan yang langsung merujuk target pasar. Selain memerhatikan produksi fashion berkepanjangan yang semakin diprioritaskan konsumen di masa mendatang, digitalisasi mengharuskan industri fashion perlu mengambil sumber daya manusia ahli di bidang teknologi sebagai langkah strategis. Sebagai contoh, rumah mode fashion digital Auroboros yang mengembangkan konsep biomimicry.

 

Akankah Fashion Metaverse Menggantikan Produk Fisik di Masa Depan?

Sneakers RTFKT/
Sneakers RTFKT/ Foto: rtfktstudios.medium.com

Naiknya NFT ke permukaan menimbulkan spekulasi adanya perubahan radikal terhadap pasar secara global. Namun, tidak bisa dihindari bahwa benda fisik akan senantiasa eksis dan dibutuhkan dalam kehidupan. Startup untuk mengembangkan pembuatan objek digital menjadi menjadi fisik akan menjadi hal yang akan dicari investor dan konsumen di tahun 2022 nanti. Misalnya, RTFKT yang saat ini telah diakuisisi oleh perusahaan NIKE. Melalui program forging yang dikembangkan RTFKT, kamu bisa memiliki NFT yang kamu miliki dalam wujud fisik––menjadikan barang one-of-a-kind, sustainable, dan semakin eksklusif.

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id