sign up SIGN UP

Nggak Hanya Tas Branded, Koleksi Sneakers Juga Dapat Jadi Investasi Menguntungkan

tyana | Rabu, 03 Nov 2021 20:30 WIB
Nggak Hanya Tas Branded, Koleksi Sneakers Juga Dapat Jadi Investasi Menguntungkan
caption

Belakangan ini, sneakers menjadi fashion item yang tren di kalangan anak muda. Modelnya yang manarik dan nyaman digunakan membuat tidak sedikit orang rela mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkan barang yang diinginkan. Sama halnya dengan tas branded, sneakers juga dapat dijadikan investasi untuk masa depan.

Berdasarkan data dari Financial Times, investasi sepatu ini telah mencapai lebih dari 2 miliar USD pada tahun lalu, dan diperkirakan akan naik setiap tahunnya. Namun, tidak semua sneakers memiliki harga jual lebih apabila dijual kembali. Untuk kamu yang tertarik melakukan investasi fashion item ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar mendapatkan keuntungan.

Koleksi Barang Limited Edition

Investasi sneakers untuk puluhan juta
Investasi sneakers untuk puluhan juta/ Foto: Instagram/ Kyliejenner

Hal pertama yang harus kamu pilih saat ingin melakukan investasi jenis ini adalah dengan mengoleksi item limited edition. Banyak brand memberikan eksklusivitas pada konsumen dengan membatasi produksi barang. Memiliki barang yang hanya di jual terbatas dapat memberikan kesenangan sendiri sehingga menyebabkan orang rela untuk membayar lebih.

Seperti salah satunya adalah Off-White x Air Jordan 1 yang hanya dirilis sekali tahun 2017 lalu. Harga awal dari sepatu ini hanya sekitar Rp2 jutaan, namun harga sekarang dapat mencapai Rp100 juta dan diperkirakan akan naik setiap tahunnya. Dapat untung banyak nih, Beauties.

Memiliki Nilai Sejarah

Investasi sneakers untuk puluhan juta
Investasi sneakers untuk puluhan juta/ Foto: Instagram/ Selenagomez

Selain barang limited edition, kita juga tetap dapat mendapatkan keuntungan dengan mengoleksi sneakers yang memiliki nilai sejarah. Sejarah disini dapat berbagai hal seperti koleksi pertama, pernah digunakan atlet saat menang, ataupun memiliki ikatan dengan kejadian yang tidak terlupakan.

Sepatu yang memiliki nilai sejarah salah satu contohnya adalah Nike Air Yezzy. Dalam wawancaranya bersama wolipop detik, Rayi personil grup RAN dan kolektor sneakers mengungkapkan bahwa harga sepatu jenis ini naik dari harga awal Rp3 juta menjadi Rp12 juta saat dijual kembali. Hal ini dikarenakan model ini merupakan koleksi pertama Air Yezzy bersama Nike sebelum kemudian berkolaborasi dengan Adidas.

Memiliki Hobi Mengoleksi Sneakers

Investasi sneakers untuk puluhan juta
Investasi sneakers untuk puluhan juta/ Foto: Instagram/Bellahadid

Modal utama dari investasi ini adalah memiliki hobi mengoleksi sneakers. Hobi ini juga dapat memberikan pemahaman tentang seberapa berharga nilai dari fashion item ini, sehingga kita akan lebih mudah untuk menemukan item mana yang berpeluang besar memberikan keuntungan di kemudian hari.

Perawatan Sneakers

Investasi sneakers untuk puluhan juta
Investasi sneakers untuk puluhan juta/ Foto: Instagram/ Puma

Beauties, siapa yang ingin membeli sepatu bekas dengan harga tinggi apabila kondisinya rusak? Pastinya orang akan memikir ulang untuk membeli sepatu tersebut. Untuk itu perawatan menjadi hal yang sangat penting untuk mendapatkan harga yang tinggi.

Dalam perawatan juga tidak boleh sembarangan, sedikit sobekan ataupun bercak noda dapat menurunkan harga dari sneakers. Maka agar harga dapat bersaing, kita perlu menjaga kondisi sepatu ini tetap terlihat baru.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id