sign up SIGN UP

Ini Cara Membersihkan Sepatu Putih Sesuai dengan Bahan, Ternyata Nggak Boleh Asal Lho

Astari Dewi Larasati | Rabu, 06 Oct 2021 16:30 WIB
Ini Cara Membersihkan Sepatu Putih Sesuai dengan Bahan, Ternyata Nggak Boleh Asal Lho
caption

Cocok dikenakan dengan busana apapun, menjadi salah satu alasan mengapa sneakers warna putih menjadi favorit. Nggak heran kalau semua orang setidaknya punya satu fashion item ini. Beauties bisa memakainya dengan denim favorit, rok mini atau midi, celana kargo, suit, mini dress hingga pakaian olahraga. Pokoknya nggak akan pernah nyesal kalau punya sepatu putih.

Sayangnya, sepatu putih punya kelemahan diantaranya mudah kotor dan mudah tergores. Sehingga membuatnya butuh perawatan ekstra dibandingkan sepatu warna gelap. Setiap bahan sepatu juga membutuhkan perawatannya tersendiri. Ada beberapa langkah untuk membersihkan sepatu putih sesuai bahannya.

Canvas Sneakers

Cara membersihkan sepatu canvas warna putih.
Pinterest.com/rarove

Sebelum membersihkan canvas sneakers, sebaiknya periksa labelnya terlebih dulu untuk memastikan sepatu tersebut dapat dicuci dengan mesin. Lepaskan sol dan tali sepatu, kemudian bersihkan sepatu kets secara terpisah. Gunakan air dingin, hindari air panas karena bisa membuat sepatu rusak dan menyusut. Cuci dengan gerakan memutar hingga sepatu tampak bersih. Lalu pakai handuk basah untuk menghilangkan kotoran serta busa berlebih.

Leather Sneakers

Cara membersihkan sepatu kulit warna putih.
Pinterest.com/beqinofashion

Sebenarnya sepatu kulit warna putih cukup mudah dirawat, karena nggak mudah menempel kotoran dan noda seperti sepatu berbahan dasar lainnya. Sebelumnya pastikan untuk memeriksa labelnya apabila ada perawatan khusus saat mencuci. Tapi kalau nggak ada cara khusus bisa lap dengan kain atau magic eraser. Pastikan untuk mengeringkan sepatu setelah selesai, sehingga nggak ada kemungkinan air atau residu yang bisa merusak bahan.

Sol Sneakers

Cara membersihkan sol sneakers warna putih.
Pinterest.com/shopplexs

Nggak hanya sepatu bagian atas saja yang harus dibersihkan, bagian bawah seperti sol warna putih juga perlu dibersihkan. Selalu pastikan mencuci sol sepatu secara terpisah. Karena sol dapat menyerap kelembapan sehingga membuatnya sulit untuk dikeringkan. Kalau nggak bisa dicuci pakai mecin, maka cucilah dengan sikat lembut yang dicelupkan ke dalam air sabun.

Beauties juga bisa memakai sponge untuk menyerap air. Setelah dibersihkan, taburi sol pakai soda kue untuk menghilangkan bau. Kalau sol sudah kering, bersihkan sisa soda kue dan masukkan kembali ke dalam sepatu kets putih. Sol sepatu sering diabaikan kebersihannya, padahal bagian ini sama pentingnya. 

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id