Mengenal Label Srikaya, Brand Lokal Kebaya dengan Cita Rasa Gen Z

Dimitrie Hardjo | Beautynesia
Selasa, 05 Aug 2025 15:00 WIB
Mengenal Label Srikaya, Brand Lokal Kebaya dengan Cita Rasa Gen Z
Foto: Instagram.com/nona.srikaya

Kebaya bukan hanya sekadar busana, melainkan sebuah identitas bangsa dan cerminan karakter perempuan Indonesia. Warisan budaya ini patut dibanggakan dan dilestarikan, Beauties. Namun persona kebaya kerap dianggap "kuno" dan "kaku" di mata generasi muda yang menaruh hati pada busana modern selaras perkembangan tren.

Stigma tersebut berhasil dipatahkan oleh brand lokal kebaya Srikaya. Didirikan oleh Thiifa bersama kakaknya, Dani yang merupakan seorang perancang busana, pada tahun 2022, Srikaya menjadi salah satu brand yang mendapat sorotan kaum muda, khususnya para gen Z yang mengagumi gaya ekspresif dan berani.

Namanya makin melejit ketika karya-karyanya dikenakan selebritas tanah air, seperti Tara Basro dan Maudy Ayunda dalam kampanye #KitaBerkebaya oleh Indonesia Kaya dalam rangka Hari Kebaya Nasional 2025. Yuk, kenalan dengan brand Srikaya!

Mendalami Budaya Melalui Kebaya

Kebaya Nona Srikaya

Kebaya Nona Srikaya/ Foto: Instagram.com/nona.srikaya

Merintis bisnis Nona Srikaya tidak menjadikannya seorang ahli budaya, melainkan pembelajar. Latar belakang keluarga yang akrab dengan budaya Jawa, mulai dari nenek yang menggeluti kerajinan tangan hingga kakek seorang dalang, serta video FYP TikTok yang diunggahnya viral pada tahun 2022, Thiifa tergerak untuk mendirikan label Srikaya bersama Dani, menggabungkan ciri khas gaya personal penuh karakter dan berjiwa muda dengan busana tradisional tersebut. 

Dalam talkshownya di Kebaya Fest 2025 di Pos Bloc Jakarta, Sabtu (26/7/2025), dengan belajar lebih banyak tentang kebaya dan budayanya, dia berharap bisa memberi napas lebih panjang pada kebaya dengan membawanya ke masa kini, sambil tetap mengindahkan pakem. Warna-warni yang vibrant, motif yang atraktif, siluet hingga detail aksen yang beri daya tarik ditemukan dalam kebaya-kebaya koleksi Nona Srikaya, Beauties.

Self-Manufacture dan Kreativitas Personal

Kebaya Nona Srikaya

Dani dan Thiifa dari Nona Srikaya/ Foto: Instagram.com/nona.srikaya

Proses pembuatan kebaya Nona Srikaya tak lepas dari usaha banyak orang. Mulai dari sang kakak yang merancang kebaya dan fashion items Srikaya sampai 7 orang penjahit in-house yang sudah dianggap keluarga. “Mereka juga terlibat di proses pembuatan kebaya Srikaya di bagian kreatif,” cerita Thiifa kepada Beautynesia (1/8/2025). Sebagai seorang muse dan stylist, kebaya rancangan Srikaya pun berotasi pada perpaduan unik Thiifa styling pakaian, terutama kebaya. Styling tersebut yang diimplementasikan pada kebaya-kebaya klasik, seperti kutubaru, janggan, kartini, sampai kebaya encim.

“Kebaya dan segala adjustment dan improvisasinya itu terinspirasi dari cara aku selama ini styling pakaianku terutama kebaya, dan kakakkulah yang menjadikannya produk. Lalu, setelah jadi produk pun aku tetap tambahkan opsi untuk alternatif pemakaiannya,” lanjutnya. Selain kebaya, Nona Srikaya juga memadukan kebaya kekinian kreasinya dengan bawahan yang menambah pesona tampilan. Misalnya seperti rok lilit satu piece tapi terdiri dari beberapa jenis kain, warna, dan pola, “karena aku selalu layering pakai apapun dan tabrak tabrakin warna dan motif,” pungkas Thiifa.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE