sign up SIGN UP

Panduan Memilih Model Kacamata Sesuai Bentuk Wajah

Dimitrie Hardjo | Jumat, 22 Oct 2021 08:15 WIB
Panduan Memilih Model Kacamata Sesuai Bentuk Wajah
caption

Tidak jarang ditemukan orang yang harus memakai kacamata untuk membantu penglihatan, baik akibat miopi (rabun jauh), hipermetropi (rabun dekat), presbiopi (mata tua), maupun astigmatisme (silinder). Kacamata berperan penting untuk menunjang penglihatan ketika terjadi hal-hal seperti yang disebutkan. Karenanya, pemilihan kacamata yang tepat menjadi penting mengingat benda mungil ini perlu dikenakan sehari-hari. 

Namun saat ini kacamata juga menjadi fashion item yang secara praktis membuat penampilan semakin fun. Variasi bentuk kacamata menimbulkan kegalauan untuk memilih, terutama dari bentuk frame atau bingkai kacamata yang tepat sering terjadi. Frame kacamata yang sesuai bentuk wajah juga perlu diperhatikan, baik untuk kamu yang wajib maupun yang hanya sekadar ingin mengenakannya. Nah, buat Beauties yang masih bingung bingkai kacamata seperti apa yang cocok dengan bentuk wajahmu, kamu bisa mengetahui selengkapnya di bawah ini ya.

Kiat Memilih Bentuk Kacamata Sesuai Bentuk Wajah


1. Bentuk Wajah Kotak: Bingkai Tipis dan Melingkar

Bingkai melingkar untuk wajah kotak/
Bingkai melingkar untuk wajah kotak/ Foto: pinterest.com/Mainá Belli - Looks Midsize

Wajah kotak lebih terlihat tegas sehingga kacamata dengan sudut yang tidak terlalu tajam akan menyeimbangi bentuk wajah ini. Kacamata dengan bentuk melingkar dengan bingkai tipis menjadi pilihan tepat, misalnya bentuk bulat atau oval. Dengan begitu, wajah kotak yang angular dapat diminimalisir. 

2. Bentuk Wajah Bulat: Bingkai Kotak dengan Sudut Tegas

Kacamata bersudut untuk wajah bulat/
Kacamata bersudut untuk wajah bulat/ Foto: pinterest.com/wallpapercan

Lekukan wajah yang lembut dengan bagian tulang pipi agak lebar pada bentuk wajah bulat dapat dipertegas dengan menggunakan kacamata yang sesuai, Beauties. Carilah kacamata dengan sudut untuk mempertegas bentuk wajah. Kacamata berbingkai kotak atau bentuk geometris lainnya akan cocok untuk bentuk wajah bulat. Sedikit tips untukmu, pastikan bagian bawah kacamata jatuh tepat di atas tulang pipi ya.

3. Bentuk Wajah Hati: Bingkai Oval dan Cat-Eye

Bingkai cat eye untuk wajah bentuk hati/
Bingkai cat eye untuk wajah bentuk hati/ Foto: pinterest.com/DSCENE

Lebar di bagian pelipis dan tulang pipi yang tinggi, kacamata dengan bingkai lebar akan cocok untuk melengkapi bentuk wajah hati. Kacamata dengan bagian bawah yang melengkung dapat memberikan keseimbangan. Misalnya, kamu bisa mengenakan kacamata dengan bingkai oval, bingkai tipis, atau berbentuk cat-eye.

4. Bentuk Wajah Oval: Bingkai Besar dan Bentuk Mencolok

Kacamata berbingkai besar untuk wajah oval/
Kacamata berbingkai besar untuk wajah oval/ Foto: pinterest.com/Firmoo

Bentuk wajah oval merupakan bentuk wajah paling universal. Bentuk wajah ini memungkinkan pemiliknya bereksperimen dengan berbagai bentuk kacamata, bahkan mengikuti tren yang ada. Jika kamu punya wajah oval, kamu bisa mengenakan bentuk kacamata berbingkai besar dengan bentuk unik sesuai dengan gayamu, Beauties!

5. Bentuk Wajah Segitiga: Bingkai Melingkar dan Bersudut

Aviator untuk bentuk wajah segitiga/
Aviator untuk bentuk wajah segitiga/ Foto: pinterest.com/Urban Outfitters

Bentuk wajah segitiga memiliki proporsi bagian bawah yang lebih lebar dibandingkan atas wajah. Dengan begitu, kamu bisa mempertimbangkan untuk membawa siluet yang lebih mencolok di bagian atas kacamata, seperti campuran antara bentuk melingkar dan bersudut. Contohnya, mengenakan kacamata bentuk D-frames, aviator, atau cat-eye.

Itulah panduan memilih kacamata sesuai bentuk wajah yang bisa dicoba, Beauties. Menemukan yang tepat untukmu?

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id