STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Ramai Dikritik Pakai Gaun 'Kepala Singa', Kylie Jenner Justru Dibela PETA! Ini Alasannya

Rayoga Firdaus | Beautynesia
Rabu, 25 Jan 2023 08:30 WIB
Ramai Dikritik Pakai Gaun 'Kepala Singa', Kylie Jenner Justru Dibela PETA! Ini Alasannya
Foto: Instagram KylieJenner

Gaun berhiaskan kepala singa palsu yang dipakai Kylie Jenner saat menonton peragaan koleksi haute couture rumah mode Schiaparelli tak hanya menuai pujian tapi juga kritikan.

Rumah mode Schiaparelli telah memberi keterangan bahwa kepala singa tersebut bukanlah taxidermy atau hewan asli yang diawetkan. Dalam keterangannya, hiasan kepala singa dan hewan lainnya yang turut hadir pada koleksi ini dibuat dari bulu sintetis, foam, dan resin.

Bahkan pada unggahannya di Instagram tertulis dalam huruf kapital bahwa tidak ada hewan yang disiksa dalam pembuatan busana ini.

Namun bagi sejumlah netizen hal ini tidak sesederhana bahwa kreasi tersebut merupakan replika. Mereka menilai hiasan kepala tersebut juga dianggap mempromosikan perburuan dan kekerasan.

Kylie Jenner pakai gaun kepala singa Schiaparelli haute coutureKylie Jenner pakai gaun kepala singa Schiaparelli haute couture/ Foto: Instagram KylieJenner

"Hewan menginspirasi ketika mereka HIDUP. Palsu atau tidak, ini adalah pesan yang salah untuk dikirim ketika perburuan liar masih menjadi hal yang sangat penting. TIDAK maaf" tulis salah satu akun di unggahan Schiaparelli.

Sementara yang lain mempertanyakan apakah ada pihak internal Schiaparelli yang mengontrol akan isu terkait sebelum membuat desain ini.

"Saya dapat menulis keterangan panjang tentang betapa tidak pantasnya hal ini tetapi telah disampaikan berulang kali di bagian komentar jadi saya akan bertanya hal yang biasanya saya herankan dalam skenario seperti ini, apakah Anda memiliki tim yang harus menyetujui apa yang Anda keluarkan dan apakah mereka itu beragam dan vokal membela alam, ya?".

Di tengah ramainya kritikan, organisasi People for the Ethical Treatment of Animals (PETA) yang biasanya selalu lantang mengkritik aksi eksploitasi dan kekerasan terhadap hewan justru kali ini memberikan pendapat berbeda.

Pembelaan dari PETA

Dalam keterangannya kepada laman Page Six Style, Ingrid Newkirk selaku Presiden PETA justru mengapresiasi akan kreasi busana Schiaparelli tersebut dengan menyebutnya "sangat inovatif".

PARIS, FRANCE - JANUARY 23: Kylie Jenner attends the Schiaparelli Haute Couture Spring Summer 2023 show as part of Paris Fashion Week  on January 23, 2023 in Paris, France. (Photo by Jacopo Raule/Getty Images)PARIS, FRANCE - JANUARY 23: Kylie Jenner attends the Schiaparelli Haute Couture Spring Summer 2023 show as part of Paris Fashion Week on January 23, 2023 in Paris, France. (Photo by Jacopo Raule/Getty Images)/ Foto: Jacopo Raule/Getty Images

Ia juga turut memuji penampilan Kylie dan para supermodel yang memeragakan ketiga gaun berhiaskan kepala hewan tersebut di fashion show Schiaparelli yakni Irina Shayk, Shalom Harlow, dan Naomi Campbell.

"Penampilan Kylie, Naomi, dan Irina merayakan keindahan hewan liar dan seolah jadi pernyataan menentang perburuan liar, di mana singa dan serigala dicabik-cabik untuk memuaskan ego manusia," tambahnya.

Schiaparelli haute couture spring 2023Schiaparelli haute couture spring 2023/ Foto: Filippo Fior/Gorunway/Vogue

Pemakaian bulu sintetis atau faux fur oleh Schiaparelli pada kreasi ini diharapkan PETA jadi contoh bagi yang lain.

"Kami mendorong semua orang untuk tetap menggunakan desain 100 persen bebas kekejaman yang mengetengahkan kepintaran manusia dan sembari mencegah penderitaan hewan."

Tak hanya PETA, Irina Shayk juga turut angkat suara mengenai kreasi gaun yang dipakainya.

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE