sign up SIGN UP

Sebagai Negara Ketiga Pengembang Fashion Muslim Terbaik, Indonesia Bakal Jadi Kiblat Fashion

Ayuliy Lestari | Rabu, 29 Sep 2021 22:00 WIB
Sebagai Negara Ketiga Pengembang Fashion Muslim Terbaik, Indonesia Bakal Jadi Kiblat Fashion
caption

Fashion muslim di Indonesia kini berkembang dengan pesat bahkan disebut-sebut bisa menjadi kiblat fashion muslim dunia. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, banyak brand lokal busana muslim baru yang bermunculan, sederet selebriti tanah air juga mulai berkontribusi pada bisnis busana muslim.

Selain itu, tren busana muslim di Indonesia juga semakin variatif. Para hijabers seakan ingin menampilkan gaya fashion muslim terbaik sesuai karakter masing-masing. Tak hanya hadir dengan balutan gamis, gaya fashion muslim juga mengikuti tren dunia yang sedang berkembang. So, tak heran jika Indonesia berada pada deretan negara pengembang fashion muslim terbaik dunia.

Saat Ini Indonesia Menduduki Peringkat ketiga

Fashion muslim Indonesia
Fashion muslim Indonesia/Foto: Instagram.com/Mofpofficial

Menurut data Kementerian Perindustrian, Indonesia menduduki peringkat ketiga sebagai negara yang mengembangkan fashion muslim terbaik di dunia setelah Uni Emirat Arab dan Turki.

Merujuk dari The State Global Islamic Ecomony (SGIE) Report 2020/2021, proyeksi konsumsi fashion muslim dunia pada 2024 akan mencapai US$311 miliar. Sedangkan konsumsi fashion muslim Indonesia pada tahun 2019, senilai US$16 miliar, atau terbesar kelima di dunia setelah Iran, Turki, Saudi Arabia dan Pakistan. Hal ini menunjukkan kemajuan yang cukup signifikan pada industri fashion muslim di Indonesia.

Kemenperin Menggelar Modest Fashion Project (MOFP) Sebagai Bentuk Dukungan

Fashion muslim Indonesia
Fashion muslim Indonesia/Foto: Instagram.com/Mofpofficial

Untuk mendukung fashion muslim di Indonesia, Kementerian Perindustrian menyelenggarakan Modest Fashion Project (MOFP) 2021.

MOFP merupakan kompetisi desain dan konsep bisnis fashion muslim yang diselenggarakan Direktorat Jenderal IKMA Kemenperin sejak 2018. Seluruh peserta yang dinyatakan lolos sebagai finalis 20 besar kompetisi MOFP berhak mendapatkan program pembinaan dari Ditjen IKMA selama dua tahun berupa coaching start up IKM fashion muslim dan berbagai kegiatan pembinaan lainnya.

Menurut Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka Kemenperin, Reni Yanita, kompetisi MOFP bertujuan untuk memberikan wadah dan panggung kepada desainer muda agar mampu menjadi wirausaha fashion muslim yang berdaya saing, karena peran desainer sangat penting dalam menentukan arah tren serta pengembangan inovasi baru dalam pengembangan produk fashion muslim di Indonesia.

Indonesia Berpeluang Ada Pada Urutan Pertama

Fashion muslim Indonesia
Fashion muslim Indonesia/Foto: Instagram.com/Mofpofficial

Dengan beragam pembinaan dan dukungan terhadap industri fashion muslim Tanah Air, diharapkan Indonesia dapat menjadi salah satu pusat fashion muslim dunia. Apalagi keberlangsungan industri fashion juga akan berdampak langsung pada sektor pendukungnya seperti penyedia bahan baku, logistik, penjahit dan sektor terkait lainnya.

Melihat dari segala potensi, Reni Yanita juga sangat optimis, Indonesia akan berpeluang berada pada urutan pertama dan menjadi salah satu pusat fashion muslim dunia.

Mengingat industri fashion Muslim merupakan bagian dari industri pakaian jadi yang memiliki kontribusi cukup besar terhadap perekonomian nasional, So kamu juga bisa menunjukkan dukunganmu dengan membeli produk fashion muslim lokal, Beauties.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

 

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id