sign up SIGN UP

Simak Tips Menjemur Pakaian Agar Tetap Awet, Nggak Mudah Kusut Atau Melar!

Sierra Muktisari | Beautynesia
Sabtu, 05 Feb 2022 18:30 WIB
Simak Tips Menjemur Pakaian Agar Tetap Awet, Nggak Mudah Kusut Atau Melar!
caption
Jakarta -

Beauties, tahukah kamu jika menjemur pakaian dilakukan tidak hati-hati akan membuat pakaian cepat rusak? Mulai dari pakaian yang terlihat kusut, bahannya yang sudah tidak nyaman dipakai, hingga kondisi pakaian yang 'melar'.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa mencoba beberapa tips menjemur pakaian agar tetap awet berikut ini!

Hindari Memeras Pakaian dan Menggantung Saling Berdekatan

Hindari memeras pakaian hingga keringHindari memeras pakaian hingga kering/ Foto: pexels.com/OlgaLioncat

Siapa di antara kamu yang masih sering memeras pakaian? Mulai sekarang, hindari hal tersebut ya, Beauties. Memeras pakaian sampai kering sangat tidak disarankan, lho. Tarikan yang terlalu kuat justru akan membuat pakaian menjadi lebih melar dan kusut, terutama bila sudah kering nanti.

Selain itu, hindari menggantung pakaian dengan jarak yang saling berdekatan, ya. Terlebih jika pakaian tersebut berbahan tebal atau memiliki lengan panjang. Bukannya semakin bersih, justru pakaian malah berbau apek karena tidak bisa kering secara menyeluruh.

Mengibas Pakaian Agar Tak Mudah Kusut

Mengibas pakaian agar tak mudah kusutMengibas pakaian agar tak mudah kusut/ Foto: pexels.com/TeonaSwift

Dibanding memeras pakaian, kamu bisa mencoba mengibas pakaian sebelum digantung. Setelah itu, tarik perlahan bagian ujung baju sampai menjadi rata. Teknik ini akan membantu pakaian lebih cepat kering dan tidak terlalu kusut.

Namun, jika kamu memiliki budget lebih, tidak ada salahnya untuk berinvestasi dengan membeli mesin pengering pakaian. Selain membuat pakaian yang habis dicuci tidak terlalu basah, alat ini juga tidak terlalu merusak tekstur kain.

Menggunakan Gantungan atau Penjepit Pakaian

Menggunakan gantungan atau penjepit pakaianMenggunakan gantungan atau penjepit pakaian/ Foto: pexels.com/KarolinaGrabowska

Saat akan menjemur pakaian, pastikan kamu memperhatikan jenis pakaian tersebut terlebih dahulu. Apalagi, setiap jenis pakaian memiliki teknik dan posisi menjemur yang berbeda.

Misalnya, untuk pakaian berbahan kaos, tidak akan masalah jika kamu menjepitnya terlipat di tali jemuran. Sedangkan, kemeja harus menggunakan gantungan baju agar struktur garis bahu tetap stabil.

Jemur Pakaian di Bawah Sinar Matahari

Menjemur pakaian di bawah terik matahariMenjemur pakaian di bawah terik matahari/ Foto: pexels.com/SusanneJutzeler

Sebelum menjemur pakaian, sebaiknya kamu memperhatikan waktu dan kondisi cuaca terlebih dahulu, Beauties. Pasalnya, menjemur pakaian secara langsung di bawah sinar matahari dalam jangka waktu lama, justru hanya akan membuat warna pakaian lebih cepat pudar dan merusak teksturnya.

Namun, hindari juga menjemur pakaian di dalam ruangan dan saat malam hari karena pakaian akan lama kering dan berbau apek. Sebaiknya, pakaian dijemur di luar ruangan dalam waktu 3-5 jam di saat matahari sedang cerah. Setelah kering merata, kamu bisa mulai mengangkatnya masuk ke dalam rumah.

Selain itu, kamu juga bisa memasang tenda transparan di tempat jemuran baju untuk menghindari cahaya matahari yang terlalu terik mengenai pakaian secara langsung. Kamu bisa menemukan perlengkapan mencuci dan menjemur pakaian melalui website Ruparupa.com juga, lho.

Nah, itu beberapa tips menjemur pakaian yang wajib kamu perhatikan. Jangan sampai pakaianmu menjadi cepat rusak karena kesalahan kecil ini ya, Beauties. Selamat mencoba!

----------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id