sign up SIGN UP

Suka Pakai Outfit yang 'Itu-itu Aja'? Bisa Jadi Kamu Sosok yang Jenius

Ayuliy Lestari | Beautynesia
Sabtu, 13 Aug 2022 11:00 WIB
Suka Pakai Outfit yang 'Itu-itu Aja'? Bisa Jadi Kamu Sosok yang Jenius
caption

Beauties, apakah kamu pernah bertemu beberapa orang entah itu teman, sahabat atau bahkan gebetan yang terlihat memakai outfit yang sama atau itu-itu saja setiap bertemu? Atau kamu juga melakukan hal serupa?

Apapun kegiatannya, kamu akan memakai outfit yang sama. Meskipun kamu memiliki banyak koleksi pakaian di lemari. Kira-kira kenapa sih? Mungkin kamu akan menjawab bahwa pakaian tersebut adalah outfit ternyaman.

Namun ternyata, seorang pakar neurologi dan psikologi, Daniel Levitin punya fakta menarik akan hal tersebut. Simak yuk!

Orang-orang Genius Memakai Pakaian yang Sama Berulang Kali

Pakaian orang genius
Pakaian orang genius/Foto: Instagram.com/Zuck

Steve Jobs, pendiri sekaligus mantan CEO Apple ini kerap mengenakan sweater berwarna hitam lalu dipadukan dengan celana jeans. Sedangkan Mark Zuckerberg, pendiri Facebook bahkan sangat rutin memakai kaos abu-abu.

Einstein bahkan kerap menggunakan jas yang juga berwarna abu-abu dan Steve Jobs sering mengenakan baju turtle neck hitam sepanjang tahun.

Pemilihan pakaian tersebut ternyata bukan tanpa alasan, Beauties. Orang-orang jenius akan menggunakan pakaian yang sama karena tidak ingin energi dan pikiran terbuang sia-sia.

Memakai Outfit yang Itu-itu Saja Dapat Mengurangi Beban Pikiran

Pakaian orang genius
Pakaian orang genius/Foto: Stevejobs

Menurut Daniel Levitin, memakai pakaian yang sama secara terus-menerus dapat mengurangi beban pikiran. Apalagi otak hanya mampu memikirkan tiga hal secara bersamaan sehingga dengan memilih pakaian yang nyaman tanpa harus memikirkan padu padan lain, dapat mengurangi kerja keras pada otak.

Anggapan bahwa otak dapat memikirkan lima hingga sembilan hal sekaligus sangat berlebihan dan tidak benar. Otak hanya mampu memikirkan tiga hal, itu sudah maksimal. Memikirkan lebih dari tiga hal di saat bersamaan akan membuat otak bekerja lebih keras dan mengonsumsi lebih banyak energi,” ungkap Levitin, dikutip dari CNN.

Memakai Outfit yang Itu-itu Saja Baik Untuk Pengambilan Keputusan

Pakaian orang genius
Pakaian orang genius/Foto: Instagram.com/Zuck

Levitin juga menjelaskan bahwa ketika otak terlalu banyak berpikir dan kelelahan maka pengambilan keputusan pun akan terpengaruh.

Dalam satu hari otak bisa memproses 74 GB data setara dengan 9 keping DVD, namun ketika informasi masih terlalu banyak maka pikiran yang diolah akan menumpuk dan otak akan mengolah sehingga pengambilan keputusan akan memburuk. Orang-orang jenius tahu akan hal tersebut.

Dalam sesi tanya jawab di Menlo Park, Mark Zuckerberg mendapatkan pertanyaan yang menarik perhatiannya, tentang mengapa ia mengenakan kaos yang sama setiap harinya.

Aku ingin membuat hidup lebih jelas agar bisa membuat beberapa keputusan sesedikit mungkin. Aku berada di posisi yang beruntung di mana Aku bangun setiap hari, membantu melayani lebih dari miliaran orang dan aku merasa tidak melakukan pekerjaan dengan baik jika aku menghabiskan lebih banyak waktu untuk hal-hal konyol yang tidak penting dalam hidupku,” kata Mark Zuckerberg.

Pakaian orang genius
Pakaian orang genius/Foto: Cristophernolan

Sutradara film, Christopher Nolan juga kerap memakai jaket gelap dan kemeja biru. Dilansir dari New Work Times, alasan ia memakai outfit yang sama adalah tidak ingin membuang energi untuk memilih pakaian baru setiap harinya.

Yups, orang-orang genius fokus pada tujuan besar, Beauties. Apakah kamu salah satunya?

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id