sign up SIGN UP

Unik! Turnamen Tenis Wimbledon Wajibkan Dress Code Serba Putih untuk Pemain, Ini Alasannya

Dimitrie Hardjo | Beautynesia
Rabu, 06 Jul 2022 10:30 WIB
Unik! Turnamen Tenis Wimbledon Wajibkan Dress Code Serba Putih untuk Pemain, Ini Alasannya
caption

Wimbledon merupakan salah satu pertandingan tenis paling prestise dari 4 turnamen Grand Slam yang digelar di London, Inggris. Pertandingan yang sudah ada sejak tahun 1877 ini menjadi momen dan pencapaian spesial bagi siapapun yang memenangkannya. Tidak terkecuali pada pertandingan tahun ini yang sedang diselenggarakan mulai 20 Juni - 10 Juli 2022.

Sebagai salah satu turnamen tenis tertua di dunia, terdapat aturan yang ketat di Wimbledon, Beauties. Misalnya aturan outfit putih yang harus dikenakan para atlet tenis ketika sedang berkompetisi. Terbilang unik karena satu-satunya pertandingan yang mengatur dress code, ternyata ada alasan dibaliknya lho! Berikut fakta etika berbusana di Wimbledon yang diambil dari berbagai sumber, Beauties.


1. Alasan Berlakunya Dress Code Wimbledon

Dress code putih partisipan Wimbledon/
Dress code putih partisipan Wimbledon/ Foto: instagram.com/wimbledon

Peraturan dress code yang ditujukan untuk partisipan turnamen ternyata sudah berlaku sejak tahun 1880-an, Beauties. Saat itu, pihak penyelenggara mengatur outfit tennis putih untuk meminimalisir tampilan keringat yang ada di baju. Berbeda dengan warna putih, pakaian olahraga berwarna dinilai membuat keringat lebih tampak–– mereka klaim ini merupakan pemandangan kurang layak dan tak sedap dipandang. Oleh karena sudah berlaku sejak dulu, penyelenggara Wimbledon yang konservatif pun tetap memberlakukan dress code ini sampai sekarang, Beauties.

2. Pemain Tenis yang Tidak Memakai Dress Code

Emma Raducanu di Wimbledon 2021/
Outfit tennis serba putih di Wimbledon/ Foto: instagram.com/wimbledon

Dress code putih menjadi salah satu ciri khas turnamen Wimbledon yang secara ketat dilakukan. Namun, masih ada pemain yang menolak adanya dress code ini. Misalnya, Andre Agassi yang memilih untuk tidak bertanding tahun 1988-1990 karena ia lebih nyaman memakai warna-warna mencolok. Tahun 2013, Roger Federer ditegur karena memakai sol sepatu oranye dan dipaksa untuk berganti di pertandingan berikutnya. Atlet tenis perempuan, Martina Navratilova juga ditegur akibat rok tenis bergaris biru yang dianggapnya sangat berlebihan.

3. Dress Code Penonton Wimbledon

Keluarga kerajaan dan penonton lainnya di Royal Box/
Keluarga kerajaan dan penonton lainnya di Royal Box, Centre Court/ Foto: instagram.com/wimbledon

Ketika partisipan harus menaati dress code all-white ini, bagaimana dengan mereka yang menonton? Tidak ada dress code khusus yang mengatur busana penonton Wimbledon, Beauties. Namun, pakaian rapi dan sopan sangat dianjurkan, terutama jika menonton di lapangan Centre Court dan duduk di Royal Box atau di Court Number One. Selain itu, para penonton dimohon untuk tidak mengenakan busana dengan logo perusahaan, atribut, atau slogan lainnya yang terasosiasi politik atau marketing.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id