sign up SIGN UP

10 Daerah di RI Ini Punya Biaya Hidup Paling Mahal, Ada Bekasi yang Mencapai Rp16 Juta

Tim Redaksi CNBC | Beautynesia
Senin, 18 Apr 2022 15:45 WIB
10 Daerah di RI Ini Punya Biaya Hidup Paling Mahal, Ada Bekasi yang Mencapai Rp16 Juta
caption
Jakarta -

Tak hanya di luar negeri, beberapa daerah di Indonesia pun dikenal memiliki biaya hidup paling mahal, Beauties. Terlebih, mengingat pengeluaran untuk biaya hidup sehari-hari di berbagai daerah pastinya berbeda. Hal tersebut turut dipengaruhi oleh gaya hidup, minat wisata, hingga kemajuan dari suatu daerah.

Pemandangan DKI Jakarta sebagai ibukota Indonesia sebelum pindah/Foto: Pexels/Tom FiskIlustrasi pemandangan di kota/Foto: Pexels/Tom Fisk

Penghitungan biaya hidup untuk sehari-hari biasanya mencakup biaya sewa tempat tinggal, transportasi, hingga makanan. Nah, berikut ini ada 10 daerah di RI yang punya biaya hidup paling mahal! Kira-kira, daerahmu termasuk nggak, Beauties?

1. Jakarta

Jakarta yang merupakan ibukota RI sekaligus pusat bisnis menjadi daerah yang paling banyak dijadikan destinasi untuk merantau bagi masyarakat dari berbagai daerah, Beauties.

Tahun 2018 lalu, Badan Pusat Statistik RI melakukan survei biaya hidup (SBH) yang menunjukkan total rata-rata pengeluaran per kapita di Jakarta sebesar Rp4,4 juta. Sementara untuk rata-rata pengeluaran rumah tangganya ialah Rp16,8 juta.

2. Surabaya

Setelah Jakarta, Surabaya menyusul di urutan kedua dengan rata-rata pengeluaran sebesar Rp4,2 juta per kapita. Sementara, rata-rata pengeluaran rumah tangganya sebesar Rp16,1 juta. Wah, hampir sama dengan pengeluaran rumah tangga di Jakarta ya, Beauties!

Nggak heran, mengingat Surabaya menjadi kota metropolitan terbesar di Jawa Timur, serta menjadi kota terbesar kedua di Indonesia.

3. Bekasi

Di Bekasi sendiri, total rata-rata pengeluaran per kapitanya ialah sebesar Rp4,1 juta. Untuk total rata-rata pengeluaran rumah tangganya sendiri sebesar Rp16,8 juta, di mana Bekasi memiliki jumlah yang setara dengan pengeluaran rumah tangga di daerah Jakarta.

4. Depok

Depok yang berbatasan langsung dengan Jakarta, dikenal sebagai 'rumah' orang-orang yang bekerja di ibukota nih, Beauties. Depok sendiri memiliki pengeluaran per kapita sebesar Rp3,4 juta, sedangkan rata-rata pengeluaran rumah tangganya sebesar Rp13,3 juta.

Selain beberapa daerah tersebut, masih ada 6 daerah lainnya yang dikenal punya biaya hidup tinggi di Indonesia. Yuk, baca SELENGKAPNYA!

-------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id