10 Kemampuan yang Harus Dimiliki Para Pekerja

Rumaysha Milhania | Beautynesia
Jumat, 04 Sep 2020 07:30 WIB
10 Kemampuan yang Harus Dimiliki Para Pekerja
Skill Pekerja/ Sumber: Freepik.com

Dalam mencari pekerjaan, seseorang akan membutuhkan lebih dari sekedar ijazah. Nilai IPK yang tinggi pun tidak akan berpengaruh besar ketika skill dasar bekerja tidak dimiliki. Nah, berikut ini adalah 10 kemampuan mendasar yang harus dimiliki seseorang sebelum melamar pekerjaan. Yuk, simak!

Mendengarkan, berbicara dan menulis adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seseorang yang ingin bekerja.
Bekerja/ Sumber: Freepik.com
  • Keterampilan komunikasi - Mendengarkan, berbicara dan menulis adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seseorang yang ingin bekerja. Biasanya orang-orang menginginkan karyawan yang dapat secara akurat menafsirkan apa yang dikatakan orang lain dan mengatur serta mengekspresikan pikiran mereka dengan jelas.
  • Kerja tim - Dalam lingkungan kerja saat ini, kebanyakan pekerjaan akan melibatkan banyak orang untuk bekerja dalam satu kelompok. Itulah sebabnya para pemilik perusahaan biasanya menginginkan seseorang yang dapat memberikan yang terbaik saat bekerja bersama.
  • Keterampilan analitis dan pemecahan masalah - Pemberi kerja menginginkan orang yang dapat menggunakan kreativitas, penalaran, dan pengalamannya untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah secara efektif.
  • Keterampilan manajemen pribadi - Kemampuan untuk merencanakan dan mengelola banyak tugas dan pekerjaan, menetapkan prioritas dan beradaptasi dengan perubahan kondisi akan menjadi poin tambahan yang menguntungkan.
  • Efektivitas interpersonal - Pengusaha biasanya mencatat apakah seorang karyawan dapat berhubungan dengan baik bersama rekan kerja dan membangun hubungan baik dengan orang lain dalam organisasi.
Pengusaha biasanya mencatat apakah seorang karyawan dapat berhubungan dengan baik bersama rekan kerja dan membangun hubungan baik dengan orang lain dalam organisasi.
Bekerja dalam tim/ Sumber: Freepik.com
  • Melek komputer/ teknis - Meskipun pemberi kerja akan memberikan pelatihan tentang perangkat lunak yang digunakan dalam pekerjaan, mereka juga mengharapkan karyawannya memiliki keterampilan komputer dasar.
  • Keterampilan kepemimpinan/ manajemen - Kemampuan untuk mengambil alih dan mengelola tim dalam menyelesaikan tugas dan mencari solusi untuk suatu masalah sangat penting untuk diperhatikan.
  • Keterampilan belajar - Pekerjaan terus berubah dan berkembang, itulah sebabnya para pemberi kerja menginginkan orang yang dapat dengan cepat tumbuh dan belajar saat perubahan terjadi.
  • Kompetensi akademik dalam membaca dan matematika - Meskipun sebagian besar pekerjaan tidak memerlukan matematika seperti yang dipelajari di sekolah, hampir semua pekerjaan membutuhkan kemampuan membaca untuk memahami instruksi serta matematika dasar.
  • Nilai kerja yang kuat - Ketekunan, kejujuran, kepercayaan diri dan sikap positif adalah kualitas berharga dalam profesi apa pun yang dimiliki oleh seorang karyawan. Para pemberi kerja tentu mencari seseorang dengan integritas tinggi.
Ketekunan, kejujuran, kepercayaan diri dan sikap positif adalah kualitas berharga dalam profesi apa pun yang dimiliki oleh seorang karyawan.
Tips Mencari Kerja/ Sumber: Freepik.com

Nah, itulah 10 kemampuan yang harus dimiliki seseorang untuk bisa melamar pekerjaan. Pastikan untuk dengan baik melatih kemampuan-kemampuan itu agar dapat memperbesar peluang mendapat pekerjaan yang baik dengan cepat.

(arm2/arm2)
CERITA YUK!
Theme of The Month :

Theme of The Month :

Theme of The Month :

Theme of The Month :

Theme of The Month :

TAGS

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE