sign up SIGN UP

LIFE

Takut Salah Pilih Karir? Coba Lakukan Perencanaan Ini, Yuk!

Penny Fatikasari | Kamis, 23 Jul 2020 18:00 WIB
Takut Salah Pilih Karir? Coba Lakukan Perencanaan Ini, Yuk!
caption
Jakarta -

Biasanya setelah lulus kuliah banyak fresh graduate yang mulai mencoba memasukkan lamaran pekerjaan di berbagai instansi ataupun tempat kerja yang mereka incar. Pada kesempatan ini, seorang fresh graduate merasa tertantang untuk menghadapi dunia nyata mulai dari mencari pekerjaan hingga mengembangkan karir yang paling tinggi.

Namun, enggak banyak pula di antara mereka yang merasa takut dan khawatir karena belum memiliki bayangan bagaimana bekerja yang sesungguhnya, hingga profesi pekerjaan apa yang sebenarnya cocok dengan bidangnya. Justru mereka banyak memilih pekerjaan yang enggak sesuai dengan lulusan maupun bidangnya. Maka dari itu, jika kamu merasa takut salah pilih karir, coba lakukan perencanaan berikut ini untuk meminimalisir salah pilih karir, yuk!


Perluas Koneksi dan Relasi dengan Orang-orang dari Berbagai Bidang

Perluas koneksi dan relasi
Perluas Koneksi dan Relasi/Freepik.com

Dalam benakmu tentunya sudah mengetahui apakah profesi pekerjaan yang cocok dengan dirimu, enggak menutup kemungkinan hal tersebut pun bisa kamu raih dengan keteguhan dan semangat kerja kerasmu. Setiap orang tentunya memiliki mimpi dan cita-cita untuk mewujudkan karir dan impiannya jauh ke depan. Tentunya kamu pun enggak boleh melewatkan peluang untuk memperluas koneksi dan relasi antar dirimu dengan orang-orang dari berbagai bidang yang kamu kenal.

Dari mereka kamu pun bisa belajar untuk menambah wawasan ilmu dan pengetahuan, bahkan memiliki kesempatan untuk bekerja sama dengan orang-orang sukses yang tak kamu duga sebelumnya. Jadi, perluas jaringanmu dan jalin hubungan baik dengan mereka, jika kamu berpotensi mereka pun nggak segan untuk mengajakmu bergabung untuk sukses bersama.

Jangan Fokus Pada Satu Pekerjaan

Jangan fokus pada satu pekerjaan
Jangan Fokus Pada Satu Pekerjaan/Freepik.com

Bagi sebagian orang mungkin akan merasa takut jika perusahaan tempatnya bekerja akan mengalami situasi buruk  bahkan pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran dengan kondisi yang enggak bisa diprediksi sebelumnya. Hal ini pun tentunya akan menjadi kekhawatiran bagi seorang karyawan di dalamnya. Di sisi lain, seorang karyawan pun akan merasa bosan dengan profesi yang ia tekuni karena tidak adanya perkembangan jenjang karir. Jika hal ini berdampak pada mental dan fisikmu, maka enggak ada salahnya kamu mencari peluang kerja lainnya yang dapat mengubah dirimu menjadi lebih baik. Jangan takut dicap negatif hanya karena kamu sering berpindah-pindah pekerjaan. Selama hal itu enggak membuatmu buruk, enggak ada salahnya jika kamu ingin menantang dirimu bekerja di tempat lain.

Mengambil Pekerjaan Temporary

mengambil pekerjaan temporary
Mengambil Pekerjaan Temporary/Freepik.com

Kebanyakan pencari kerja lebih memilih menanti pekerjaan yang pasti dengan jenjang karir dan batas waktu yang cukup lama, namun pekerjaan singkat ini terkadang sering diabaikan. Padahal kenyataannya sembari menunggu panggilan pekerjaan di tempat yang kamu inginkan, enggak ada salahnya untuk mengisi waktu luang dengan mengambil pekerjaan temporary ini.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id