Menjadi karyawati baru, apalagi fresh graduate, merupakan hal yang bisa dibilang tidak begitu mudah. Sebab, pertama kamu harus bersaing dalam penerimaan CV dengan orang-orang lain yang sudah lebih berpengalaman bekerja untuk menduduki posisi yang kamu inginkan di perusahaan yang sedang membuka lowongan.
Kedua, kemampuan bekerjamu belum cukup teruji, apalagi bila kamu tidak atau jarang berorganisasi di sekolah dan kampus. Ketiga, ketika nanti kamu diterima, kamu harus bekerja keras dan cerdas membuktikan bahwa kamu layak untuk bekerja di perusahaan yang menerimamu, lolos probation, dan selalu menunjukkan yang terbaik.
Nah, sebagai 'sontekan' untuk kamu agar tidak terlalu kaget dengan atmosfer yang ada di dunia kerja, berikut adalah skill yang harus kamu persiapkan dan kuasai agar terlihat cerdas di dunia kerja dan kamu dipertahankan terus di perusahaan yang telah menerimamu. Simak!
1. Menganalisa
Menganalisa, salah satu skill yang diperlukan perusahaan dari karyawatinya/Foto: Pexels/Lukas |
Melansir Indeed, keterampilan menganalisa masalah dapat membantu tim kerja mengidentifikasi dan memecahkan masalah dengan baik, juga membuat perusahaan lebih produktif dan maju.
Kemampuan menganalisa berhubungan erat dengan cara berkomunikasi dengan orang lain, mengevaluasi pekerjaan, mengecek data dan informasi, meriset, pengambilan keputusan dan efisiensi tempat kerja.
2. Mempelajari Hal Baru dengan Cepat
Belajar cepat, salah satu skill yang dibutuhkan perusahaan dari karyawati fresh graduate/Foto: Pexels/Mikael Blomkvist |
Masih dari Indeed, kemampuan ini berkenaan dengan penyerapan instruksi dan panduan kerja dalam waktu yang singkat. Untuk dapat mempelajari hal baru dengan cepat, diperlukan konsentrasi dan kemampuan multitasking, dan berkomunikasi yang baik dengan tim.
Cara menunjukkan bahwa kamu adalah pembelajar yang cepat adalah kamu mudah beradaptasi di lingkungan baru atau pekerjaan yang variatif, responsif (dapat menerima umpan balik dan saran dengan baik), dapat menerapkan segala kemampuanmu, mandiri (mampu menyelesaikan tugasmu sendiri tanpa pengawasan yang terlalu banyak dari atasan), juga kemampuanmu menetapkan prioritas dan jadwal menyelesaikan suatu pekerjaan.
Mengutip BND, mempelajari hal baru dengan cepat juga berarti kamu terus memperbarui keterampilanmu. Misalnya, dalam bidang teknologi, mengikuti tren industri, dan informasi terbaru yang berkaitan dengan bidang perusahaanmu.
3. Komunikasi
Keterampilan komunikasi adalah keterampilan interpersonal yang diperlukan dalam kepentingan apa pun. Komunikasi yang baik dapat membantu terjadinya kolaborasi yang baik antarkaryawan di suatu perusahaan.
Kelancaran berkomunikasi dapat berupa kelancaran pertukaran informasi dari satu orang ke orang lain, kelancaran produktifitas perusahaan, dan kerjasama dalam tim.
4. Kemampuan Bekerja Cerdas
Dilansir dari Cloud Assess, tidak hanya bekerja keras, kamu perlu juga memiliki kemampuan bekerja cerdas. Bekerja cerdas artinya kamu dapat mengidentifikasi akar penyebab masalah, berpikir kritis dan sistematis (mampu menilai situasi secara logis tanpa bias atau bukan berdasarkan asumsi untuk bisa menyimpulkan sesuatu dengan objektif dan membuat keputusan terbaik).
Kamu sudah memiliki kemampuan yang satu ini, Beauties?
5. Bekerjasama dengan Tim
Bekerjasama dengan tim, salah satu skill yang dibutuhkan perusahaan dari karyawati fresh graduate/Foto: Pexels/Kindel Media |
Kemampuan bekerjasama dengan tim adalah upaya kolaboratif untuk mencapai tujuan bersama dengan efektif dan efisien. Saat merundingkan dan mengerjakan sesuatu bersama karyawan lain, kamu dapat memanfaatkan pengalaman dan pengetahuan yang kamu punya untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut dalam waktu yang singkat.
Bekerjasama dengan tim juga berkenaan dengan kemampuan bekerjasama dalam proses kreatif, brainstorming, dan pencarian solusi. Diperlukan sikap terbuka, kemauan mendengarkan orang lain, dan menerima kehadiran orang lain dengan hangat demi tercapainya cita-cita tim.