10 Skill yang Harus Kamu Miliki Agar Terlihat Cerdas di Dunia Kerja, Meskipun Masih Fresh Graduate! Sudah Punya?

Meuthia Khairani | Beautynesia
Selasa, 16 May 2023 21:00 WIB
10 Skill yang Harus Kamu Miliki Agar Terlihat Cerdas di Dunia Kerja, Meskipun Masih Fresh Graduate! Sudah Punya?
Ini skill yang harus dimiliki agar terlihat cerdas di dunia kerja/Foto: Freepik/benzoix

Menjadi karyawati baru, apalagi fresh graduate, merupakan hal yang bisa dibilang tidak begitu mudah. Sebab, pertama kamu harus bersaing dalam penerimaan CV dengan orang-orang lain yang sudah lebih berpengalaman bekerja untuk menduduki posisi yang kamu inginkan di perusahaan yang sedang membuka lowongan.

Kedua, kemampuan bekerjamu belum cukup teruji, apalagi bila kamu tidak atau jarang berorganisasi di sekolah dan kampus. Ketiga, ketika nanti kamu diterima, kamu harus bekerja keras dan cerdas membuktikan bahwa kamu layak untuk bekerja di perusahaan yang menerimamu, lolos probation, dan selalu menunjukkan yang terbaik.

Nah, sebagai 'sontekan' untuk kamu agar tidak terlalu kaget dengan atmosfer yang ada di dunia kerja, berikut adalah skill yang harus kamu persiapkan dan kuasai agar terlihat cerdas di dunia kerja dan kamu dipertahankan terus di perusahaan yang telah menerimamu. Simak!

1. Menganalisa

Menganalisa, salah satu skill yang diperlukan perusahaan dari karyawatinya/Foto: Pexels/Lukas
Menganalisa, salah satu skill yang diperlukan perusahaan dari karyawatinya/Foto: Pexels/Lukas

Melansir Indeed, keterampilan menganalisa masalah dapat membantu tim kerja mengidentifikasi dan memecahkan masalah dengan baik, juga membuat perusahaan lebih produktif dan maju.

Kemampuan menganalisa berhubungan erat dengan cara berkomunikasi dengan orang lain, mengevaluasi pekerjaan, mengecek data dan informasi, meriset, pengambilan keputusan dan efisiensi tempat kerja. 

2. Mempelajari Hal Baru dengan Cepat

Belajar cepat,  salah satu skill yang dibutuhkan perusahaan dari karyawati fresh graduate/Foto: Pexels/Mikael Blomkvist
Belajar cepat, salah satu skill yang dibutuhkan perusahaan dari karyawati fresh graduate/Foto: Pexels/Mikael Blomkvist

Masih dari Indeed, kemampuan ini berkenaan dengan penyerapan instruksi dan panduan kerja dalam waktu yang singkat. Untuk dapat mempelajari hal baru dengan cepat, diperlukan konsentrasi dan kemampuan multitasking, dan berkomunikasi yang baik dengan tim.

Cara menunjukkan bahwa kamu adalah pembelajar yang cepat adalah kamu mudah beradaptasi di lingkungan baru atau pekerjaan yang variatif, responsif (dapat menerima umpan balik dan saran dengan baik), dapat menerapkan segala kemampuanmu, mandiri (mampu menyelesaikan tugasmu sendiri tanpa pengawasan yang terlalu banyak dari atasan), juga kemampuanmu menetapkan prioritas dan jadwal menyelesaikan suatu pekerjaan.

Mengutip BND, mempelajari hal baru dengan cepat juga berarti kamu terus memperbarui keterampilanmu. Misalnya, dalam bidang teknologi, mengikuti tren industri, dan informasi terbaru yang berkaitan dengan bidang perusahaanmu.

3. Komunikasi

Keterampilan komunikasi adalah keterampilan interpersonal yang diperlukan dalam kepentingan apa pun. Komunikasi yang baik dapat membantu terjadinya kolaborasi yang baik antarkaryawan di suatu perusahaan.

Kelancaran berkomunikasi dapat berupa kelancaran pertukaran informasi dari satu orang ke orang lain, kelancaran produktifitas perusahaan, dan kerjasama dalam tim. 

4. Kemampuan Bekerja Cerdas

Dilansir dari Cloud Assess, tidak hanya bekerja keras, kamu perlu juga memiliki kemampuan bekerja cerdas. Bekerja cerdas artinya kamu dapat mengidentifikasi akar penyebab masalah, berpikir kritis dan sistematis (mampu menilai situasi secara logis tanpa bias atau bukan berdasarkan asumsi untuk bisa menyimpulkan sesuatu dengan objektif dan membuat keputusan terbaik).

Kamu sudah memiliki kemampuan yang satu ini, Beauties?

5. Bekerjasama dengan Tim

Bekerjasama dengan tim, salah satu skill yang dibutuhkan perusahaan dari karyawati fresh graduate/Foto: Pexels/Kindel Media
Bekerjasama dengan tim, salah satu skill yang dibutuhkan perusahaan dari karyawati fresh graduate/Foto: Pexels/Kindel Media

Kemampuan bekerjasama dengan tim adalah upaya kolaboratif untuk mencapai tujuan bersama dengan efektif dan efisien. Saat merundingkan dan mengerjakan sesuatu bersama karyawan lain, kamu dapat memanfaatkan pengalaman dan pengetahuan yang kamu punya untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut dalam waktu yang singkat.

Bekerjasama dengan tim juga berkenaan dengan kemampuan bekerjasama dalam proses kreatif, brainstorming, dan pencarian solusi. Diperlukan sikap terbuka, kemauan mendengarkan orang lain, dan menerima kehadiran orang lain dengan hangat demi tercapainya cita-cita tim. 

Skill yang Harus Dimiliki Selanjutnya: Bekerja di Bawah Tekanan!

Karyawan Bahagia

Ini skill yang harus dimiliki agar terlihat cerdas di dunia kerja/Foto: Freepik.com/tirachardz

6. Kreativitas

Pemikiran out of the box-mu jangan dipendam sendiri. Bagikan juga dengan tim kerjamu saat diperlukan. Selain melatih keterampilan berpikir kreatif, solusi kreatif darimu juga dapat membuatmu menonjol dalam tim kerjamu.

7. Berorientasi pada Detail

Memiliki perhatian yang baik terhadap detail berarti kamu dapat mengikuti instruksi dengan benar, sebisa mungkin pekerjaanmu terhindar dari kesalahan, kamu dapat mengevaluasi masalah yang rumit, dan pekerjaanmu dikerjakan dengan penuh ketelitian. Seperti itulah yang dilansir dari ZipRecruiter.

8. Kecerdasan Emosional

Kecerdasan emosional, salah satu skill yang dibutuhkan perusahaan dari karyawati fresh graduate/Foto: Pexels/Anna Shvets
Kecerdasan emosional, salah satu skill yang dibutuhkan perusahaan dari karyawati fresh graduate/Foto: Pexels/Anna Shvets

Kembali ke Indeed, kecerdasan emosional penting dalam pekerjaan karena dapat melatihmu memahami dan mengelola emosi diri sendiri dan orang lain. Mampu menangani emosi memberimu kemampuan membimbing dan membantu orang lain agar suasana hati tetap terasa senang dan tenang dalam bekerja, dan dapat mencapai keberhasilan bersama-sama.

Sebagai pelengkap, mengutip Preply Business, bentuk kecerdasan emosional adalah kamu dapat mengidentifikasi emosimu, mengenali dampak emosimu dengan pekerjaanmu, dan bagaimana emosimu mempengaruhi orang lain.

9. Bekerja di Bawah Tekanan

Bekerja di bawah tekanan, salah satu skill yang dibutuhkan perusahaan dari karyawati fresh graduate/Foto: Pexels/Antoni Shkraba
Bekerja di bawah tekanan, salah satu skill yang dibutuhkan perusahaan dari karyawati fresh graduate/Foto: Pexels/Antoni Shkraba

Kemampuan bekerja di bawah tekanan berarti kamu tetap mampu mengerjakan tugas-tugasmu dengan baik, sekalipun kamu sedang stres, banyak pikiran, atau banyak masalah pribadi. Untuk dapat bekerja secara efektif di bawah tekanan, kamu harus bisa meminggirkan rasa stres ini agar tidak mengganggu kinerjamu sehingga kamu bisa bekerja dengan berkepala dingin. Seperti itulah yang dikutip dari CMOE.

10. Etos Kerja

Melansir iSmartRecruit, bersikap profesional, bekerja dengan jujur, menghormati rekan kerja dan atasan, bertindak dengan penuh tanggung jawab dan integritas, disiplin, dan mampu memanajemen waktu adalah wujud dari etos kerja yang perlu kamu tunjukkan pada perusahaan sejak hari pertama kamu bekerja di perusahaan tersebut.

Dari kesepuluh skill ini, kira-kira mana yang sudah kamu miliki, Beauties?

____

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE