sign up SIGN UP

3 Kebiasaan yang Ternyata Jadi Penyebab Pakaian Cepat Berjamur, Sering Dilakukan?

Zeyra Haya | Beautynesia
Minggu, 03 Jul 2022 11:00 WIB
3 Kebiasaan yang Ternyata Jadi Penyebab Pakaian Cepat Berjamur, Sering Dilakukan?
caption

Kebersihan tentu sangat erat kaitannya dengan kesehatan. Menjaga pola hidup sehat artinya kita juga harus menjaga selalu kebersihan lingkungan, termasuk barang-barang yang kita miliki.

Pakaian merupakan salah satu barang yang dimiliki semua orang. Kebutuhan sandang ini tak jarang kerap menjadi barang kesayangan bahkan tak jarang pula beberapa orang mengoleksinya.

Agar berpenampilan baik, tentu kita turut harus menjaga kebersihan pakaian yang kita gunakan. Menjaga kebersihan pakaian tidak hanya sebatas menjaga keharuman atau warna saja, namun juga harus menjaganya dari bakteri jamur.

Pakaian berjamur tentu akan membuat kita tidak nyaman dan enggan menggunakan pakaian tersebut. Siapa sangka, beberapa kebiasaan yang sering kita lakukan ternyata justru menjadi pemicu timbulnya jamur pada baju-baju kita.

Stop Lakukan! 3 Kebiasaan Ini Justru Jadi Pemicu Timbulnya Jamur di Pakaian

Cara Mencegah Noda Jamur Pada Pakaian/ Foto: Freepik.com/author/drobotdeanJamur pada Pakaian/ Foto: Freepik.com/drobotdean

Beauties, penyebab pakaian berjamur yang paling utama adalah karena bersarangnya kuman dan bakteri pada baju. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya kebiasaan jorok yang sering kita lakukan.

Sayangnya, beberapa kebiasaan buruk yang menimbulkan jamur di pakaian masih sering kita lakukan bahkan kita sepelekan. Untuk itu, penting untuk mengetahui beberapa kebiasaan-kebiasaan pemicu pakaian berjamur hindari berikut ini agar bisa kita hindari.

1. Tidak Dicuci Langsung Setelah Dipakai

Jangan malas cuci baju. Lama ataupun sebentar, baju tetap harus dicuci langsung usai dipakai jika tidak ingin timbul noda jamur/Foto: pexels.com/Ketut Subiyanto
(Jangan malas cuci baju. Lama ataupun sebentar, baju tetap harus dicuci langsung usai dipakai jika tidak ingin timbul noda jamur/Foto: pexels.com/Ketut Subiyanto)

Kebiasaan pemicu pakaian berjamur yang pertama adalah kebiasaan membiarkannya usai dipakai. Kebiasaan ini biasanya kerap kita lakukan karena merasa lelah atau sekedar malas mencuci usai bepergian. Padahal, debu, dan kotoran dari jalanan yang menempel dan bercampur dengan keringat justru akan memicu berkembangnya kuman dan jamur dengan cepat.

Melansir dari detikNews, kebiasaan malas ganti baju ini justru akan mendatangkan efek buruk bagi kesehatan kita. Sebab kotoran dan bakteri pada baju justru akan menempel pada tubuh dan menyebabkan infeksi kulit. Untuk mencegah noda jamur, kita harus menghentikan kebiasaan tidak mencuci baju langsung usai dipakai, sekalipun baju hanya dipakai sebentar saja.

2. Menumpuk atau Menggantung Pakaian Terlalu Lama

Stop kebiasaan menumpuk atau menggantung pakaian! Bisa jadi penyebab utama tumbuhnya jamur pada baju/Foto: pexels.com/Anna Tarazevich
(Stop kebiasaan menumpuk atau menggantung pakaian! Bisa jadi penyebab utama tumbuhnya jamur pada baju/Foto: pexels.com/Anna Tarazevich)

Kebiasaan lainnya yang menyebabkan pakaian berjamur adalah terlalu lama menumpuk atau menggantung pakaian di suatu tempat. Sama halnya dengan kebiasaan malas mencuci, menumpuk dan menggantung pakaian biasanya kerap kita lakukan karena malas mencucinya langsung atau merasa pakaian tersebut bisa digunakan kembali.

Faktanya, kebiasaan ini justru akan menimbulkan jamur pada pakaian. Ditambah lagi jika kamu menggantung atau menumpuk pakaian dengan kondisi lembap, tentu akan membuat pertumbuhan jamur semakin cepat.

3. Dijemur Dalam Ruangan

Hindari kebiasaan menjemur pakaian didalam ruangan! Bisa timbulkan jamur pada baju hingga memicu infeksi paru-paru/Foto: pexels.com/Karolina Grabowska
(Hindari kebiasaan menjemur pakaian di dalam ruangan! Bisa timbulkan jamur pada baju hingga memicu infeksi paru-paru/Foto: pexels.com/Karolina Grabowska)

Satu lagi penyebab pakaian berjamur adalah karena kita menjemurnya di dalam ruangan. Tanpa kita sadari, kebiasaan yang sering kita lakukan ini justru menjadi penyebab utama munculnya jamur pada baju. Menjemur pakaian di ruangan akan membuat suasana ruangan menjadi lembap, kurangnya sinar matahari juga akan membuat baju menjadi bau apek.

Mengutip dari detikHealth, kondisi lembap akibat menjemur pakaian di dalam ruangan juga dapat menjadi ancaman penyebab infeksi paru.

"Sebagian besar dari kita mungkin kebal terhadap fungus yang tumbuh dalam kondisi lembap ini, atau memiliki imunitas tubuh yang baik untuk melawan infeksi. Tapi pada orang asma atau yang imunitasnya rendah, fungus dapat menyebabkan pulmonary aspergillosis," jelas Professor David Denning dari National Aspergillosis Centre, Manchester.

Beauties, itulah beberapa kebiasaan-kebiasaan yang sering kita lakukan namun justru dapat menjadi penyebab pakaian berjamur. Apakah salah satunya ada kebiasaanmu?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id