sign up SIGN UP

Sering Kesiangan? Rugi Banget, Coba Cara Ini Biar Kamu Bisa Bangun Pagi!

Anindya Milagsita | Beautynesia
Jumat, 01 Jul 2022 07:45 WIB
Sering Kesiangan? Rugi Banget, Coba Cara Ini Biar Kamu Bisa Bangun Pagi!
caption

Beauties, pernahkah kamu terlalu malas untuk bangun di pagi hari sampai akhirnya kesiangan? Bukan hanya bisa terlambat pergi sekolah atau bekerja, ternyata bangun kesiangan juga bisa bikin kamu rugi karena melewatkan berbagai manfaat bangun pagi yang baik buat kesehatan. Selain itu, aktivitas harian kamu pun juga bisa lebih produktif, dari kebiasaan bangun pagi.

Nah, buat kamu seringkali susah untuk bangun lebih awal, ada sederet hal yang bisa dilakukan mulai sekarang biar bisa membangun kebiasaan bangun pagi. Ingin tahu cara bangun pagi yang bisa kamu lakukan setiap hari? Simak kiatnya berikut ini, yuk!

Manfaat Bangun Lebih Awal

Manfaat bangun pagi yang baik buat kesehatan fisik dan mental.
Cara bangun pagi biar nggak kesiangan dan badan jadi lebih bugar/freepik/tirachardz

Sebelum mengetahui langkah bangun pagi yang mudah, mari kenalan terlebih dengan berbagai manfaat baik yang bisa kamu dapatkan saat membiasakannya. Melansir dari Healthline, bangun lebih awal di pagi hari dapat memberikan keuntungan dari segi kesehatan fisik maupun mental.

Seperti bisa mengawali hari lebih awal, badan terasa bertambah bugar, punya momen santai sejenak sebelum beraktivitas, ada waktu berolahraga meski sebentar, terhindar dari macet saat pergi ke sekolah atau bekerja, membuat kulit jadi lebih sehat, hingga membantu untuk lebih bisa dalam berkonsentrasi.

Cara Buat Bisa Bangun Pagi

Cara buat bisa terbiasa bangun lebih awal di pagi hari.
Cara bangun pagi biar nggak kesiangan dan badan jadi lebih bugar/freepik/jcomp

Berbagai manfaat baik dari bangun pagi tadi tentunya membuat kamu dianjurkan buat membiasakan diri sejak saat ini, Beauties. Membuat perubahan kecil pada rutinitas di pagi hari bisa membantu kamu untuk mencapainya dan terbiasa di kemudian hari. Nah, buat kamu yang ingin mencoba untuk terbiasa bangun pagi, coba cara di bawah ini!

Dispilin dari Rutinitas Malam

Disiplin dengan rutinitas malam agar di pagi hari bisa bangun lebih awal.
Cara bangun pagi biar nggak kesiangan dan badan jadi lebih bugar/freepik/senivpetro

Sebelum membiasakan diri bangun lebih awal di pagi hari, kamu sebaiknya juga mulai melatih diri untuk disipilin dari rutinitas malam. Jarang disadari, ternyata rutinitas malam jadi salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan agar seseorang bisa bangun pagi. Seperti dikutip dari Women's Health Magazine, seorang dokter bernama Navya Mysore, MD dan psikolog Shelby Harris, PsyD mengungkap kualitas tidur di malam hari menentukan seberapa mudah bangun di pagi hari.

Ada beberapa rutinitas malam hari yang harus dilakukan sekaligus dihindari. Seperti mematikan ponsel 2-3 jam sebelum tidur, jangan membuka ponsel saat terbangun di tengah malam, batasi asupan kafein saat malam, coba atasi masalah tidur seperti sleep apnea atau insomnia, hingga atur tempat tidur senyaman mungkin.

Coba Alarm Teka-teki

Coba alarm teka-teki untuk membantu bangun lebih awal di pagi hari.
Cara bangun pagi biar nggak kesiangan dan badan jadi lebih bugar/freepik/lifestylememory

Selain disiplin dengan runitas malam hari agar bisa bangun lebih awal di waktu pagi, kamu juga bisa melakukan cara ini, Beauties. Yup, memasang alarmTapi pernahkah kamu gagal bangun pagi hanya karena terus menerus mematikan alarm? Jangan khawatir, karena sekarang ada berbagai pilihan alarm unik yang bisa kamu coba untuk membantu bangun pagi.

Salah satunya aplikasi alarm teka-teki yang bisa kamu unduh melalui ponsel. Alarm teka-teki ini bekerja seperti alarm pada umumnya. Menariknya, kamu harus menyelesaikan soal atau teka-teki tertentu untuk bisa mematikan suaranya. Jadi saat alarm berbunyi mau tidak mau kamu harus segera bangun untuk menyelesaikan teka-teki yang muncul di layar ponsel.

Jauhkan Ponsel dari Tempat Tidur

Menjauhkan ponsel dari tempat tidur membantu bangun lebih awal.
Cara bangun pagi biar nggak kesiangan dan badan jadi lebih bugar/freepik/jcomp

Tak hanya alarm teka-teki, cara memasang alarm yang satu ini boleh dicoba juga, lho. Cobalah untuk menaruh ponsel sejauh mungkin dari tempat tidur, Beauties. Jangan ragu untuk menyembunyikannya di tempat khusus seperti lemari pakaian, atas televisi, ataupun sudut kamar lain.

Masih dikutip dari laman yang sama, cara ini dilakukan agar saat alarm berbunyi kamu akan dipaksa bangkit dari tempat tidur untuk mematikannya. Kondisi tubuh yang bangkit dari tempat tidur inilah yang diharapkan bisa membantu kamu buat bangun tidur lebih awal.

Segera Buka Jendela Saat Bangun

Segera buka jendela atau tirai setelah bangun tidur agar terasa lebih bersemangat.
Cara bangun pagi biar nggak kesiangan dan badan jadi lebih bugar/freepik/jcomp

Selanjutnya, agar bisa bangun pagi dengan tubuh yang lebih bugar, cobalah juga untuk langsung membuka tirai atau jendela saat sudah bangkit dari tempat tidur. Psikolog Harris mengungkap membiarkan cahaya matahari masuk pada dasarnya membantu tubuh menghentikan produksi melatonin.

Melatonin sendiri adalah hormon alami yang membantu tubuh tetap terlelap dan mengatur pola tidur. Lebih cepat membuka tirai atau jendela setelah bangun, semakin baik.

Lekas Bangkit & Minum Air Putih

Lekas bangkit dari kasur dan minum air putih agar bisa bugar saat bangun pagi.
Cara bangun pagi biar nggak kesiangan dan badan jadi lebih bugar/freepik/lookstudio

Saat pagi hari sebagian orang sering merasa dehidrasi hingga kehausan. Cobalah manfaatkan momen ini untuk langsung meminum air putih, Beauties. Kondisi dehidrasi yang dialami membuat badan cenderung lesu dan malas untuk bangun di pagi hari.

Buat mengatasinya cara terbaik yang bisa dilakukan dengan lekas bangkit dan minum air putih. Kondisi ini pun akan memaksa tubuh kamu untuk lekas bangun dan memulai akvitias. Selamat mencobanya, ya!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id