sign up SIGN UP

4 Cara Cek BPJS Kesehatan Aktif atau Tidak Secara Online, Gampang dan Nggak Perlu Keluar Rumah!

Tim Redaksi detikFinance | Beautynesia
Senin, 28 Mar 2022 12:30 WIB
4 Cara Cek BPJS Kesehatan Aktif atau Tidak Secara Online, Gampang dan Nggak Perlu Keluar Rumah!
caption
Jakarta -

BPJS Kesehatan merupakan layanan asuransi kesehatan yang diberikan oleh pemerintah untuk digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Setiap bulannya, kita membayar iuran sesuai dengan kelas BPJS Kesehatan. 

Sayangnya terkadang banyak orang yang tidak memanfaatkan lagi layanan kesehatan tersebut. Hal ini pun terkadang membuat masyarakat tidak sadar apakah BPJS Kesehatan yang digunakannya aktif atau tidak. 

Mengatasi hal ini, simak yuk cara cek BPJS Kesehatan aktif atau tidaknya secara online dan gampang di bawah ini ya, Beauties!

1. WhatsApp

Layanan Halo BCA yang kini bisa diakses lewat Whatsapp/freepik/rawpixel.comCara Cek BPJS Kesehatan Lewat WhatsApp/Foto: Freepik/rawpixel.com

Siapa sih hari gini yang tidak bisa menggunakan WhatsApp? Hampir semua lapisan masyarakat menggunakan aplikasi chatting yang satu ini. Nah, kamu pun bisa mengecek keaktifkan BPJS Kesehatan hanya dengan WhatsApp lho!

Caranya sangat-amat mudah! Kamu bisa langsung mengirimkan pesan ke nomor 0811-8750-400. 

Nantinya, petugas akan memandu kamu untuk melakukan pengecekan data. Bagaimana, gampang banget bukan?

2. SMS

Tipe Orang di WhatsappCara Cek BPJS Kesehatan Lewat SMS/ Foto: Freepik.com/tirachardz

Selain melalui aplikasi chatting yang kini banyak digunakan, kamu juga bisa mengecek keaktifan BPJS Kesehatan lewat SMS. 

Caranya, tinggal ketik 'NIK Nomor Kependudukan atau NOKA Nomor Kartu BPJS Kesehatan. Setelahnya, kirim pesan ke nomor layanan BPJS di 087777-5500-400. 

Selesai deh, bagaimana?

3. Website

whatsappCara Cek BPJS Kesehatan Lewat Website/Foto: Freepik/wayhomestudio

Selain dengan WhatsApp dan SMS, kamu juga bisa cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak melalui website https:daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/.

Setelahnya kamu akan diminta untuk mengisi data. Adapun, data untuk login BPJS Kesehatan tagihan adalah nomor kartu BPJS Kesehatan, tanggal lahir, dan angka validasi. 

Setelah mengisi semua datanya, klik 'cek' dan data pembayaranmu akan keluar. Nah, data cek pembayaran BPJS Kesehatan ini akan menunjukkan nama peserta, jumlah anggota keluarga yang ikut, hingga status aktif atau tidaknya BPJS Kesehatan tersebut. 

Beauties, selain ketiga cara di atas, masih ada cara cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak dengan cara mudah lainnya. Baca selengkapnya di sini. 

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id